Menteri Desa Imbau Kepala Daerah tentang Penyaluran BLT Dana Desa

0
72

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menghimbau kepada semua Kepala Daerah untuk memaksimalkan lagi usaha dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Halim Iskandar berharap agar bantuan dana ini segera tersalurkan dan tepat sasaran.

Nantinya Bantuan Langsung Tunai ini dapat membantu Desa dalam menaikan lagi ekonomi dan daya beli di masyarakat.

“BLT Dana Desa menjadi supporting (pendukung) DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) sehingga keberadaannya hadir karena Covid-19,” kata Halim Iskandar saat menjadi narasumber di Klik Indonesia Petang TVRI, Selasa (20/7/2021).

Gus Menteri mengharapkan agar di masa sulit seperti sekarang, masyarakat bisa disupport oleh Desa melalui dana ini.

“Jadi tidak ada lagi warga desa yang belum peroleh jaring pengaman sosial, ini harus di cover oleh BLT Dana Desa,” kata Halim Iskandar

Untuk percepat penyaluran, Kemendes PDTT lakukan pemantauan setiap hari melalui Pendamping Desa dan Kepala Desa serta Pemerintah Daerah. Gus Menteri, sapaan akrab Halim Iskandar, menghimbau agar Kepala-kepala Daerah pun selalu berinisiatif untuk terus melakukan pengecekan ke desa-desa soal penyaluran dana tadi. Nantinya Kemendes PDTT akan membantu mereka dengan menyediakan data-data mengenai penyaluran dana BLT.

Baca Juga  Dua Desa di Probolinggo Bakal Jadi Percontohan Nasional Dana Desa

“Ini tiga hal yang tidak bisa ditawar. BLT merujuk pada data tahun 2020 sekitar 8 juta KPM, kemudian untuk PKTD dan Desa Aman Covid-19. Jika dibawah 2020 maka akan dievaluasi,” kata Gus Halim.

Menteri Halim Iskandar pun berjanji akan mengawasi dengan ketat penyaluran BLT ini. Ia juga tidak akan segan bertindak tegas terhadap oknum-oknum yang menyelewengkan dana ini. Halim Iskandar berharap penuh terhadap Kepala Daerah agar benar-benar memanfaatkan dana ini bagi manfaat masyarakat sepenuhnya.

Pada akhirnya, jika benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, yang diuntungkan adalah Pemerintah Daerah sendiri. Hal itu dikarenakan masyarakatnya tidak akan merasakan dampak berat dari pandemi Covid-19 ini.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Gus Halim Imbau Kepala Daerah Maksimalkan Dana Desa, https://www.tribunnews.com/kilas-kementerian/2021/07/21/gus-halim-imbau-kepala-daerah-maksimalkan-dana-desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here