Forum Desa, Bagian Penting dalam Pembentukan BUMDES

0
116

Syarat pendirian BUM Desa sangat sederhana. Hanya saja, yang diperlukan adalah perencanaan yang matang dan komitmen yang kuat. Dan semua itu bermula dari kegiatan forum desa. Ya, inilah langkah krusial pertama dalam pembentukan Bumdes. Kalau ini penting, apa sih yang harus dilakukan dalam forum desa?

Semua ini dimulai dengan diskusi atau obrolan tentang usaha desa oleh pemerintah desa. Hal ini bertujuan untuk mendapat masukan dari warga mengenai pemahaman mereka mengenai visi yang dibangun pemimpin desanya sekaligus berbagai ide yang dimiliki warga. Obrolan ini bertujuan memberikan pemahaman, menggali aspirasi dan menemukan poin-poin penting antara keinginan pemerintah desa dan kehendak warga. Obrolan sebaiknya dilakukan dalam suasana yang agak informal, santai, aparat desa disarankan untuk tidak menggunakan seragam dinasnya tujuannya agar semua yang terlibat dapat menyampaikan aspirasinya tanpa takut salah dalam berpendapat.

Obrolan desa harus dilakukan dengan alur yang sudah dirancang berdasar topik yang telah ditentukan sehingga secara bertahap hasil pertemuan-pertemuan itu akan mengerucut menjadi kristalisasi ide-ide yang mempermudah bagi pemerintah desa merumuskannya sebagai langkah pemberdayaan dan pembuatan keputusan.

Baca Juga  Mengenal Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan

Setidaknya ada tiga proses forum desa yang bisa dilakukan yakni Musyawarah Dusun (Musdus), dilakukan di tingkat dusun dengan melibatkan RT, RW, organisasi profesi, perwakilan perempuan, perwakilan keluarga miskin dan difabel. Dalam Musdus pemerintah desa bisa menggali berbagai kondisi nyata di lapangan termasuk berbagai kebutuhan warga seperti kebutuhan air bersih, pupuk organik, masalah penanganan sampah jasa keuangan, jasa transportasi dan lai-lain. Musyawarah kedua adalah Musyawarah Spesifik yakni musyawarah yang digelar untuk membahas topik khusus yang telah ditentukan sebelumnya. Contoh topik yang dibahas dalam Musyawarah Spesifik (MusSpes) adalah masalah pertanian, perkebunan, perikanan dan lain-lain. Ketiga adalah Musyawarah Desa (Musdes) yakni musyawarah paling besar untuk memutuskan kesepakatan mengenai langkah dan strategi isu ekonomi yang telah disusun tersusun dari dua musyawarah sebelumnya.

Itu adalah penjelasan lengkap tentang langkah pertama dalam pembentukan Bumdes. Masih ada beberapa langkah penting lagi yang harus dilalui dan hal itu akan dijelaskan di artikel selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here