Keripik Pisang Kekinian, Peluang Usaha Desa Prospektif Naik Daun di 2019

0
3862

Berbicara soal peluang usaha desa memang tiada habisnya. Bagi anda sobat bisnis desa yang mengikuti laman ini sejak lama tentu sudah banyak melihat peluang usaha desa mulai dari yang bermodalkan nol rupiah, modal minim, sampai modal besar namun dengan potensi keuntungan yang bukan main-main. Mulai dari usaha di bidang pertanian, peternakan, hingga kuliner pernah kami bahas disini.

Berbicara soal bisnis, tren bisnis rumahan juga semakin marak saja nampaknya. Ada beragam peluang usaha rumahan yang bisa kita coba, salah satu yang menarik di tahun 2019 ini datang dari bisnis rumahan yang berfokus pada camilan. Bagi anda yang gemar jajan, tentu kenal dengan jajanan kekinian macam macaroni aneka rasa, mie lidi, hingga yang terbaru ada si keripik pisang aneka rasa kekininan yang banyak dicari.

Jajanan keripik pisang kekinian ini menawarkan rasa-rasa yang berbeda dari keripik pisang pada umumnya. Anda tentu tidak akan menemukan rasa yang pernah ada, rasa yang belum tuntas dan rasa-rasa ingin balikan, namun ada rasa lain macam keripik pisang rasa cokelat, susu, greentea dan bahkan balado! Jika anda terbiasa mencicipi keripik pisang rasa asin atau original, anda juga dapat memasukkannya dalam daftar menu keripik pisang kekinian ini.

Baca Juga  Menikmati Budaya Masa lampau di Desa Wisata Brayut

Salah satu artis dan penyanyi juga sudah merambah ke bisnis camilan kekinian ini. Dan menariknya, ia bekerjasama dengan usaha rakyat dari sebuah desa di Jawa Tengah. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba peluang usaha kekinian ini di desa. Nah bagi anda yang tertarik untuk mencoba peluang usaha desa yang satu ini simak ulasannya di bawah ini ya!

MODAL

Dari segi permodalan, kita akan lebih dapat berhemat jika bekerja sama dengan pengusaha keripik pisang di daerah. Namun, jika tidak memungkinkan atau belum adanya usaha ini di desa anda, mari kita buat sendiri. Untuk list beberapa hal yang menjadi perhatian permodalan awal kita adalah sebagai berikut:

Kebutuhan Estimasi Biaya
Alat pengiris keripik Rp. 350.000
Peralatan memasak Rp. 1.000.000
Alat press Rp. 200.000
Biaya bahan baku (pisang, minyak, gas, bumbu-bumbu, dll di awal) Rp. 1.500.000
Biaya cadangan Rp. 500.000
Total Rp. 3.550.000

 

Dari segi permodalan awal, seperti yang dapat anda lihat bahwa di dalamnya belum termasuk sewa tempat dan biaya akomodasi lainnya karena analisa di atas berdasarkan asumsi bahwa bisnis dibuka di rumah alias bisnis rumahan. Untuk memudahkan pemasaran anda, saat ini kita dapat mencoba beragam market place yang tersedia seperti bekerjasama dengan ojek online yang kini semakin banyak digandrungi, pun mencoba marketplace online lainnya karena ketahanan keripik pisang ini cukup baik.

Baca Juga  Peluang Usaha Makanan Kecil di Desa yang Layak Dicoba

Beberapa “lapak” yang dapat kita coba di antaranya seperti Instagram, WhatsApp group, Facebook (dalam grup kota anda/grup fjb di kota anda), marketplace macam Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dll. Tidak hanya itu, kita juga dapat memanfaatkan jasa promosi tetangga. Caranya mudah saja, anda tinggal memberikan beberapa sample kepada tetangga-tetangga dan dijamin, jika memang produk anda enak, para tetangga akan dengan senang hati mempromosikan usaha anda ini.

Peluang usaha desa ini memang sedang naik daun. Tidak sedikit juga yang mengaku jadi suka keripik pisang setelah mencoba rasa baru dari keripik pisang yang ada ini. Nah, anda yang tidak mau pusing, dapat coba menjadi reseller keripik pisang, untuk kemudian anda olah kembali dalam rasa yang berbeda. Ide tersebut dapat menjadi solusi menarik bukan? Nah, bagi anda yang tertarik untuk mencoba peluang usaha desa bermodal kecil ini juga dapat memanfaatkan metode online marketing yang kini banyak sekali jadi pilihan.

Semakin banyak orang mengetahui produk anda, semakin prospektif lah peluang usaha desa yang anda coba ini. Anda yang memiliki modal lebih besar juga dapat menggunakan jasa professional vlogger atau selebgram untuk lebih mendongkrak bisnis ini. Tidak perlu takut untuk bertanya terlebih dahulu berapa tarif paid promote para selebram/vlogger. Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit ide dan pencerahan ya sobat desa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here