Jahe Merah? Apa Saja Manfaat Jahe Merah?

0
133

Jahe, rempah yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Rempah yang mempunyai bau yang sangat khas ini sering dimanfaatkan untuk berbagai hal di Indonesia. Namun tahukah kalian? Selain jahe putih yang kita sering temui di pasar-pasar, ada juga jahe yang berwarna merah. Lalu apa beda kegunaan dan khasiat antara jahe putih dengan jahe yang merah?

Mengutip HelloSehat, Jahe merah disebut juga dengan jahe sunti. Salah satu ciri fisik yang paling ketara dari tanaman rempah satu ini adalah warnanya. Jahe jahe merah atau Zingiber officinale var. rubrum mempunyai kulit rimpang yang berwarna hijau kemerahan dengan bagian dalam yang berwarna merah muda sampai kuning.

Ukuran rimpang jahe merah lebih kecil ketimbang jahe biasa, dan ruasnya pun cenderung rata dan sedikit menggembung. Tak hanya itu, kandungan dan rasanya pun berbeda. Jahe jenis ini mempunyai rasa yang lebih pahit dan pedas dari jahe biasanya karena mengandung minyak astri lebih banyak.

Tak seperti jahe biasa, jahe ini selalu dipanen setelah berumur tua. Jahe ini cocok untuk ramuan obat-obatan.

Baca Juga  Deratan Kasus Dana Desa Temuan ICW

Sementara jahe putih sering juga disebut dengan jahe gajah atau jahe badak. Jahe jenis ini memiliki rimpang yang besar dan gemuk dengan warna putih kekuningan. Ruas rimpangnya juga lebih menggembung dibandingkan dengan varietas lainnya.

Jika dibandingan, rasa dari kedua jahe ini berbeda. Jahe merah terasa lebih pedas daripada yang putih. Untuk diolah pun jahe merah tidak harus menunggu tua dahulu. Setelah dijemur, jahe merah siap diolah untuk menjadi olahan apapun.

Lalu apa manfaat dan kegunaan dari jahe merah ini?

Ekstrak minyak jahe merah dapat melindungi sistem pencernaan Anda dari bakteri, sehingga mencegah Anda dari masalah pencernaan, seperti sakit perut. Agen antibakteri yang ada dalam jahe dapat melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus.

Jahe merah ternyata tak hanya bermanfaat sebagai minuman penghangat saat cuaca dingin saja. Pasalnya, tanaman herbal satu ini juga dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri akibat peradangan.

Manfaat jahe merah ternyata juga bisa membantu menurunkan asam urat. Mengutip dalam laman website resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), diketahui bahwa jahe merah masuk dalam 10 daftar tanaman herbal yang efektif untuk mengobati asam urat.

Baca Juga  Kerjasama Kemendes dan Kejari Dalam Pengawalan Dana Desa

Referensi artikel 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here