Bagaimana Sih Mendirikan Bumdes?

0
504

BUMDes berbeda dengan UMKM yang hadir dengan kehendak dan modal individu untuk mendapatkan profit sebesar-besarnya bagi kepentingan pribadi atau kelompok.
BUMDes juga bukan koperasi yang memajukan segelintir anggotanya secara terbatas dan kurang mengedepankan aspek profit. BUMDes juga jelas bertolak belakang dengan
korporasi yang semata-mata mengejar laba finansial. Sebagai lembaga yang ditugaskan desa untuk menyejahterakan masyarakat, BUMDes harus mampu menjawab kebutuhan
atau masalah sekaligus memberi nilai tambah dan manfaat (benefit) bagi masyarakat desa. Sementara keuntungan finasial (profit) menjadi tugas kedua setelah itu. Ibaratnya, BUMDesa memiliki wajah ekonomi, tapi berhati sosial.

Lalu jika BUMDes itu dirasa sangat penting bagi desa-desa, bagaimana cara mendirikannya? Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Forum Desa

Untuk memulai proses merancang pembangunan ekonomi desa, Pemerintah Desa harus melakukan diskusi atau obrolan tentang usaha desa sehingga mendapat masukan dari warga mengenai pemahaman mereka mengenai visi yang dibangun pemimpin desanya sekaligus berbagai ide yang dimiliki warga. Obrolan ini bertujuan memberikan pemahaman, menggali aspirasi dan menemukan poin-poin penting antara keinginan pemerintah
desa dan kehendak warga karenanya harus dilakukan dengan berbagai cara sehingga menciptakan suasana yang nyaman bagi warga untuk menyampaikan pikiran mereka.

Baca Juga  Ramainya Rejeki BUMDes dengan Mendirikan Pasar Desa

2.Survei Pasar

Survei pasar adalah kegiatan penelitian/riset yag dkemas dengan cara sederhana dengan
tujuan untuk mengetahui kebutuhan, harapan konsumen/selera konsumen terhadap sebuah produk (bisa barang/jasa) yang akan diproduksi atau disediakan oleh warga desa. Dengan mengetahui jenis barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen maka desa dapay mengembangkan produk atau jasa yang diinginkan pasar (konsumen yang dibidik).

3. Pemetaan Aset, Potensi dan Peluang

Untuk mendirikan BUMDes , Anda harus memetakan solusi (solve), potensi desa (village potential), dan asset yang dimiliki desa. Sebagai solusi, BUMDes harus menjadi jawaban atas kebutuhan dan masalah desa seperti pengelolaan sampah, layanan air bersih, hingga pemanfaatan sarana dan aset pemerintah yang mangkrak dimana masyarakat desalah yang akan menjadi pasar atau target layanannya.

4.Menentukan Jenis Usaha BUMDes

Tahapan ini adalah tahapan yang paling krusial dalam proses pendirian BUMDes . Setelah potensi atau masalah ditemukan dan survey pasar juga telah dilakukan, langkah Anda selanjutnya adalah menjadikan sejumlah potensi dan solusi serta peluang pasar itu sebagai ide bisnis atau produk usaha BUMDes . Untuk menemukan satu ide bisnis atau produk, susunlah sejumlah ide bisnis yang BUMDes miliki.

Baca Juga  BUMDesa Bikin Simpan-Pinjam, Kenapa Tidak?

5.Rantai Nilai

Setelah menggali solusi dan potensi, Anda juga mesti menempatkan atau menentukan peran atau posisi (positioning) BUMDes di antara unit usaha lain.

6. Menentukan Pengurus BUMDes

Struktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah salahsatu kunci keberhasilan BUMDes sebagai sebuah lembaga. Konsep struktur yang memiliki kejelasan tugas
dan wewenang sangat menentukan proses kerja lembaga ini. Tapi tentu saja juga sangat dipengaruhi kualifikasi person orang-orang yang duduk di sana. Harus diingat menurut PP NO. 43 Pasal 132 ayat 6 dan 7 dijelaskan Pelaksana Operasional BUMDes diangkat dan diberhentikan oleh Kepala Desa. Tetapi dilarang merangkap jabatan yang melaksanakan fungsi pelaksana lembaga pemerintahan desa dan lembaga kemasyarakatan desa. Artinya, perangkat desa jelas tidak boleh menjadi pengurus BUMDes.

7.Musyawarah Desa Pendirian BUMDes

Dari semua tahapan yang telah dilakukan. Tim pembentukan BUMDes berkewajiban menyampaikan semua hasil dari proses awal kepada masyarakat di dalam forum Musyawarah Desa.

Itulah langkah-langkah dalam membentuk Bumdes. Untuk info lebih lanjut akan tersedia di artikel berikutnya. Selalu simak berdesa.com ya.

Baca Juga  Inilah Cara Desa Wisata Mendorong Kewirausahaan Desa

Sumber: Buku Kelola Bumdes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here