Ina Rachman, Dermawan Adalah Kunci Sukses Bagi Siapa Saja

0
520

Ina Rachman – Dermawan adalah kata yang akrab didengar. Namun, banyak yang belum mengetahui maknanya secara pasti. Banyak yang menganggap bahwa sikap ini identik dengan orang-orang yang kaya saja. Padahal, tidak demikian, dermawan memiliki makna yang lebih luas lagi. Dermawan bisa menjadi sifat siapa saja, tidak pandang orang yang berada atau kaum papa.

Seorang sufi mendefinisikan dermawan sebagai orang yang selalu memberikan sesuatu pada orang lain bahkan sebelum diminta. Bermurah hati memiliki arti menunaikan hak Allah atas niat dan kemauan sendiri. Hal ini berarti tanpa tekanan dari siapa pun.

Inisiatif ini muncul dari dalam lubuk hati. Dermawan adalah kebaikan hati pada sesama manusia. Semua orang dengan profesi apapun memiliki potensi untuk bisa melakukan suatu kedermawanan.

Kedermawanan, pada esensinya tidak terbatas pada materi tetapi juga bermakna meringakan beban bagi orang yang lebih membutuhkan. Setiap manusia dari agama apapun diajarkan saling memberi dan membantu. Dermawan juga perlu dilakukan pada berbagai sisi kehidupan.

Salah satunya ada di bidang hukum. Hal ini kerap dilakukan oleh sosok lawyer bernama Ina Rachman. Perempuan berjilbab ini kerap memberikan bantuan hukum secara gratis. Bantuan ini utamanya diberikan pada orang-orang yang sedang menghadapi persengketaan dalam perceraian.

Baca Juga  8 Tips Beli Mobil Bekas Supaya Keuangan Tak Terganggu

Bagi Ina, dermawan bisa dilakukan dengan sebuah kepedulian. Ina ingin melakukan sebuah pengabdian sebab baginya perceraian adalah suatu musibah yang tidak ingin dihadapi oleh siapapun.

Kebaikan Akan Menular

Ina tidak hanya berbuat baik dengan melakukan kepedulian dalam bidang hukum. Dari segi materi pun owner dari Ina Rachman-Mulayaharja & Associates Law Firm ini tak segan turun langsung untuk melakukan bhakti sosial bersama dengan komunitas Pedas (Perempuan Cerdas NKRI).

Ina secara berkala memberikan bantuan materi dan semangat pada orang-orang yang membutuhkan. Mulai dari para korban bencana, hingga pasien di rumah sakit yang terkena kanker.

Dari segi ilmu pun, Ina tidak pelit. Ia akan memberikan pengetahuan yang dimilikinya. Beberapa kali, ia menjadi narasumber untuk berbagai forum. Mulai dari forum perempuan hingga forum hukum. Belum lama ini, Ina didaulat untuk menjadi pembicara di Pusdik Reskrim Megamendung Cipayung Bogor. Di depan 30 perwira POLDA dari seluruh Indonesia. Pada kesempatan tersebut, Ina berbagi pengetahuan mengenai skema piramida dan money game.

Baca Juga  Menggapai Kemandirian Ekonomi Desa melalui BUM Desa

Hal tersebut dilakukannya untuk membuat penyidik POLRI lebih cerdas dan bisa lebih tanggap terhadap perusahaan-perusahaan yang berkedok sebagai MLM padahal money game. Terakhir, di tanggal 11 Maret 2020, Ina juga menjadi pembicara lagi di Pusdik Reskrim Megamendung pada kegiatan Pendidikan Pengembangan Spesialisasi Perwira Senior Reserse dan kriminal di Diklat Reserse Lemdiklat POLRI.

Ina memberikan pengetahuan pada perwira POLRI mengenai tindak pidana industri Non-Bank. Nah, dari ulasan tersebut membuktikan bahwa Ina Rachman adalah sosok perempuan yang sangat dermawan. Tak hanya dengan materi saja. Melainkan juga melalui keilmuannya.

Sikap Ina ini harus memasuki semua segi kehidupan. Baik di lapisan bawah hingga ke atas. Dermawan adalah sifat yang terpuji. Sifat ini tentu saja akan menular. Sekali seseorang berbuat baik, maka orang yang ditolong akan merasa dampak baik dari hal tersebut. Sehingga, orang tersebut akan menularkannya.

Menjadi orang yang dermawan juga harus diinisiasi dari lini yang paling kecil. Membantu bisa dari elemen yang terkecil sekalipun. Kedermawanan sangat mudah dilakukan oleh individu dan juga berbagai lembaga. Saat ini telah banyak lembaga filantropis yang menjalankan amanah kedermawanan.

Baca Juga  Pulang Membangun Desa Dan Menjadi Sejahtera

Seluruh Indonesia harus mulai mencontoh sikap Ina Rachman yang dermawan sehingga masyarakat lebih peduli pada sesama. Tak hanya isu kemiskinan saja. Melainkan juga isu kebencanaan serta kemanusiaan pada ranah yang lebih luas lagi.

Dermawan Membawa pada Kesuksesan

Orang yang menyisihkan sebagian harta, tenaga, maupun ilmunya pada orang lain tidak akan menderita kesengsaraan. Sebaliknya, bisa mendatangkan kesuksesan. Pada diri Ina Rachman yang dermawan ini, ia justru bisa menjadi seseorang yang lebih sukses lagi. Hingga saat ini, ia bahkan menduduki berbagai posisi penting pada perusahaan dan hukum.

Semua itu didapatkannya karena sifat baiknya untuk bisa berbagi dengan sesama. Semoga hal ini bisa semakin menggerakkan banyak orang lebih dermawan dan peduli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here