Daftar Ide Usaha UMKM Yang Bisa Bikin Kamu Sukses

0
93
Ide Usaha UMKM

Ide Usaha UMKM – Dalam dunia bisnis, ada 3 kategori jenis usaha. Ketiganya merupakan jenis usaha kecil, usaha dengan kategori menengah dan juga usaha dalam kategori besar. Tentu semuanya diklasifikasikan berdasarkan modal yang dikeluarkan. Beberapa juga mengklasifikasikan berdasarkan kelompok-kelompok. Seperti Usaha besar dan juga usaha UMKM.

UMKM sendiri merupakan jenis usaha yang paling banyak menguasai pasar bisnis. Bahkan bisa dikategorikan sebagai kelompok usaha yang memberikan sumbangsih pendapatan negara yang cukup besar. Maka tidak heran jika melihat pemerintah cukup konsen terhadap perkembangan UMKM.

Orang-orang yang masuk kategori UMKM biasanya terlihat lebih produktif dan kreatif. Mereka juga tergolong kelompok orang yang terus berinovasi. Hal ini tentu untuk menyesuaikan diri terhadap permintaan pasar. Bahkan hal ini tidak jarang membawa kelompok UMKM pada kancah dunia.

Ide Usaha UMKM Yang Bisa  Bikin Sukses

Bagi pemula, mungkin akan bertanya usaha apa yang bagus dan bisa bikin sukses. Pada dasarnya, semua jenis usaha itu bagus dan berpeluang untuk menjadikan pengelolanyan menjadi sukses. Hanya perlu mempelajari agar usaha yang dijalankan bisa terus konsisten.

Sebelum menjalankan usaha UMKM, maka perlu ilmu-ilmu dasar agar tidak salah langkah dalam berbisnis. Ini bukan saja soal menjual produk sehari atau dua hari. Untuk dapat bertahan lama pada lingkaran bisnis, maka perlu pengetahuan yang cukup.

Berikut ini merupakan ide-ide usaha untuk anggota kelompok UMKM pemula. Setidaknya, ide-ide ini dapat menjadi pertimbangan agar dapat langsung di ekseskusi. Setidaknya, kamu punya gambaran untuk jenis usaha yang akan di garap.

  1. Ide UMKM Kerjinan Tangan

Beberapa kelompok ibu-ibu sudah bergerak dalam menjalankan jenis usaha ini. Mereka memberdayakan ibu rumah tanggan untuk membuat kerajinan tangan beraneka model. Hasil karya tersebut kemudian di jual pada beberapa platform dagangan atau pada toko oleh-oleh. Ini tentu akan menjadi perhatia wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah tersebut.

  1. Ide UMKM Pakaian Muslim

Kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk pemeluk agama Islam. Maka kebutuhan akan pakaian muslim menjadi komoditas paling di cari. Kamu dapat memanfaatkan ini sebagai salah satu ide bisnis. Bisa mulai dari membuat pakaian gamis, membuat hijab, mukenah, atau baju koko. Target pasarnya selalu ada dan selalu di butuhkan. Selain itu, ide inu bisa di jual di mana saja.

  1. Ide UMKM Bimbingan Belajar

Kita tahu bahwa pendidikan itu penting dan layak diperoleh bagi siapa saja. Membangun sekolah dan universitas mungkin sebuah hal yang sulit digapai. Untuk menunjukkan kepedulian terhadap dunia pendidikan, kamu dapat memanfaatkan ide bimbingan belajar. Selain sebagai bentuk kepedulian, bimbingan belajar juga bisa jadi sarana bisnis yang menjanjikan.

  1. Ide UMKM Makanan

Makanan merupakan bagian paling penting dan menjadi kebutuhan utama. Kamu dapat mengolah makanan apa saja untuk dijadikan sebuah bisnis. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Bahkan ide bisnis makanan juga merambah pada jenis makanan frozen. Di mana konsumen dapat membeli makanan tersebut untuk dikonsumsi tanpa harus membuatnya.

  1. Ide UMKM Sayur dan Buah

Usaha UMKM selanjutnya bisa berasal dari dunia pertanian. Tidak melulu baju atau makanan. Kamu juga dapat memulai bisnis dengan memanfaatkan bahan mentahan seperti sayur dan juga buah. Ide ini biasanya meliputi petani sayur dan buah di desa. Kamu bisa menjadi jembatan mereka untuk menemukan pasaran yang lebih baik.

  1. Ide UMKM bidang Otomotif

Mungkin sebagian kita tidak menyadari bahwa UMKM bukan saja soal kerajinan tangan, makanan dan juga fashion. Bahkan ide ini bisa bergerak pada bidang otomotif. Kita tahi bahwa saat ini begitu cepat perkembangan automotif di Indonesia. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan dengan membuka kelompok untuk memanfaatkan usaha bengkel. Beberapa orang yang ahli bisa kamu rekrut untuk menjadi teknisinya.

  1. Ide UMKM Kurir

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa jenis UMKM lainnya bisa kamu bentuk dari orang-orang yang bekerja sebagai kurir. Mereka yang tidak punya keahlian yang cukup tapi punya kendaraan bisa kamu tarik menjadi anggota kelompok ide usaha ini. Setidaknya, ini menjadi ladang pendapatan yang menjanjikan mengingat banyaknya penjual online yang bermunculan.

  1. Ide UMKM Kecantikan

Menjadi cantik memang idaman hampir semua wanita. Meski kita tahu bahwa definisi cantik itu sebenarnya relatif, tergantung sudut pandang yang menilai. Tapi, tidak jarang banyak yang mengidamkan memiliki kulit atau kesehatan kulit seperti standart kecantikan yang beredar. Ini bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu ide bisnis. Bisa dengan membuat produk kecantikan herbal yang aman bagi konsumen.

  1. Ide UMKM Barang Antik

Meningkatnya kunjungan wisata membuat berbagai sektor bisnis ikut terbuka. Termasuk dengan ketersediaan barang antik wilayah destinasi puasa. Maka ini bisa jadi ide usaha UMKM yang menjanjikan. Yaitu dengan menjajakan barang antik khas daerah atau negara sendiri. Bagi wisatawan, membawa pulang barang antik tersebut menjadi sebuah hasil destinasi yang luar biasa.

  1. Ide UMKM Tour & Travel

Pergi berwisata baik dalam negeri maupun luar negeri menjadi trend pada beberapa tahun belakangan ini. Tentu ini bisa jadi peluanh emas bagi kamu. Kamu dapat melakukan kerja sama dengan beberapa pihak terkait agar bisa membuka jasa tour & travel. Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan warga lokal sebagai pemandu wisata terbaik untuk mengenalkan wilayah tersebut.

  1. Ide UMKM Toko Sembako

UMKM tidak mesti dengan sesuatu yang unik. Kamu juga bisa mulai dari menyediakan kebutuhan harian. Sebagai contoh adalah memberdayakan anggota untuk memiliki toko sembako sendiri. Selain dapat membantu perekonomian keluarga, punya toko sembako juga bisa memudahkan tetangga sekitar untuk tidak keluar jauh berbelanja.

Baca Juga  Tas Lurik Jogja, Tampil Cantik untuk Bawa Kosmetik

Istilah usaha UMKM sendiri sebenarnya merujuk pada jenis usaha yang kisaran modalnya sedikit. Bisa dari ratusan ribu hingga 50 juta. Di atas itu masuk kategori usaha menengah. Untuk usaha besar atau jenis usaha makro, rata-rata modal yang digunakan menyentuh angka milyaran rupiah. Dan ini kerap digeluti oleh pengusaha-pengusaha pada perusahaan yang besar.

Banyaknya umkm juga mendatangkan keuntungan tidak hanya pada konsumen tapi juga pemerintah. Roda perekonomian akan semakin sehat karena perputaran uang yang baik. Tentu ini juga menjadi salah satu faktor yang menunjang berkurangnya pengangguran. Setidaknya, beberapa orang yang memilih terjun dalam usaha pada sebuah UMKM mengurangi angka pengangguran.

Bagi kamu yang bingung mencari sumber penghasilan, maka beberapa ide usaha UMKM di atas bisa jadi solusi. Ini tidak hanya akan meningkatkan pendapatan tapi juga mengasah kemampuan. Kamu dapat mengolah apa saja yang ada dalam diri, baik itu kemampuan masak, kemampuan membuat pakaian, kemampuan mengajar, kemampuan berdagang dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Pentingnya UMKM Desa Untuk Ekonomi Nasional | Tips Sukses

Dengan menjalankan ide di atas, kamu juga turut serta dalam mengurangi angka pengangguran. Bahkan, kamu bisa membuka peluang kerja bagi siapa saja yang kesulitan memiliki pendapatan serta pekerjaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here