Begini Cara Menjalankan Usaha Modal Kecil dan Ide Bisnisnya

0
479
Usaha Modal Kecil

Usaha Modal Kecil, Banyak orang yang menganggap bahwa semakin besar modal yang dikeluarkan untuk melakukan usaha, semakin besar pula keuntungannya. Namun, sesungguhnya, dengan modal kecil pun, bisnis bisa mendapatkan profit yang besar. Sehingga, Anda tidak perlu lagi memusingkan masalah modal saat akan terjun melakukan usaha.

Usaha modal kecil bisa dijalankan oleh pemula. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa menambah amunisi modal jika memang bisnis sudah berjalan lancar. Nah, bagi yang ingin mulai berbisnis, tak perlu takut, dengan modal minim pun, Anda sudah bisa melakukan berbagai ide usaha. Apa sajakah? Banyak! Namun, sebelumnya, Anda perlu menyimak beberapa tipsnya terlebih dahulu.

Tips Usaha Modal Kecil dari Bob Sadino

Siapa yang tidak mengetahui perihal Bob Sadino? Salah satu pria tersukses di Indonesia ini juga mengawali bisnisnya dari budget yang minim. Sehingga, dari pria inilah Anda bisa mempelajari berbagai hal penting saat berbisnis. Bahkan, banyak yang menjadikan kesuksesan pria yang meninggal beberapa tahun silam ini sebagai role model pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dari nol.

Lalu, apa sajakah rahasia kesuksesan pria ini? Mari simak ulasannya di bawah ini!

  1. Memilih Usaha yang Dikuasai

Usaha modal kecil yang Anda lakukan akan semakin maksimal apabila dilakukan pada sektor usaha yang dikuasai. Menjalankan bisnis sesuai dengan bidang yang dikuasai akan membuat Anda menghemat waktu. Pasalnya, Anda tidak perlu lagi mempelajari lebih dalam. Anda telah mengetahui produknya seperti apa, kekurangan dan keunggulannya bagaimana, serta sasaran pasarnya siapa.

Selain itu, Anda bisa lebih hemat waktu dan mulai mengeksekusi bisnis. Serta lebih mudah untuk menganalisa laba rugi pada masa mendatang.

  1. Memberitahu Bisnis pada Teman Terdekat

Selanjutnya, beritahukan bisnis yang Anda jalani pada teman terdekat. Tujuannya adalah agar teman Anda mengetahui usaha yang sedang dijalani. Dengan begitu, ada dua kemungkinan yakni orang tersebut menjadi calon pelanggan atau menjadi mitra bisnis.

Sehingga, Anda pun bisa lebih memperluas jaringan bisnis. Apabila teman Anda bisa membantu perkembangan usaha, maka Anda juga yang ikut untung bukan?

  1. Jangan Menggunakan Promosi dari Pihak Ketiga

Sebaiknya, Anda jangan terjebak dengan jasa pihak ketiga untuk mempromosikan produk atau jasa. Pihak ketiga yang dimaksud adalah konsultan atau agency. Saat menggunakan jasa pihak ketiga, Anda akan mengeluarkan biaya. Jasa yang paling murah tentu tidak akan lebih murah dari strategi yang dirancang sendiri.

Sehingga, perdalam ilmu komunikasi pemasaran, sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menggunakan jasa konsultan dan agency.

  1. Membuat Prioritas

Tips usaha modal kecil yang selanjutnya adalah mengenai arus kas usaha Anda. Bisnis yang berjalan tentu membutuhkan modal, ada yang menggunakan modal berupa uang dan juga ada yang bermodalkan tenaga saja. Akan tetapi, untuk bisnis dengan modal uang. Anda harus benar-benar menjaga arus kas.

Untuk itu, buat lah prioritas terhadap proyek yang akan dilakukan pada waktu dekat serta perkirakan anggarannya. Beda halnya dengan tidak adanya prioritas, maka kondisi keuangan Anda pun akan menjadi berantakan. Semisal, karena tidak menganggarkan biaya, maka promosi pun tidak terkontrol. Mungkin, Anda akan membuka booth di berbagai tempat, mensponsori segala bentuk kegiatan, dan berbagai hal tanpa perhitungan asal produk Anda bisa terkenal.

Namun, seiring berjalannya waktu, dana yang dialokasikan untuk promosi tidak akan menghasilkan returns yang cukup signifikan. Sehingga, Anda pun akan mengalami kerugian.

  1. Tidak Perlu Terburu Meminjam Uang pada Bank

Untuk mendirikan usaha modal kecil, Anda tidak perlu terburu untuk menyuntik amunisi dana ke bank. Sebaiknya tunggu beberapa saat, lagi pula, Anda sedang menjalankan bisnis dengan modal yang tidak besar. Sebaiknya, Anda mengajak saudara untuk melakukan investasi pada bisnis. Saat sudah mendapat untung, Anda pun sebaiknya membagi pada saudara.

  1. Menggunakan Media Sosial

Enterpreneur di era Kiwari ini tentu harus memiliki media sosial. Sebab, ia akan menjadi senjata yang sangat ampuh untuk melakukan promosi. Meski Pak Bob yang sejatinya pebisnis zaman dahulu, tetapi beliau tetap setuju atas penggunaan media sosial. Bahkan, ia menyebutkan bahwa medsos sangat praktis untuk membantu promosi Anda.

Baca Juga  Olah Susu Segar Menjadi Bisnis Kefir yang Menjanjikan

Akan tetapi, jangan asal-asalan. Jangan sampai Anda asal melakukan invite, add, atau tag. Bisa-bisa Anda malah akan diblokir.

  1. Modal Kecil Ditambah Usaha Keras Hasilnya Akan Memuaskan

Sebagai pengusaha yang menjalankan usaha modal kecil, Anda harus menang di usaha. Anda bisa menerapkan rumus dari Bob Sadino yakni Modal Pas-Pasan + Kerja Keras = Memuaskan. Sehingga, untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari modal yang kecil, Anda harus berusaha semaksimal mungkin. Bahkan, raksasa bisnis yang telah dibangun oleh Pak Bob bisa direalisasikan karena besarnya kerja kerasnya.

  1. Jangan Bosan

Tidak selamanya bisnis akan berjalan secara mulus dan selalu mendapatkan keuntungan. Ada kalanya Anda juga akan mengalami kerugian. Anda tidak boleh menyerah saat ada masalah yang muncul. Apalagi terburu pindah jenis usaha. Sebaiknya, buat lah terobosan baru untuk menghadapi masalah ini.

Memang, ada kalanya Anda harus berhenti saat suatu bisnis memang sudah tidak relevan lagi. Seperti rental DVD yang tidak akan laku lagi. Intinya, selalu berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman.

  1. Bersabar

Apapun jenis bisnis yang akan dijalankan, terlebih saat akan menciptakan usaha modal kecil, Anda harus selalu bersabar. Membangun suatu bisnis seperti membangun rumah. Mulai dari fondasi, tiang, hingga atap, harus disusun berurutan. Jika tidak, bisnis bisa mudah ambruk. Pun, tidak bisa dilakukan dalam sekejap mata.

Ide Usaha Modal Kecil

Setelah tahu apa saja tips yang dapat dilakukan untuk mulai usaha modal kecil, tidak sabar kah Anda untuk memulainya? Eits, tidak boleh terburu, kan, salah satu tipsnya harus bersabar!

Nah, apapun bisnis yang dijalankan, jika Anda tekun dan siap dengan semua tips dan panduan di atas, pastinya bisnis bisa menguntungkan. Jika masih bingung jenis bisnis apa yang bisa dirambah, sila simak inspirasinya di bawah ini!

  1. Dropship

Dropship adalah solusi terbaik untuk Anda yang memiliki modal minim tapi ingin menjalankan suatu usaha. Bahkan, dropship bisa Anda lakukan tanpa modal sama sekali. Apa sih, dropship itu? Dropship merupakan model bisnis yang mana seseorang akan menjual suatu produk yang dibuat oleh pihak yang lain.

Akan tetapi, salam penjualan produk, Anda tidak perlu menyediakan stok barang. Produsen akan mengirimkan produk kepada konsumen atas nama Anda. Untuk menjadi seorang dropshipper yang sukses, perlu juga memerhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Memilih produk serta partner yang sesuai
  • Melakukan branding agar produk Anda terlihat unik di mata konsumen
  • Membuat website
  • Mempercepat penjualan
  • Melakukan strategi marketing limited edition
  • Melakukan otomatisasi proses pembelian serta notifikasi
  1. Jual Aksesori Perempuan

Perempuan bisa diperindah dengan menggunakan aksesoris. Pemilihan aksesoris yang tepat juga bisa menambah kecantikan dan menunjang penampilan. Beberapa jenis aksesoris yang ramai peminatnya adalah bros, anting, gelang, kalung, cincin, jam, dan masih banyak lagi. Apalagi di masa hijab ini, aksesoris perempuan semakin beragam.

Baca Juga  Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula

Dengan modal yang kecil, Anda bisa membuat aksesoris sendiri. Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas seperti kain perca. Ada beberapa tips agar usaha modal kecil jual aksesoris perempuan bisa laris manis, diantaranya:

  • Selalu up date, sebab, seperti fashion, trend aksesoris juga kerap berubah-ubah sesuai bergantinya zaman
  • Membuat sendiri aksesori dengan belajar secara otodidak melalui blog atau YouTube
  • Mengetahui sumber bahan dengan harga grosir agar keuntungan semakin maksimal
  • Menggunakan aksesoris buatan sendiri pada setiap kesempatan sebagai promosi
  • Promosi melalui media sosial
  1. Bisnis Kue Kering

Jika Anda mempunyai hobi membuat kue kering, maka sudah saatnya mengembangkan hobi dengan membuka bisnis kue kering. Seperti pada tips Pak Bob poin pertama bahwa Anda sebaiknya melakukan usaha sesuai dengan apa yang dikuasai tadi, maka bisnis ini akan sangat cocok untuk penggemar baking dan cooking.

Anda bisa memilih kue sesuai dengan kemampuan. Sekaligus harus mempelajari jenis kue baru dengan berbagai variasi rasa supaya lebih menarik dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Beberapa tips ini mungkin akan membantu Anda yang masih pemula dalam menjalankan bisnis kue kering:

  • Mempelajari pesaing
  • Menetapkan harga agar tetap kompetitif
  • Mempelajari pangsa pasar
  • Selalu melakukan kreasi dan inovasi serta menciptakan keunggulan baik dari sisi bentuk maupun rasa
  • Kemasan yang menarik dan selalu lakukan branding
  • Pemasaran melalui internet
  1. Menjual Pulsa Elektrik

Saat ini, sepertinya tidak ada orang yang tidak memiliki gadget. Untuk kartunya sendiri, sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan yang pra bayar. Sehingga, pembeli pulsa elektrik tidak akan pernah mati. Jual pulsa elektrik ini bisa Anda lakukan dengan modal yang kecil. Katakan sebesar satu juta saja, Anda sudah bisa menjual pulsa elektrik.

Cara untuk bisnis jual pulsa elektrik juga sangat mudah. Anda hanya perlu mendaftar pada provider pulsa elektrik online. Lalu, lakukan deposit. Jika sudah, sila ambil keuntungan dari harga belinya.

Tips untuk bisa sukses menjalankan bisnis pulsa diantaranya:

  • Memilih provider yang terpercaya
  • Mengetahui harga pasar agar Anda tidak menjual terlalu murah atau terlalu mahal
  • Memberi layanan terbaik
  • Fokus lah pada jumlah transaksi setiap harinya
  • Mulai lah dari rumah agar meminimalisir modal yang keluar
  1. Menjual Sarapan

Jika Anda terampil menyiapkan makanan dan anggota keluarga mengatakan bahwa masakan Anda lezat, maka Anda bisa menjajal usaha modal kecil yang satu ini. Dengan menjual sarapan, Anda bisa mendapatkan omzet yang lumayan. Apalagi jika Anda tinggal di lokasi pada penduduk atau di sekitar karyawan.

Tidak perlu memasak yang rumit, cukup dengan menjual gorengan, bubur ayam, nasi goreng, atau mie instan rebus saja. Pilih lokasi yang strategis untuk menjalankan usaha ini. Jika belum mampu menyewa tempat, sila berjualan di depan rumah dengan target market tetangga dan orang di sekitar lokasi rumah.

Tips menjalankan usaha sarapan pagi supaya bisa menghasilkan keuntungan besar adalah:

  • Menjaga kebersihan makanan dan kemasan
  • Menjaga cita rasa masakan
  • Menyediakan beberapa pilihan makanan
  • Melakukan promosi secara langsung atau secara online
  1. Laundry

Jasa laundry kiloan merupakan jenis usaha yang memiliki modal cukup minim. Namun, keuntungan yang diberikan sangat tinggi. Hanya dengan modal sekitar 6 juta saja, Anda bisa mulai melakukan bisnis. Modal ini dialokasikan untuk setrika, timbangan, pewangi, deterjen, setrika, serta plastik.

Baca Juga  Inspirasi Usaha Modal Kecil di Desa yang Mudah Dilakukan

Bisnis ini paling cocok dilakukan pada lokasi yang dekat dengan kost mahasiswa, karyawan, dan pekerja. Dengan begitu, Anda pun tidak akan kehabisan pelanggan. Keuntungan yang akan didapatkan dari usaha ini adalah sekitar 15 % hingga 25 % dari tarif yang ditetapkan.

Anda bisa mengikuti panduan berikut ini agar bisnis laundry bisa berjalan dengan baik:

  • Menetapkan harga sesuai kemampuan masyarakat sekitar
  • Menambah layanan semisal antar jemput cucian
  • Berhati-hati pada pakaian yang akan dicuci
  • Jangan lupakan pemasaran
  • Mencari karyawan yang kompeten
  1. Jasa Cuci Mobil dan Motor

Jika di lingkungan Anda ada banyak pemotor dan pengendara mobil, maka usaha jasa cuci motor dan mobil sangat ideal untuk dijalankan. Banyak orang yang rela untuk menanti hingga berjam-jam untuk mencucikan mobil atau motor. Bahkan, banyak yang rela meninggalkan dan mengambilnya saat sudah selesai dicuci.

Untuk mulai menjalankan bisnis ini, modal yang dapat dikeluarkan adalah sekitar 2 jutaan saja. Modal tersebut dapat dialokasikan untuk membeli kompresor, pompa air, sabun motor, lap, serta berbagai peralatan semir ban motor. Sebaiknya mulai di sekitar rumah Anda dahulu sebelum memutuskan untuk menyewa lokasi.

Sebelum mulai bisnis yang cuci motor dan mobil, sebaiknya Anda simak hal-hal penting berikut ini!

  • Jika modal minim, maka sewa gudang yang tak terpakai
  • Lokasi perlu mudah terlihat dan dekat dengan pusat keramaian
  • Anda harus memiliki alat hidrolik agar seluruh bodi mobil bisa bersih sempurna
  • Catat keluar masuk uang setiap harinya
  • Pisahkan pendapatan dengan rekening pribadi
  • Melakukan program promosi terbaru
  1. Jual Beli Motor Bekas

Jual beli motor bekas merupakan salah satu usaha modal kecil yang tidak asing lagi di telinga. Sebab, jumlah penjualan motor yang ada di Indonesia bertambah dari waktu ke waktu. Begitu pula dengan motor bekas. Sehingga, ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Bisnis ini bisa Anda mulai dengan modal sekitar 5 juta rupiah saja. Beli lah motor bekas dan jual dengan harga yang lebih tinggi. Apabila ada kenalan uang ingin menjual motor, periksa dan beli dengan harga yang lebih rendah ketimbang harga jualnya.

Anda harus rajin untuk membandingkan pasaran motor bekas, dengan begitu, Anda pun akan tahu motor mana yang bisa dijual lagi dengan margin yang tinggi. Namun, yang mesti Anda perhatikan saat melakukan bisnis jual beli motor bekas adalah dengan memerhatikan surat-suratnya, onderdil yang masih ori atau tidak, serta Anda harus benar-benar mengerti tentang motor.

Selain itu, cek juga beberapa tips yang mesti diperhatikan, diantaranya:

  • Lebih cermat dalam memilih motor yang akan dibeli
  • Rawat motor sebelum dijual agar harganya bisa lebih tinggi
  • Mengecek dan memastikan bahwa seluruh surat sudah lengkap
  • Mengecek pajak kendaraan
  • Menentukan jenis motor yang dijual serta melakukan spesialisasi

Demikian pembahasan panjang lebar mengenai tips menjalankan usaha modal kecil dan inspirasi usaha yang dapat Anda pilih. Nah, pastinya sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara untuk melakukan usaha ini. Pun, bisnis apa yang akan dirambah. Lakukan pertimbangan-pertimbangan hingga Anda benar-benar mantap untuk masuk ke dunia bisnis. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here