Menentukan Jenis Usaha BUMDes

0
118

Menentukan jenis usaha bumdes yang tepat adalah tahapan yang paling krusial dalam proses pendirian BUMDes. Setelah potensi atau masalah ditemukan dan survey pasar juga telah dilakukan, langkah Anda selanjutnya adalah menjadikan sejumlah potensi dan solusi serta peluang pasar itu sebagai ide bisnis atau produk usaha BUMDes. Untuk menemukan satu ide bisnis atau produk, susunlah sejumlah ide bisnis yang BUMDes miliki.

Dalam tahap ini, semua data yang didapat dari langkah- langkah sebelumnya dioalah. Seperti ide-ide yang didapat di forum desa di telaah lagi tentang peluang, masalah dan solusinya sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar. Lalu temuan dari situ akan disesuaikan lagi dengan potensi-potensi yang ada di desa.

Setelah melakukan proses di atas, ide-ide yang telah ditemukan itu lantas disaring kembali secara bertahap melalui empat aspek berikut:

  1. Aspek Hukum/Legal
    Apakah ide bisnis yang kita pilih sudah sesuai dengan peraturan
    perundang-undangan atau hukum yang berlaku? Jika ide bisnis kita
    melanggar hukum, tinggalkanlah.
  2. Aspek Minat (Passion)
    Sebuah bisnis baru membutuhkan konsistensi dan daya juang dari pengelolanya. Minat atau gairah menjalankan bisnis diperlukan agar suatu usaha bisa berjalan tanpa mengharapkan timbal balik. Demikian juga dengan BUMDes, pengelolanya harus punya minat mengembangkannya.
  3. Aspek Pasar
    Pertanyaan-pertanyaan yang perlu diajukan adalah adakah pasar untuk ide bisnis tertentu? Siapa konsumen yang disasar? Berapa jumlahnya dan di mana mereka? Berapa pengeluaran mereka perbulan? Serangkaian pertanyaan ini akan mengerucutkan ide bisnis BUMDes.
  4. Aspek Bisnis
    Aspek ini menjadi saringan terakhir. Pertanyaan finalnya, apakah ide bisnis atau produk usaha ini bisa kita jalankan sendiri atau diserahkan kepada orang lain untuk mengelola?
Baca Juga  Bagaimana Sih Mendirikan Bumdes?

Menjadi mustahil jika ide bisnis dan bentuk usaha BUMDes kita menjadi jenis usaha satu-satunya. Sementara bisnis, termasuk untuk BUMDes, dituntut memiliki keunikan dibandingkan usaha lain. Untuk itu, agar hasilnya optimal, Anda harus melipatgandakan ide itu dengan cara melakukan inovasi. Inovasi bisa dilakukan melalui sejumlah langkah dan pilihan peran usaha BUMDes kita. Antara lain menjadikan usaha kita pengganti usaha yang sudah ada (substitusi), memadukan dengan produk lain, mengadopsi produk lain, memodifikasinya. Dari situlah kita tahu betapa pentingnya menentukan jenis usaha bumdes yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here