Membangun Wisata Alam Yang Berkelanjutan di Desa

0
3304

Membangun wisata alam yang berkelanjutan di Desa merupakan aspek penting ketika suatu desa memutuskan untuk mengembangkan potensi wisata yang dimilikinya. Julius Bramanto CEO dari Traval.co menjelaskan bahwa untuk menjadi wisata alam yang baik setiap desa harus mampu memperhatikan aspek keberlanjutan dari pembangunan desa wisatanya dengan berpedoman terhadap sustainable development. Lebih lanjut Ia menjelaskan wisata alam yang berkelanjutan adalah sebagai berikut:

  • Alam menjadi prioritas utama

Untuk membangun wisata alam yang berkelanjutan setiap desa harus dapat menempatkan alam sebagai prioritas utama, dengan menempatkan alam sebagai prioritas utama maka setiap kegiatan yang dilakukan dalam wisata tersebut tidak boleh sampai merusak alam. Salah satu hal yang penting adalah pengelolaan sampah daerah wisata, sampah daerah wisata biasanya dibawa oleh para pengunjung di suatu tempat wisata. Apabila sampah yang dibawa oleh para pengunjung tidak dapat dikelola dengan baik maka nantinya keindahan tempat wisata akan tercemari, dan tentunya akan merusak alam. Oleh karena itu penting untuk menempatkan alam sebagai prioritas utama dalam membangun wisata alam.

  • Penguatan budaya
Baca Juga  Lebaran, Saja yang Harus Disiapkan Desa Wisata?

Selain melihat pesona alam, pengunjung juga akan memperhatikan budaya di desa tempat wisata tersebut berada. Oleh sebab itu penting bagi masyarakat untuk menguatkan budaya yang ada di desa tersebut. Penguatan budaya dapat dilakukan dengan mengenalkan budaya-budaya masyarakat di daerah tersebut, misalnya dengan mengadakan pentas seni secara berkala.

  • Penguatan unsur manusia

Keindahan alam di suatu tempat wisata mungkin dapat menarik perhatian pengunjung, namun hal yang perlu diperhatikan adalah unsur manusia yang mengelola tempat wisata tersebut. Keberhasilan suatu desa wisata tidak akan terlepas dari keberhasilan pengelola wisata dari desa wisata tersebut, apabila suatu desa wisata dapat dikelola dengan baik maka pemanfaatan potensi desa akan menjadi lebih maksimal. Penguatan sumber daya manusia meliputi pembentukan pengelola yang baik, minim dari konflik dan memiliki visi misi yang sama untuk memajukan desa wisata yang dikelola.

  • Pengemasan wisata yang menarik

Dengan pengemasan yang baik maka suatu desa wisata dapat menjadi lebih menarik, salah satunya yakni pengemasan wisata dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Dengan semakin menariknya pengemasan suatu wisata maka potensi dari desa wisata akan bisa dimanfaatkan secara lebih maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here