Inovasi Warga Mamasa, Sul-Bar dengan PLTMH jadikan Desa Penyedia Turbin

0
39
Sumber : bisnis.com

Warga desa Batang Uru, Mamasa, Sulawesi Barat membuat inovasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro ( PLTMH). Dengan ini masyarakat desa dapat menikmati listrik pada malam hari.

Suasana di malam hari ketika berada di desa itu tidak sebaik dengan kota. Bila malam tiba, desa seolah menjadi daerah “mati” karena gelap, jalan jelek, dan aktivitas di malam hari pun terbatas. terlebih lagi krisis energi saat ini merupakan tantangan yang kian dihadapi setiap golongan masyarakat. Begitu pula bagi masyarakat di Kawasan Timur Indonesia yang sebagian besar bermukim di daerah-daerah yang terisolasi secara geografis, tantangan terbesar yang dihadapi terkait ketersediaan energi adalah minimnya jangkauan layanan listrik.

Tetapi kabar baiknya semakin menjamur pula inovasi-inovasi yang ditularkan kepada warga desa seperti yang terjadi di Desa Batanguru yang tadinya merupakan desa yang gelap di malam hari kini berlimpah energi berkat kehadiran Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang telah mulai beroperasi pada tahun 1993 dan saat ini terus memberi dampak hingga ke daerah lebih timur Indonesia sebagai penyedia mesin turbin.

Baca Juga  Dana Desa Diselewengkan? Laporkan Segera!

Awalnya, mantan kepala desa menggunakan dana pribadi untuk membangun turbin berdaya 3 kW di bengkel sederhana milinya. Setelah bekerja sama dengan Yayasan Turbin Desa (Helmut Sower), turbin diganti dengan kapasitas 8 kW untuk menerangi 50 KK. Sehingga pada tahun-tahun berikutnya warga desa saling bergotong royong untuk menambahkan jumlah turbin demi kemajuan desa. Bukan hanya itu, mereka juga mempelajari teknologi tersebut dan berhasil membuat dan memasarkan sendiri pembangkit listrik mikro hidro ke berbagai desa lain yang belum mendapatkan layanan listrik. Upaya ini mengantarkan mereka menjadi Desa Mandiri Energi pada tahun 2008.

Berbagai keunggulan PLTMH sendiri, yaitu potensi air yang melimpah, teknologi yang andal dan kokoh, sehingga mampu beroperasi lebih dari 15 tahun, teknologi ramah lingkungan dan terbarukan, serta efisiensi yang tinggi mencapai 70-85 persen.

Refrensi :

https://www.liputan6.com/regional/read/3145561/energi-mandiri-pltmh-terangi-pelosok-indonesia

http://labuhanalas.desa.id/baca-berita-160-10-ide-program-inovasi-desa-yang-bisa-dilakukan-tahun-2020.html

https://www.esdm.go.id/en/media-center/news-archives/warga-batanguru-berlimpah-energi-karena-pltmh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here