Kunjungan Kerja ke Desa Berprestasi, Ini Keuntungannya

0
1636

BERDESA.COM – Pingin cepat menciptakan perubahan bagi desa Anda? Salahsatu cara yang efektif adalah belajar ke desa berprestasi. Selain mendapatkan banyak materi yang Anda butuhkan dari si desa yang hebat, ‘keluar dari kandang’ juga bakal memberikan banyak pengalaman baru bagi Anda untuk menjadi bahan kajian untuk menciptakan perubahan.

Bukan hanya desa yang berkunjung yang bakal mendapat keuntungan, desa berprestasi juga bakal meraup banyak manfaat dari kunjungan-kunjungan itu. Seperti yang terjadi pada Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta. Desa terbaik di Indonesia Tahun 2015 ini kebanjiran pengunjung hampir setiap hari. Data Berdesa.com mencatat, dalam sebulan Panggungharjo didatangi minimal 600 orang dari berbagai penjuru negeri.

Para tamu biasanya adalah perwakilan para perangkat desa dari satu kecamatan atau satu kabupaten yang datag secara berombongan. Ada banyak yang bisa dpelajari dari Panggungharjo dari mulai pengelolaan sampah oleh BUMDesa hingga penyelenggaraan pelayanan publik super cepat dan bersih yang dijalankan desa. Bukan itu saja, Panggungharjo juga menjalankan berbagai program pemberdayaan sosial yang menciptakan manfaat nyata bagi seluruh warganya seperti pelayanan kesehatan gratis bagi warga lanjut usia dan ibu hamil. Sekedar informasi, di Panggungharjo seorang ibu hamil bisa mendapatkan pemeriksaan dan persalinan gratis.

Baca Juga  Pengadaan Barang/Jasa di Desa, Begini Caranya

Banyaknya tamu yang datang tak hanya membuat Panggungharjo tenar seantero Indonesia dan para perangkatnya diundang untuk mengisi berbagai materi pelatihan di sana-sini. Melainkan juga membuat halaman kantor desa mirip Malioboro? Soalnya, ada puluhan pedagang cindera mata khas Jogja yang membuka lapaknya di halaman balai desa berprestasi ini sehingga Anda bahkan tidak perlu ke Malioboro untuk mendapatkan beragam suvenir khas Jogja. Maka kunjungan tamu ke Desa Panggungharjo membuat banyak warga meraup untung dari menggelar dagangan. Belum lagi rumah makan, usaha kuliner warga dan sebagainya.

Desa Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta juga memiliki kesibukan yang hampir sama meski tak seramai Panggungharjo.  Pengelolaan sampah Desa Pandowoharjo adalah salahsatu unit usaha BUMDesa yang banyak dijadikan contoh desa lain mengenai pengelolaan sampah. BUMDesa Amarta Pandowoharjo memang layak mendapatkan penghargaan ini karena mampu menciptakan unit usaha pengelolaan sampah yang mampu menciptakan benefit meski baru bekerja beberapa bulan saja.

Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten adalah desa wisata yang juga sibuk menerima kedatangan desa-desa lain untuk belajar. Ponggok menjadi kondang karena berhasil mengelola Obyek Wisata Kolam Renang Alami Ponggok menjadi obyek wisata yang bisa meraup Rp. 9 Milyar dalam setahun. Kehebatan BUMDesa Ponggok adalah kreativitas para anak muda desa yang mampu menciptakan wahana hiburan yang tak hanya unik melainkan mampu memberikan kenyamanan bagi ribuan pengunjung yang mengalir ke sana setiap hari.

Baca Juga  Strategi Memilih dan Menentukan Jenis Usaha BUM Desa

Berbeda dengan kolam renang umumnya, Kolam Renang Alami Ponggok tidak hanya menyuguhkan air alami nan sejuk melainkan juga bisa menjadi ajang berfoto bawah air para pengunjung dengan rupa-rupa gaya. Anda bahkan bisa berpose mengendarai sepeda motor di bawah air atau duduk di depan laptop, di bawah air. Hebatnya lagi, Anda bisa mendapatkan foto-foto adegan unik itu untuk Anda unggah di media sosial kesayangan Anda.

Dari kunjungan-kunjungan itu bukan hanya terkanal saja yang didapatkan desa-desa berprestasi ini. Kedatangan para tamu juga menciptakan pendapatan kas desa karena mengajari desa lain. Hal itu sangat layak didapatkan desa-desa ini sebagai hasil dari kerja keras mereka meraih prestasi. Belum lagi efek domino ekonomi yang bisa dirasakan warga desa karena kedatangan ratusan orang ke desa mereka. Anda ingin desa Anda mengikuti jejak mereka?

Tetapi berkunjung tidak selalu memberikan materi seperti yang Anda inginkan. Soalnya hal itu tergantung dari banyak hal. Maka ketika berencana melakukan kunjungan kerja, sebaiknya Anda mencari rekanan atau lembaga yang bisa mendampingi tim selama melakukan kunjungan. Fungsi dari pendamping kunjungan selain melakukan organising seluruh acara juga untuk memastikan para peserta mendapatkan materi yang mereka ingin dapatkan.(aryadji/berdesa)

Baca Juga  Apa Saja yang Harus Dilakukan Pendamping Desa

Foto: www.eightdiningrat.blogspot.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here