Iptek Pedesaan

0
9377

BERDESA.COM – Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu faktor yang mendorong tumbuhnya ekonomi di desa. Bisa dilihat dari tahun ke tahun kemajuan pendidikan yang semakin berkembang sehingga menciptakan anak-anak yang berprestasi dan sukses. Semakin majunya teknologi bisa membantu mendorong produktivitas industri, pertanian, pertenakan, dan perkebunan. Hasil produksi lebih berkualitas dan dapat dihasilkan maksimal sehingga berpengaruh terhadap perekonomian di desa tersebut.

Perekonomian di pedesaan berjalan seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga tidak langsung mengalami kemajuan begitu saja. Selain itu ada orang-orang dibelakang yang membantu menggerakan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga bisa berkembang seperti sekarang. Kemajuan tersebut terjadi karena adanya campur tangan orang lain yang mampu mengikuti perkembangan zaman sehingga tidak ketinggalan dengan kehidupan di perkotaan.

Pemerintah

Pemerintah ikut andil dalam mendanai pendidikan sehingga murid-murid bisa menikmati fasilitas yang mendukung program belajar mengajar. Seperti yang sering diketahui biasanya daerah pedesaan selalu mengalami ketinggalan dalam hal fasilitas pendidikan. Perubahan dalam sistem pemerintahan membuat perbaikan dalam hal fasilitas pendidikan di pedesaan seperti perpustakaan, buku belajar yang lengkap, dan komputer. Dengan adanya anak-anak berprestasi di sebuah pedesaan maka bisa menciptakan sumber daya manusia yang produktif. Sebagai salah satu contoh perkembangan fasilitas pendidikan di Kecamatan Padamara kabupaten Purbalingga yang memiliki presentase fasilitas pendidikan tertinggi di atas 50% adalah Desa Padamara dikarenakan di desa ini fasilitas pendidikan hampir lengkap meliputi Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, dan tidak ditemukan perguruan tinggi di desa ini. Dengan sekolah yang lengkap maka anak-anak di desa tersebut bisa mendapatkan pendidikan yang setara dan mendapat pembelajaran yang layak.

Baca Juga  Desaku

Masyarakat

Masyarakat yang ingin maju. Mereka memiliki kesadaran untuk maju dan berkembang ke arah yang lebih baik sehingga bisa menerima segala perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masuk ke pedesaaan. Masyarakatnya mau menerima segala masukan dan mau mendapatkan ketrampilan sehingga masyarakatnya tidak kalah dengan di perkotaan. Sebagai salah satu contoh Desa Dadapayu Kecamatan Semanu Kabupaten Gunung Kidul yang ingin menerapkan teknologi EM-4. Partisipasi masyarakat dalam usaha perternakan berbasis iptek sangat mendukung program EM-4 sehingga bisa berhasil. Meningkat secara kuantitas berarti jumlah warga yang tertarik untuk turut serta menerapkan teknologi EM-4 bertambah. Peningkatan secara kuantitas juga sudah terlihat karena masyarakat sudah melihat sendiri para anggota kelompok yang berhasil dalam usaha.

SDM yang berkualitas

Teknologi Pedesaan
Foto : jowahvi.blogspot.co.id

SDM yang berkualitas. Industri, pertanian, dan perkebunan yang semula menggunakan tangan manusia digantikan oleh mesin-mesin canggih itu semua tidak dapat terjadi tanpa adanya SDM yang berkualitas. SDM bisa berkualitas asalkan di gali terus dengan ketrampilan yang memadai seperti pembelajaran menggunakan mesin untuk membajak sawah, penggunaan komputer untuk mengatur keuangan untuk penjualan hasil perkebunan, dan pengetahuan tentang sumber daya alam. Desa Dadapayu Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul terus melakukan peningkatan produksi dengan teknologi EM-4 diharapkan akan berdampak pada peningkatan produktivitas. Kualitas produk perternakan meningkat berkaitan dengan meningkatnya penguasaan iptek para perternak terhadap kualitas bahan pakan, kualitas kandang, dan kualitas proses sistem pengolahannya, serta kebersihan lingkungannya. Peningkatan produktivitas perternakan merupakan hasil dari peningkatan ketrampilan para perternak sehingga mampu memberikan asupan makanan yang berkualitas, meningkatkan nafsu makan sehingga penggemukan semakin cepat, memperbaiki proses pencernaan, meningkatkan kekebalan terhadap penyakit, mengurangi bau kotoran dan air kencing.Pemberian bantuan peralatan dan bahan untuk pengadaan pakan ternak dengan teknologi EM-4. Peralatan yang dibantukan berupa drum atau tong plastik, bak semen, kantong plastik, ember, alat cingcang (golok) dan hand spayer. Sedang bahan-bahan yang dibutuhkan Em-4, molase atau gula merah, air, dan dedak halus; Pelatihan kepada para peternak dengan dikoordinasikan oleh pengurus kelompok. Materi pelatihan meliputi teori dan praktik pembuatan pakan ternak dan pupuk organik dengan teknologi EM-4.

Baca Juga  Pembangunan Desa Belum Merata, Ketimpangan Masih Tinggi

Kepala desa

Kepala desa selaku pemimpin desa yang berhasil mengarahkan masyaraktnya kearah yang lebih maju. Setiap ilmu pengetahuan dan teknologi bisa masuk ke pedesaan itu semua karena adanya persetujuan kepala desa seperti kepala desa mendatangani persetujuan pendanaan sarana dan prasarana untuk pembangunan pendesaan. Dalam undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa dijelaskan bahwa prinsip otonomi yang seluas-luasnya dalam arti kepala desa diberikan kewenangan mengurus dan mengatur urusan pemerintahan, sehingga memiliki kewenangan untuk memberi pelayanan, meningkatkan peran, dan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sarana dan Prasarana atau barang publik yang tersedia di desa Pontak kabupaten Minahasa Selatan sudah cukup memadai dan lengkap, digunakan oleh warga desa dalam meningkatkan kesejahteraan. Tersedianya barang-barang publik itu atas peranan kepala desa Pontak Meity Anita Rawis yang ingin membangun desanya diimulai sejak sebelum dia terpilih sebagai kepala desa pontak.

Dengan majunya Ilmu pengetahuan dan teknologi akan membawa dampak positif bagi perkembangan desa yang ada di Indonesia. Berikut ini manfaat-manfaat yang dapat dirasakan sejak adanya perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi

  1. Kualitas produksi yang dihasilkan oleh pedesaan lebih berkualitas sehingga dapat menopang perekonomian masyarakat pedesaan.
  2. Kehidupan masyarakat dapat berkembang ke arah yang lebih moderen sehingga mampu bersaing dengan daerah kota-kota besar.
  3. Dapat dirasakan hasil produksi terbesar di Indonesia semua diproduksi di daerah pedesaan.
Baca Juga  Rumah Idaman Sederhana Di Desa Untuk Keluarga yang Menyukai Ketenangan

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi bisa berkembang pesat dan membawa dampak positif bagi perekonomian di pedesaan. Dulunya pedesaan selalu ketinggalan dengan perkotaan dari segi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Masyarakat pedesaan harus bisa terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada karena nantinya ilmu pengetahuan dan teknologi dapat berkembang terus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here