Membuat Kandang Ternak Murai, Ini Hal Wajib Yang Anda Perhatikan

0
6352

Dalam dunia peternakan, kandang adalah hal wajib yang perlu disiapkan, begitupun dengan ternak murai. Namun, masalahnya tidak semua peternak tau cara membuat kandang yang benar, terkadang mereka juga menyepelekan hal – hal kecil yang sebenarnya sangat penting saat membuat kandang ternak murai.

Sebenarnya cara pembuatan kandang untuk burung murai ini tidaklah terlalu ribet, anda bisa membuatnya dengan konsep yang minimalis serta sederhana. Namun, tetap saja, ada bagian – bagian yang harus diperhatikan supaya dalam beternak nanti hasil anda bisa lebih memuaskan. Nah, apa saja hal – hal yang harus diperhatikan tersebut? Berikut ini adalah pembahasannya.

  1. Tempat Yang Nyaman dan Aman

Kenyamanan dan keamanan kandang adalah aspek pertama yang harus dipenuhi dalam membuat kandang murai batu. Sebisa mungkin cari tempat yang sunyi atau terhindar dari keramaian seperti jalan raya, pasar dan pabrik karena keramaian bisa membuatnya menjadi stress.

Baca Juga  Membangun Wilayah Desa Yang Lebih Baik Dengan Informasi Spasial Desa

Pastikan juga lahan kandang berada di tempat yang ventilasi udaranya cukup dan terdapat celah untuk cahaya matahari bisa masuk. Jika suhu di sekitar kandang dingin, maka jangan lupa untuk memberikan bohlam lampu sebesar 10 watt pada kandang. Hal tersebut bisa menghangatkan suhu kandang murai anda.

Perlu untuk anda ketahui juga bahwa kandang yang hangat akan membantu proses reproduksi pada murai berjalan lebih lancar dan terjaga kualitasnya. Hal tersebut tentu kan sangat berpengaruh pada masa depan bisnis ternak murai yang sedang anda jalani. Maka dari itu, jangan sampai melupakan tips membuat kandang ternak murai yang pertama ini.

  1. Tempat Yang Aman

Selain itu, mengingat modal yang digunakan untuk beternak murai juga tidaklah sedikit, maka anda juga harus mempertimbangkan soal aspek keamanan untuk menghindari pencurian hewan ternak dan pemangsa hewan buas lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, maka disarankan untuk tidak membuat kandang murai yang letaknya terlalu jauh dari rumah anda dan pastikan tidak ada celah untuk pencuri dan binatang buas masuk mendekati murai anda.

Baca Juga  Usaha Berbasis Online itu Sebenarnya Mudah

Jika anda masih pemula dan mempunyai modal yang masih sangat terbatas, maka membuat kandang di dalam rumah adalah solusinya.

  1. Ukuran Kandang Murai

Untuk membuat kandang murai, apalagi jika akan digunakan untuk beternak, tentu tidak boleh asal – asalan. Anda tidak bisa membuat kandang yang terlalu luas maupun terlalu sempit. Idealnya, jika anda ingin membuat kandang untuk beternak murai, maka kandang bersusun adalah jawabannya, karena kandang jenis ini mampu menyesuaikan dengan besar lahan yang anda miliki.

Ada 2 ukuran ideal yang bisa anda pilih yaitu 90cm (P) x 90cm (L) x 1 meter(T) dan 3m (P) x 3 m(L) x 4 m (T). Anda bisa memilih salah satunya sesuai luas lahan yang anda miliki.

  1. Bahan Baku

Untuk membuat kandang murai yang ideal, anda membutuhkan beberapa bahan baku yaitu kayu, bambu, tembok, genteng atau asbes dan kawat.

Gunakanlah bahan – bahan tersebut untuk membuat kandang murai, kandang tersebut harusnya menempel pada tembok. Jangan lupa juga untuk bagian atap anda memerlukan genteng atau asbes. Hindari penggunaan seng untuk kandang ternak murai, karena seng memiliki temperatur yang terlalu panas. Selain  itu, seng juga kerap menimbulkan suara – suara yang membuat murai menjadi tidak nyaman

Baca Juga  Inspiratif, Menyulap Pelepah Pisang Menjadi Sepatu Tembus Pasar Dunia

Kawat dan kayu bisa digunakan untuk dasar kandang dan dinding kandang yang menempel di batako. Pemula biasanya akan diributkan dalam urusan dinding tembok dan genteng. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menggunakan ruang kosong di dalam rumah anda.

  1. Desain

Desain atau bentuk kandang juga perlu diperhatikan. Anda tidak bisa asal dalam menentukan desain kandang karena juga akan berkaitan dengan segi fungsionalitasnya. Pada umumnya, kandang murai memiliki dua pintu yaitu untuk bagian atas dan bagian bawah. Untuk pintu bagian atas, didesain untuk mengganti pakan, sedangkan untuk pintu bagian bawah, didesain untuk mempermudah proses pembersihan kotoran.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika ingin membuat kandang ternak murai. Sederhana sekali bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here