Ikon Kota Solo Yang Tak Lekang Oleh Waktu. Pasar Klewer

0
1837

Tak lengkap rasanya kalau ke Solo jika tak mampir ke Pasar Klewer. Selain Keraton Surakarta, Pasar Klewer merupakan trademark kota Solo. Selain sebagai tempat tujuan wisata belanja oleh-oleh, pasar Klewer menawarkan sajian tradisi yang kental seputar Solo. Mulai dari logat bahasa khas ‘wong solo’ yang medhok dan ramah, hingga berbagai sajian kuliner khas masakan jawa yang wajib di icipi kala berkunjung ke Solo.

Batik Cantik, Harga Menarik

Salah satu yang terkenal dari kota solo adalah kain batiknya. Kain batik solo terkenal dengan corak yang klasik. Dengan dominan warna coklat, hitam, merah dan putih. Diantara banyaknya jenis kain batik khas solo yang diperjual belikan, ada beberapa yang sudah melanglang buana hingga ke mancanegara.

Namun, untuk memperoleh batik istimewa khas solo dengan harga yang ringan dikantong, Anda dapat menelusuri tiap lorong di pasar klewer. Jangan dikira, pasar klewer memiliki bentuk seperti pasar tradisional yang kumuh dan menyebalkan.

Tidak sama sekali. Kini, pasar klewer telah dibangun dengan megah, yang terdiri dari beberapa lantai. Dimana, di setiap lantainya, Anda akan menemui banyak sekali bakul batik yang memiliki aneka rupa dagangan berbahan batik. Mulai dari pakaian, bawahan, kain, sprei, sarung hingga mukena.

Baca Juga  Wisata Sejarah Taman Sari Yogyakarta

Harga kain batik di Pasar Klewer sangat ekonomis. Tergantung dengan kualitas, corak dan kemampuan Anda menawar. Untuk daster batik, harga yang ditawarkan mulai daro 25 ribu rupiah saja. Sedangkan pakaian wanita, mulai dari 35 ribu.

Begitupula dengan kemeja lengan pendek pria. Namun, jika Anda menginginkan batik yang memiliki kualitas super, tentu juga ada. Harganya, bisa dibandrol mulai dari ratusan hingga puluhan juta rupiah.

Tengkleng Khas Solo: Paduan Kuah Kuning Gurih dan Daging Kambing Lembut             

Setelah lelah berbelanja, saatnya mengisi perut yang lapar. Salah satu menu khas solo yang wajib Anda icipi adalah tengkleng solo. Jika umumnya tengkleng menggunakan bahan dasar iga, tulang, dan sumsum sapi maupun kambing, di solo tengkleng juga turut menyertakan beberapa jeroan kambing.

Seperti iso, paru, babat, dan lain sebagainya. Untuk mengudap sepiring penuh tengkleng khas solo, Anda hanya perlu merogoh kosek sebesar 25 ribu rupiah saja. Ini sudah komplit dengan sepiring nasinya.

Tengkleng pasar klewer merupakan salah satu yang paling terkenal. Dulu, tempatnya hanya ‘numpang’ disebelah parkiran masjid pasar klewer. Namun kini, sudah memiliki kios tetap, dengan 2 cabang sekaligus.

Baca Juga  Pantai Slili Jogjakarta, Keindahan Pantai dari Atas Bukit

Jika masakan solo umumnya didominasi oleh rasa manis, berbeda dengan tengkleng ini yang memiliki rasa gurih dan sedikit pedas. Cocok, bagi Anda yang menyukai kuah kuning santan, namun tak terlalu pekat. Disantap disiang hari panas-panas, sedap!

Jangan Lupa, Berburu Suvenir Khas Solo dengan Harga Mulai Dari 3 ribuan

Sudah ke belanja untuk diri sendiri, sudah berwisata kuliner, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas solo. Untuk kenang-kenangan, Anda bisa sekalian membelinya dipasar klewer. Aneka bentuk pajangan rumah, sendal batik, tas batik, hingga kaos yang bertuliskan ikon kota solo pun bisa Anda jadikan buah tangan bagi sanak famili dan sahabat.

Jangan takut kebobolan dompet, semua barang cindera mata semacam itu, dihargai dengan harga murah kok. Gantungan kunci, misalkan, harganya mulai dari 3 ribuan saja. Kaos ikonik solo, bisa dijual dengan harga 20-25 ribu rupiah saja.

Untuk menuju kawasan Pasar Klewer, baik dari stasiun maupun bandara, Anda dapat memanfaatkan armada khusus kota solo. Atau, Anda juga dapat menggunakan taksi online. Karena jaraknya tak terlalu jauh, argonya juga tak akan menembus angka 50 ribu rupiah kok. Jadi, kalau mau wisata murah, komplit dan mengesankan, ke Solo aja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here