Memaksimalkan Potensi Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat  

0
164

Memaksimalkan potensi desa berpengaruh besar terhadap kesejahteraan masyarakat. Sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari daerah pedesaan yang indah dan alami. Dibalik keindahan suasana desa menyimpan banyak potensi yang bila dikembangkan dan digarap dengan baik bisa meningkatkan perekonomian masyarakat secara keseluruhan.

Pemerintah menyadari bahwa kesejahteraan masyarakat desa berpengaruh besar terhadap kemakmuran masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Dengan memaksimalkan potensi desa, perputaran roda ekonomi pedesaan akan meningkat. Pengembangan potensi desa berpengaruh terhadap tingkat perekonomian nasional.

Untuk memaksimalkan potensi desa pemerintah pusat menggelontorkan dana desa yang jumlahnya sangat besar. Dana desa ini diharapkan bisa menstimulasi roda ekonomi pedesaan yang selama ini belum digarap secara maksimal

Potensi Desa – Pengertian dan Jenisnya

Secara umum, potensi desa bisa diartikan sebagai sesuatu yang dimiliki oleh suatu desa yang bisa berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakatnya. Setiap desa memiliki potensinya sendiri-sendiri. Potensi desa ada yang nampak secara nyata dan ada yang perlu digali dan di optimalkan.

Secara garis besar potensi desa dibagi menjadi dua yaitu potensi fisik dan potensi non fisik. Potensi desa secara fisik meliputi :

  • Tanah yang luas dan subur
  • Ketersediaan air yang melimpah
  • Ketersediaan tenaga kerja yang melimpah, dll.
Baca Juga  Awas, Sekarang Polisi Ikut Awasi Dana Desa

Selain potensi fisik, setiap desa memiliki potensi non fisik yang tidak dimiliki oleh daerah perkotaan seperti:

  • Budaya gotong royong masyarakat desa yang terus terawat
  • Perangkat desa yang berdedikasi
  • Lembaga adat desa yang concern terhadap kesejahteraan masyarakatnya.

Peningkatan Potensi Desa Melalui Berbagai Jenis Bidang Usaha

Ibarat raksasa yang sedang tidur, desa memiliki potensi bisnis yang luar biasa yang sampai saat ini belum tergarap dengan sempurna. Memaksimalkan potensi desa bisa dilakukan dengan melakukan banyak hal yang diantaranya adalah sebagai berikut

1. Pengembangan Teknologi Pertanian

Masyarakat desa sudah tidak asing lagi dengan usaha pertanian karena sudah banyak bidang pertanian yang dilakukan di pedesaan. Namun sayang, usaha pertanian yang digeluti selama kini masih dilakukan dengan cara-cara tradisional. Dengan metode pertanian terkini diharapkan produktivitas petani akan meningkat pun demikian dengan kesejahteraannya.

2. Pengembangan teknologi Peternakan

Sama halnya dengan bidang pertanian, bidang peternakan di pedesaan juga masih dilakukan dengan cara-cara tradisional. Potensi usaha peternakan sangat besar. Pendidikan, pelatihan dan pendampingan harus dilakukan agar masyarakat pedesaan bisa mengembangkan usaha peternakan modern yang lebih baik, lebih efektif dan lebih menguntungkan.

Baca Juga  Ini Bedanya Kaur Keuangan dan Bendahara Desa

3. Pengembangan Desa Wisata

Suasana desa yang indah dengan udara yang segar menjadi daya tarik tersendiri. Meningkatkan potensi desa khususnya di bidang pariwisata harus dilakukan agar kesejahteraan desa bisa meningkat. Kenali potensi wisata desa anda lalu kembangkan. Dengan cara ini desa anda akan menjadi desa wisata yang unggul dan sejahtera.

Pengembangan desa wisata bisa dimulai dengan mengenali potensi desa yang ada. Desa bisa mengembangkan agrowisata, wisata alam pedesaan, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan desa wisata, petonesi desa bisa tergarap dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

4. Pengembagan Badan Usaha Desa

Badan usaha desa adalah sebuah bidang usaha yang dikelola dan dijalankan oleh pemerintah desa. Dengan menjalankan bidang usaha tertentu, desa akan memiliki sumber pendapatan yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang bersangkutan.

Untuk membangun badan usaha desa yang kuat, maka potensi desa yang ada harus dikenali dengan cermat. Badan usaha desa bisa mencakup banyak bidang khususnya yang berhubungan desa dan aktivitas penduduknya. Agar usaha milik desa ini bisa berjalan dengan baik, bimbingan dan pendampingan dari pemerintah sangat diperlukan.

Baca Juga  Jenis Pembagian Klasifikasi Desa Berdasarkan Jumlah Penduduk

5. Pengembangan UMKM Pedesaan

Usaha kecil dan menengah merupakan bidang bisnis yang melibatkan banyak tenaga kerja. Bidang bisnis yang satu ini merupakan bidang bisnis yang menggerakan roda ekonomi masyarakat bawah. Semakin banyak dan semakin kuat UMKM para pelaku UMKM, maka kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat.

Dengan meningkatkan potensi desa secara maksimal, akan tercipta banyak peluang bisnis di pedesaan. Bila banyak bidang bisnis yang beroperasi di desa maka kesejahteraan masyarakat bisa meningkat. Pengembangan potensi desa merupakan kunci kesejahteraan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here