Meningkatkan Kualitas Taman Bacaan Di Desa, Masih Perlukah?

0
3240
Meningkatkan Kualitas Taman Bacaan Di Desa, Masih Perlukah?

Taman bacaan atau yang merupakan perpustakaan mini seringkali dianggap remeh keberadaaannya. Padahal, keberadaaan taman bacaan desa ini sangatlah penting. Bukan hanya untuk warga atau anak-anak yang masih dalam usia sekolah, namun sebenarnya taman bacaan ini juga diperuntukkan untuk seluruh warga.

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas taman bacaan desa agar mampu menjadi tempat yang nyaman, tidak hanya untuk anak-anak atau pelajar saja melainkan juga untuk warga desa? Berikut beberapa upaya yang bisa diterapkan.

Pemanfaatan Internet untuk Desa

Selain bersumber dari buku, bahan bacaan dan pengetahuan umum dapat juga diperoleh dari internet. Namun, tentu saja akan sulit untuk mengadakan internet di desa tanpa dukungan dari pemerintah pusat.

Untungnya, salah satu cara untuk meningkatkan kualitas taman bacaan desa ini bisa diperoleh secara gratis dari pemerintah. Pemerintah melalui Kemenkominfo mengadakan program internet untuk desa.

Program internet untuk desa yang dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas taman bacaan desa ini sudah berlangsung sejak tahun 2010 dengan kerjasama bersama beberapa pihak seperti BP2DK atau Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan, Puskakom UI, relawan TIK serta beberapa LSM.

Baca Juga  Dukungan Bank BJB Untuk Program One Village One Company

Namun jika program ini sudah ada di desa anda, yang bisa anda lakukan setelahnya adalah dengan memberikan taman bacaan akses internet atau memindahkan taman bacaan agar satu lokasi dengan tempat internet desa.

Surat Kabar Terbaru

Mungkin akan sedikit sulit untuk mengadakan bahan bacaan baru untuk setiap jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, hal tersebut bisa kita ganti dengan memberikan penyegaran untuk surat kabar baru atau majalah baru yang ada dalam taman bacaan.

Surat kabar atau majalah baru tersebut bisa dibeli dari hasil swadaya maupun dari hasil pengelolaan dana taman bacaan. Pembaharuan surat kabar dan majalah ini berguna untuk menarik kunjungan dari pengunjung dewasa.

Sedangkan untuk anak-anak, kunjungan bisa ditingkatkan dengan memiliih bacaan atau majalah yang disegarkan dalam setiap jangka waktu tertentu. Dengan demikian, pengunjung taman bacaan akan semakin meningkat dan meningkatkan kualitas taman bacaan desa.

Buat Komunitas

Selain menambah koleksi bacaan dari surat kabar atau majalah, cara lain untuk meningkatkan kualitas taman bacaan desa adalah dengan cara membuat komunitas. Komunitas ini bisa dikumpulkan ddalam waktu seminggu sekali atau sebulan sekali.

Baca Juga  Apa Saja Isi APBN 2018?

Apabila ada karang taruna di desa, maka kegiatan komunitas taman bacaan ini bisa digerakkan bersama-sama.

Tak hanya warga desa saja, komunitas juga bisa ditingkatkan ke tingkat kota untuk menarik aktifis aktifis minat baca. Dengan komunitas yang kuat, maka diharapkan juga nantinya akan meningkatkan kualitas taman bacaan desa dari sumbangan buku yang masuk.

Rekomendasi Buku

Tidak lengkap rasanya apabila sebuah perpustakaan tidak dilengkapi dengan juru perpustakaan. Nah, tugas dari pustakawan dalam menarik pembaca ini adalah dengan memberikan rekomendasi buku yang sesuai dengan situasi terkini atau berhubungan dengan tema-tema tertentu.

Dengan rekomendasi bukuyang menarik dan berganti di setiap jangka waktu tertentu, pembaca akan tertarik dengan buku yang akan dibaca dan akan meningkatkan kualitas taman bacaan desa melalui meningkatnya tingkat pengunjung.

Membuat Ruangan Nyaman

Yang satu ini menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas taman bacaan desa yakni dengan membuat ruang baca menjadi lebih nyaman. Mengapa demikian? Bagaimana bisa kita berharap orang akan mengunjungi kita jika kita saja tidak membuat tamu kita nyaman.

Baca Juga  Pelatihan Keterampilan Home Industri

Oleh karena itu, membuat taman baca menjadi nyaman akan membuat pengunjung datang meski terkadang bukan untuk membaca namun semoga suatu saat mereka datang untuk membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here