Jurus Jitu Promosi Produk yang Wajib Anda Coba

0
928

BERDESA.COM – Salahsatu yang menentukan hidup matinya perusahaan adalah kemampuan menjual produk. Agar produk terjual maka butuh strategi marketing jitu dan salahsatu strategi marketing jitu adalah melakukan promosi terhadap produk yang dijual.

Promosi produk haruslah tepat sasaran dan jangan sampai memakan banyak biaya karena bakal mengguncangkan situasi keuangan, utamanya bagi usaha skala UKM. Lalu apa saja strategi marketing untuk bisa promosi produk dengan efektif. DI bawah ini beberapa cara yang bisa ditempuh:

  1. Jurus Potongan Harga

Tak perlu dipertanyakan jurus promosi produk yang satu ini, sudah terbukti kehebatannya mendatangkan pembeli. Tetapi ingat, hitung betul-betul harga yang Anda tawarkan, jangan sampai harga itu di bawah biaya produksi misalnya. Soalnya, kalau Anda salah memberi harga karena terlalu murah dan di bawah biaya produksi, bukannya untung yang Anda dapatkan tetapi malah bisa gulung tikar.

  1. Sistem Bonus

Ciptakan program bonus untuk pembelian jumlah tertentu. Misalnya, jika pembelian 5 paket produk mendapatkan bonus satu satu produk tambahan. Strategi ini digunakan beberapa pabrikan produk kopi instan untuk merebut pasarnya. Merek amembuat program ‘Beli Dua dapat atu’. Atau Anda bisa memberi bonus dalam bentuk keuntungan tambahan lainnya.

  1. Gunakan Voucher atau Kupon
Baca Juga  Sandal Spon Bantul Menembus Hotel Berbintang

Ini strategi pemasaran yang juga efektif mempromosikan produk. Berikan voucher atau kupon untuk pembelian produk tertentu atau produk dalam jumlah tertentu. Kupon itu biasanya berfungsi pula sebagai iklan kecil yang bakal dibaca oleh pembeli sehingga selalu ingat pada produk kita.

  1. Masa Percobaan Produk

Produk berkualitas adalah yang cari konsumen. Buktikan produk Anda berkualitas dengan menawarkan masa uji pemakaian produk Anda untuk jangka waktu tertentu. Cara ini efektif dipakai untuk membuktikan kualitas produk kita terhadap pelanggan. Strategi seperti sangat efektif membangun kepercayaan pelanggan pada produk kita sehingga mereka bisa menjadi pelanggan tetap setelah mendapatkan buktu kualitas produk yang dicobanya.

  1. Program Membership

Jangan biarkan pembeli berlalu dan melupakan toko atau roduk atau layanan Anda. Ciptakan sistem membership pada setiap orang dengan banyak hal menguntungkan bagi si member jika dia terdaftar. Dengan begitu Anda tidak perlu mencari konsumen baru karena mereka akan datang lagi ke tempat kita untuk membeli atau mendapatkan layanan kita lagi.

  1. Pelayanan Prima
Baca Juga  Banting Setir dari Wakil Manajer Supermarket Ke Produk Desa Sapu Sabut Kelapa

Pelayanan yang baik adalah kunci utama kesetiaan seorang pelanggan. Berikan pelayanan purna misalnya jasa antar gratis sekaligus pemasangan atau perakitan jika produk harus dirakit. Yang pasti, buat pelanggan kita nyaman dan merasa diperlakukan dengan sangat baik melalui layanan kita.

  1. Iklan

Tak kenal maka tak sayang. Iklan adalah promosi produk yang sangat efektif. Iklan bisa menciptakan pencitraan yang positif dan bisa memberikan informasi pada calon pembeli atau pelanggan mengenai deskripsi produk kita sehingga mereka bisa memutuskan untuk membelinya kemudian.

Strategi di atas adalah pilihan-pilihan yang bisa Anda jalankan untuk promosi produk Anda. Tetapi Anda harus pertimbangkan kebutuhan anggaran yang harus Anda keluarkan untuk menjalankan promosi tersebut karena sebagian cara di atas butuh anggaran yang tidak kecil. Mana yang paling cocok buat produk Anda? (aryadji/berdesa)

Foto: www.1.bp.blogspot.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here