Investasi Sawah di Desa yang Menguntungkan

0
104

Investasi merupakan hal yang sangat penting sebagai salah satu tabungan dimasa yang akan datang. Banyak hal yang bisa diinvestasikan, seperti investasi pada saham, emas, rumah, tambang, dan masih banyak lagi lainnya. Salah satu bentuk investasi yang bisa dicoba adalah investasi sawah di desa.

Investasi ini bisa menjadi salah satu hal yang menguntungkan apalagi jika kelak kita ingin tinggal di pedesaan, mengingat saat ini kawasan kota yang sudah mulai padat penduduk dan sudah sangat ramai. Ini adalah langkah alternatif bagi yang ingin berinvestasi. Ditambah saat ini kawasan pedesaan di Indonesia juga tengah mengalami tren yang cukup baik

Selain itu, dengan berinvestasi pada lahan pertanian, maka kita bisa mengangkat perekonomian masyarakat pedesaan yang mayoritas bekerja sebagai petani. Dengan demikian, kita dapat memberikan kesejahteraan secara langsung pada para petani. Tentu ini adalah hal yang bagus, keuntungan berupa materi didapatkan, tetapi juga bermanfaat untuk orang lain.

Apa saja Keuntunggan Investasi Sawah di Desa?

Semua bentuk investasi tentu memiliki keuntungan, termasuk investasi pada lahan pertaninan. Beragam keuntungan dapat kita peroleh jika kita berinvestasi pada hal tersebut. Lantas apa saja keuntungan yang bisa didapatkan? Tidak perlu penasaran, karena berikut beberapa keuntungan dari investasi sawah:

Baca Juga  6 Peluang Usaha di Bandung yang Menyasar Milenial dan Wisatawan

1. Menanam padi berkali-kali dalam setahun

Dalam satu tahun, kita bisa melakukan beberapa kali melakukan cocok tanam padi di sawah yang bisa membuat kita mendapat penghasilan saat padi yang kita tanam sedang panen raya. Tentulah penghasilan yang cukup menjanjikan untuk menjadi tabungan kita. Jika kita tak bisa menanam padi sendiri pun, kita juga bisa menanam komoditas lainnya.

2. Kenaikan harga sawah dan tanah

Harga sawah dan tanah di desa setiap tahun selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Jika ditahun 2019 ini kita sudah melakukan investasi sawah di desa, bisa dipastikan kelak 5 atau 10 tahun yang akan datang harga sawah yang kita investasikan harganya akan naik dan bisa mencapai 50% dari harga beli kita. Sehingga jika kita ingin menjualnya dimasa yang akan datang, pasti sudah sangat menguntungkan untuk kita.

3. Investasi paling aman dan pasti menguntungkan

Sawah merupakan aset yang sangat aman jika dibandingkan dengan investasi di bidang lainnya, seperti pada saham dan emas, karena keduanya memiliki harga yang fluktuatif. Sangat berbeda dengan investasi sawah yang harganya terus naik tiap waktunya. Selain itu, sawah yang dimiliki juga sudah termasuk dengan Sertifikat Hak Milik atau SHM.

Baca Juga  Hampers, Peluang Usaha yang Menjanjikan di Tengah Pandemi

Melihat keuntungan-keuntungan itu pun, bisa dikatakan investasi sawah memang investasi yang sangat menguntungkan. Namun, jika kita ingin membeli sawah sejak sekarang, kita pun harus menyiapkan biaya yang cukup, karena harga sawah di pedesaan pun saat ini sudah cukup tinggi. Bisa jadi ini menjadi kendala, tetapi menabung dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Jika ingin melakukan investasi sawah, maka juga harus banyak memperhatikan hal-hal. Memang ada hal yang sama jika kita ingin melakukan investasi pada tanah kavling atau lahan lainnya, tetapi sawah memiliki hal lain yang membedakannya dengan tanah biasa, terutama terkait keilmuan di bidang pertanian.

Hal utama yang perlu diperhatikan sebelum membeli sawah adalah sumberdaya untuk mengelola lahan persawahan. Tentu tak mungkin jika kita hanya membeli sawah lalu membiarkannya begitu saja, kita pun juga harus mengolah sawah yang telah dibeli agar dapat mendapatangkan keuntungan dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Sumber daya yang dimaksud disini adalah SDM atau sumber daya manusia yang mengelola sawah, juga sarana-sarana lain yang diperlukan, seperti alat pembajak sawah, penyiang padi, benih padi, pupuk, hingga saluran irigasi yang mumpuni. Bisa dibilang benih padi dan saluran irigasi adalah dua hal yang sangat penting.

Baca Juga  BUMDesa: Ruang Apresiasi Untuk Menggairahkan Ekonomi dan Mengentaskan Kemiskinan Desa

Semakin berkualitas benih padi yang dimiliki, maka ketika panen, kualitas dari beras yang dihasilkan juga pasti bagus, sehingga harga jual juga akan tinggi. Sementara itu, untuk saluran irigasi atau pengairan sendiri adalah hal yang perlu mendapat perhatian khusus, karena saluran ini yang mencukupi kebutuhan air pada sawah.

Ada lagi yang harus dan wajib diketahui sebelum memilih investasi sawah di desa, yaitu ilmu terkait pertanian. Jangan sampai hanya karena ingin mendapatkan keuntungan, tetapi tidak ingin terjun di lapangan untuk memantau proses pertanian. Jadi, berilmu sebelum berinvestasi di sawah adalah syarat utama jika ingin berhasil pada investasi di sawah desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here