Dieng Sebuah Wisata Berjuta Pesona | Candi Pandawa

0
1648

Jika Anda berkunjung ke Dieng, jangan lupa untuk menyempatkan waktu mampir ke Candi Pandawa. Konon, ini seperti candi yang berada diatas awan. Bagaimana tidak, dieng memang sebuah wisata alam puncak gunung, yang memiliki lokasi antara Wonosobo dan Banjarnegara. Biasanya, orang yang datang ke Dieng, hanya ingin menikmati keindahan Telaga warna diantara pemandangan indah pegunungan.

Padahal, selain itu, dieng masih memiliki pesona surgawi yang sayang jika tak ditengok. Nyatanya, ada beberapa Candi yang dibangun bertahun-tahun yang lalu oleh para leluhur.

Berbeda dengan Candi-Candi yang ada di tanah Jawa bagian selatan, Candi-Candi di Dieng memiliki ukuran yang lebih kecil, dan gaya arsitektur yang lebih sederhana. Konon, ini hanyalah serpihan. Yang dulunya memiliki ukuran jauh lebih besar dari candi di tanah jawa lainnya.

Dieng memang dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para dewa-dewi. Seperti namanya, Dieng diambil dari kata di yang berarti tempat tinggal dan hyang yang memiliki makna Dewa atau Dewi.  Sehingga, jika ditarik maknanya, di hyang atau dieng dapat diartikan sebagai tempat tinggalnya para dewa. Hal ini dirasa cocok dengan adanya beberapa tempat di dieng yang indahnya gak ketulungan.

Baca Juga  Wisata pantai sekaligus air terjun

Salah satu pesona wisata yang tak mampu dilukiskan di Dieng adalah Candi yang berlokasi didataran tinggi. bayangkan saja, Candi, sebagai sebuah wisata sejarah yang memiliki nilai keindahan luar biasa, baik dari segi keilmuan, arsitektur, budaya maupun religi, kini ditempatkan disebuah dataran tinggi, bersama dengan pesona perbukitan.

Dieng Memiliki nuansa spiritual yang sangat kental. Salah satunya adalah dengan adanya beberapa candi peninggalan umat Hindu. Candi-candi ini memiliki nama-nama tokoh pewayangan. Seperti Candi Pandawa, Gatutkaca, Srikandi, Puntadewa, Sembadra, Dwarawati dan Bima.

Candi Pandawa, yang masih nampak kokoh diwakili oleh Candi Arjuna. Candi ini selalu ramai oleh pengunjung, khususnya dimasa liburan dan akhir pekan. Berlokasi di dataran tinggi dieng, yang memiliki suhu antara 15-20 drajat celcius, membuat kawasan ini seringkali tertutup kabut.

Sehingga, dari kejauhan, Candi yang ada di dieng nampak amat indah, seperti negeri diatas awan. Konon, ini adalah Candi Hindu tertua yang ada di tanah Jawa, bahkan Di Indonesia. Diperkiraan Candi yang ada dikawasan dieng telah dibangun pada abad ke 7 Masehi.

Baca Juga  Desarasa, Minuman Sehat Alami Turut Ganjot Pariwisata

Menurut catatan sejarah, setidaknya ada 400 buah candi yang terdapat di dataran tinggi dieng. Namun, semuanya sempat tergenang air. Bahkan pada tahun 1814, seorang wisatawan asal inggris yang berkunjung ke dieng, menemukan seluruh candi tergenang oleh air. Hingga pada tahun 1956, seorang anggota pemerintahan belanda, berupaya untuk menyurutkan genangan air yang sempat menutupi sebagian Candi tersebut.

Lokasi dari Candi arjuna sendiri berada di desa Dieng Kulon, kecamatan Batur, Banjarnegara. Dengan luas area 9 hektar, konon kompleks Candi dieng ini hanyalah puing sisa dari sekitar 90 hektar area Candi yang telah hancur.

Beberapa juga ada yang terpendam, dan tenggelam didalam tanah. Bahkan, hingga kini masih aada beberapa relief yang tak utuh. Sehingga sangat sulit untuk ditelisik lebih lanjut asal muasalnya.

Pada jaman dahulu, Candi pandawa yang diwakili oleh Candi arjuna, adalah tempat pusat melakukan ibadah galungan bagi umat Hindu. Dengan ukuran candi yang tak terlalu besar, yakni 6×6 meter persegi , terdapat sebuah sumber air didalam candi, yang disebut dengan Yoni.

Baca Juga  Karya Seni Batu Alam Muntilan

Dengan bangunan gagah dan kokoh meninggi, Candi arjuna memiliki gaya arsitektur khas candi hindu, yaitu dengan bagian atas membentuk puncak. Menikmati keindahan kompleks Candi di seputar kawasan Dieng, dengan landscape keindahan Alam, akan memberikan pengalaman open trip Banyuwangi yang luar biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here