Media belajar online yang dapat diakses saat sedang #dirumahaja

0
542
media belajar online

Ditengah wabah virus Covid-19 yang tengah melanda berbagai negara di dunia termasuk Indonesia, pemerintah mengeluarkan kebijakan agar semua siswa ditingkat SD/SMP/SMA serta Pergururan Tinggi untuk melakukan pembelajaran jarak jauh menggunakan media belajar online untuk memutus persebaran virus Covid-19. Kebijakan ditengah krisis ini menjadi hal baru bagi dunia pendidikan di Indonesia. Pembelajaran jarak jauh memaksa guru dan siswanya melakukan proses belajar mengajar daring, untuk tingkat Perguruan Tinggi hal ini mungkin sudah sering dilakukan dan mudah dijalankan karena internet dan semua alat pendukung sudah dapat diakses oleh masing-masing mahasiswa, tapi untuk tingkatan yang lain mudahkah ???

Kondisi saat ini menuntut guru untuk lebih kreatif dalam proses belajar mengajar, tidak hanya menyampaikan materi yang sudah ada pada kurikulum saja, tetapi guru juga harus memberikan edukasi mengenai virus covid-19 tanpa menimbulkan ketakutan pada anak didiknya. Tidak hanya itu, penyampaian materi yang tidak membosankan dan menarik juga perlu dilakukan, karena situasi dan kondisi belajar di rumah menggunakan media belajar online tentu berbeda dengan di ruang kelas. Sebelum itu semua dilakukan perlu juga didiskusikan dengan wali murid media belajar apa yang mungkin dapat diakses semua murid, bagaimana kesanggupan wali murid untuk membantu proses belajar pun perlu diperhatikan. Nampaknya sangat rumit dan memusingkan untuk menghadapi proses belajar mengajar daring dikondisi saat ini, perlu penyesuaian dan sinergi antara guru, murid, dan wali murid agar semua materi dapat tersampaikan secara optimal.

Baca Juga  6 Sisi Positif Adanya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa

Salah satu #TemanDesa yang mengajar di SD Negeri Lambeyan Wetan 2, Desa Lambeyan Wetan, Kabupaten Magetan, Bagus Priyambodo menceritakan, proses belajar mengajar daring merupakan tantangan baru baginya, meskipun terlihat memudahkan namun proses ini tidak bisa dilakukan semaksimal jika dilakukan di ruang kelas. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya guru tidak dapat melakukan pembelajaran secara intensif dan tidak bisa menilai keadaan psikologi anak saat proses belajar. Tantangan terbesarnya adalah bagaimana para murid dapat menangkap materi yang diberikan dengan baik seperti saat materi disampaikan secara langsung. Cara mensiasati yang dilakukan oleh Bagus adalah dengan memberikan materi yang telah dirangkum dalam presentasi power point di malam hari dan link video di youtube yang relevan, esok paginya murid-murid diajak untuk berdiskusi mengenai materi yang telah diberikan semalam, dengan begitu guru dan murid sama-sama aktif dalam proses belajar mengajar daring ini. Meskipun menurutnya sangat sulit untuk mencapai target belajar pada semester ini jika krisis covid tetap bertahan hingga akhir semester namun proses belajar mengajar daring harus tetap dimaksimalkan minimal agar para muridnya tidak kehilangan semangat belajar karena terlalu lama di rumah.

Berdasarkan cerita #TemanDesa kita di Desa Lambeyan Wetan, Kabupaten Magetan tadi ternyata memang proses belajar mengajar daring ini tidak bisa dipisahkan dari platform online sebagai alat bantunya, seperti yang disebutkan tadi ada Whatsapp Group, Youtube, dan Google Form. Nah masih ada tidak sih platform lain yang dapat digunakan #TemanDesa untuk membantu proses belajar online selama pandemi covid-19 ini? Berikut rekomendasi platform untuk belajar daring yang bisa membantu #TemanDesa:

  1. Ruang Guru
Baca Juga  Kepala Desa Belum Terima Gaji Hingga April? Padahal Begini Seharusnya

Salah satu platform bimbingan belajar daring yang paling populer di Indonesia dan bisa diakses melalui aplikasi ponsel. Di Ruang Guru ini #TemanDesa bisa belajar sesuai dengan kurikulum nasional melalui video tutorial interaktif oleh mentor Ruang Guru dan juga video animasi. Sebagai upaya untuk mendukung siswa-siswi di Indonesia yang sedang belajar di rumah di tengah pandemi covid-19 ini Ruang Guru memberikan Paket Sekolah Online Gratis. Beberapa provider ponsel di Indonesia juga bersinergi bersama dengan memberikan internet gratis untuk mengakses Ruang Guru.

  1. Rumah Belajar

Platform milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  ini dibuat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar daring dari rumah, guru diberikan wadah untuk mengupload media pembelajaran berupa video, presentasi power point, maupun artikel dan jurnal, guru juga dapat mengupload bank soal maupun sumber belajar lainnya.

  1. Google Classroom

Platform milik Google ini seakan benar-benar memindahkan ruang kelas ke dalam sebuah laptop maupun ponsel. Diawal kelas siswa/mahasiswa bisa melakukan presensi kehadiran terlebih dahulu, guru atau dosen bisa mengirimkan media pembelajarannya disini, diskusipun bisa dilakukan dua arah, dan setelah kelas usai siswa/mahasiswanya harus melakukan presensi lagi yang menandakan ia telah mengikuti kelas tersebut dari awal hingga akhir.

  1. Zoom
Baca Juga  Perbedaan Ekonomi Masyarakat Desa Dan Kota

Media yang satu ini sepertinya menjadi media yang paling populer saat ini, dengan zoom pengajar dan siswa/mahasiswanya dapat melakukan video call. Selain untuk menyampaikan materi biasanya video call melalui zoom juga dilakukan untuk mengurangi rasa jenuh dan menciptakan suasana kelas di rumah.

Dikondisi ketika ruang gerak kita dibatasi hanya di rumah saja tentu bukan hanya siswa/mahasiswa saja yang merasa perlu untuk mengupdate ilmunya, banyak pula yang tetap ingin belajar dengan media yang ada. Saat keadaan ekonomi tergoncang akibat pandemi covid-19 seperti saat ini, pasti banyak sekali yang ingin mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan atau tetap survive menjalankan usaha. Ada beberapa akun di media sosial yang bisa membuat kita melek keuangan salah satunya adalah @Jouska_id, sebuah firma penasehat financial independen yang menyediakan jasa konsultasi keuangan. Misinya adalah merencanakan masalah finansial sesederhana mungkin. Nah untuk pelaku usaha atau BUMDesa, jika ingin mengetahui apa saja kiat-kiat untuk bisa survive atau melihat peluang usaha yang tetap bisa dijalankan dikondisi sekarang ini Berdesa hadir dengan konsep yang lebih segar di platform Youtube, setiap Minggunya akan diupload berbagai informasi dengan tajuk #BerdesaTalk. #BerdesaTalk akan selalu hadir dengan topik yang hangat dan informasi yang menarik. Jadi jangan lagi mengeluh bosan saat di rumah aja ya #TemanDesa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here