Memulai Usaha BUMDes, Susun Business Plan Dulu, Penting!

0
7783

BERDESA.COM – Ini adalah saat banyak BUMDes mulai merumuskan unit usaha yang akan dijalankan di seluruh desa se-Indonesia. Para kepala desa dan pengurus BUMDes musti hati-hati, jangan sampai meremehkan proses perencanaan usaha. Soalnya, modal sebesar apapun bisa sirna tak berbekas jika sebuah usahatidak disertai proses perencanaan yang baik. Apa yang harus dilakukan untuk memastikan ide usaha Anda benar-benar aman dan logis?

Maka pastikan, sebelum sebuah usaha diketok untuk dibangun, pastikan Anda sudah membuat business plan alias perencanaan matang mengenai usaha. Secara sederhana arti business plan adalah  rencana tertulis yang memuat misi dan tujuan bisnis, cara kerja dan rincian keuangan/permodalan susunan para pemilik dan manajemen dan bagaimana cara mencapai tujuan bisnis yang telah dipatok. Kenapa business plan begitu penting?

Pertama, business plan penting karena bakal mempertajam segala perencanaan yang telah ditetapkan dan hasil yang diharapkan. Seringkali orang yang ingin membangun usaha menjadi terlupa dengan prioritas yang harus dia jalankan ketika uang sudah di tangan. Nah, business plan bakal mengontrol anda dalam menggunakan investasi sehingga sesuia dengan target yang sudah direncanakan.

Baca Juga  BUMDesa-BUMDesa Terbaik se-Indonesia 2016 (Bagian-2)

Kedua, untuk mengetahui arah dan tujuan perusahaan. Sebuah usaha harus memiliki arah yang jelas. Jangan sampai Anda memutuskan menerjuni sebuah usaha karena Anda merasa jatuh cinta saja pada jenis usaha itu tetapi lupa memikirkan apakah itu sebuah usaha yang aman untuk investasi yang bakal Anda gunakan. Ingat, menyukai sebuah jenis usaha saja sungguh belum cukup untuk membangun usaha yang sukses.

Ketiga, business plan berisi cara mencapai sasaran yang ingin dicapai. Jangan sampai pula Anda menjadi lupa bagaimana cara mencapai sasaran yang telah Anda susun sebelumnya karena kasyikan terhadap proses awal sebuah pendirian usaha. Keempat, business plan adalah ukuran bagi investor untuk melihat bagaimana proses usaha berjalan.

Itu manfaat internal alias bagi diri Anda sendiri atau BUMDes yang sedang menyusun perencanaan usaha.  Tetapi business plan juga sangat bermanfaat bagi beberapa eksternal menyangkut perusahaan yang Anda dirikan yakni:

  1. Pedoman awal membangun usaha

Jangan salah, masa awal membangun usaha dalah masa yang tidak mudah dijalankan. Business plan adalah kendali yang akan membantu Anda menjalankan rute menuju target yang harus Anda capai dalam usaha itu. Misalnya,apa yang harus Anda selesaikan dalam enam bulan pertama, enam bulan kedua dan seterusnya.

  1. Untuk mencari sumber dana
Baca Juga  Mohammad Najib Buka Rahasia BUMDes di Bumi Minang

Rencana usaha yang baik bakal menciptakan daya tarik yang kuat bagi calon investor yang bisa Anda gandeng untuk dijadikan pihak yang akan menanam investasi. Business plan akan membantu investor memahami potensi, jenis usaha dan keuntungan yang dia peroleh dengan menanam investasi di sana.

  1. Usaha Anda lebih fokus dan terarah

Penyakit wirausaha pemula adalah gampang berubah pikiran karena masuknya ide baru. Bisnis plan akan membantu Anda keluar dari jebakan maut itu. Kehilangan focus sangat berbahaya dalam bisnis

  1. Memprediksi berbagai kemungkinan di masa depan

Business plan akan memberikan Anda pandangan mengenai apa yang bakal terjadi dalam bisnis Anda pada masa yang akan datang. Soalnya, dalam business plan terdapat rancangan jangak pendek, menengah dan panjang

  1. Perencanaan yang baik bakal mendongkrak semangat kerja anda sendiri dalam mencapai perkembangan usaha yang signifikan. Dengan business plan pekerjaan Anda bakal lebih terarah, ringkas dan jelas targetnya. Soalnya banyak perusahaan baru gagal akibat si pengusaha bingung dengan arahnya sendiri ketika usaha mulai beroperasi.
Baca Juga  Inilah Hal-Hal Baik yang Akan Terjadi Jika BUMDesa Mulai Bekerja

Demikian beberapa hal mengenai pentingnya menyusun business plan. Beberapa hal ini juga berfungsi sama pada BUMDes yang sedang merumuskan rencana usaha Bumdes mereka. Selamat mencoba? (aryadjihs/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here