Jadi Tameng Lawan Resesi, Pentingnya Terus Dukung UMKM Indonesia

0
40
sumber : Liputan6.com

Tak sedikit yang bertanya dikala banyaknya gempuran info tentang ancaman resesi, “kita harus apa?” “bagaimana menjaga Indonesia dari dampak ancaman resesi” “adakah tips untuk menghadapi resesi”. Ujung-ujungnya pun banyak sekali yang menghimbau dengan penguatan dukungan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Lebih nyatanya lagi pesan ini langsung diutarakan oleh Menparekraf kita Bapak Sandiaga Uno bahwa UMKM memegang peran vital dalam menghadapi resesi tahun depan.

Sebelumnya, pada artikel ini Tahun 2023 Resesi? dijelaskan bahwa potensi terbesar yang dibawa resesi adalah pengurangan tenaga kerja melalui PHK massal di perusahaan.

Lantas bagaimana korban PHK tersebut dapat mencari pekerjaan baru lagi?

Di sinilah peran dari UMKM mengambil alih, karena terlansir dari situs kemenparekraf, UMKM menciptakan 97 persen lapangan kerja dan juga bisa secara cepat mencari potensi pasar ekspor di tengah perlambatan ekonomi dunia!

Dengan kehandalan UMKM menemukan pasar ekspor, peningkatan pasar ekspor yang tertuai sebesar 35-45 persen. Sehingga dengan adanya ekspor tersebut bisa menambah kekuatan devisa dan membuka lapangan pekerjaan yang semakin luas. Sandiaga menyatakan bahwa ekspor UMKM Ekonomi kreatif Indonesia mencapai 25 Miliar dolar AS dan sekarang ini sudah lebih dari 64 juta UMKM dalam negeri.

Baca Juga  Kenapa BUMDes Harus ‘Seksi’?

Beliau juga menyebutkan menyebutkan, strategi pengembangan UMKM yang disiapkan seperti percepatan digitalisasi, upskilling, reskilling dan juga newskilling. Contohnya pelatihan yang disiapkan seperti edukasi tentang mengambil foto produk, penggunaan barcode, packaging yang bagus, serta strategi pemasaran.

Dengan adanya UMKM yang terus berkembang, diharapkan perekonomian Indonesia tidak terdampak drastis oleh ancaman resesi, dan sebaliknya semakin berkembang baik ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here