Warna-Warni Desa Suak Gual si Desa Nelayan Maju

0
229

Desa Suak Gual yang terletak di Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung dijadikan desa percontohan untuk menjadi Desa Nelayan Maju. Hal ini ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Menteri Kelatuan dan Perikanan (KKP), Trenggono Sakti Wahyu Trenggono. Dalam momen ini, Menteri KKP ditemani oleh Bupati Belitung, Sahani Saleh dan juga pejabat-pejabat dari pemerintah daerah ataupun kementerian.

Menurut Menteri KKP, Desa Suak Gual memiliki banyak faktor yang dapat membuat desa ini menjadi desa percontohan desa nelayan maju.  Pelabuhan utama desa yang dihiasi dengan cat warna-warni ditambah dengan kerapian dan kebersihan Desa Suak Gual adalah hal yang sungguh diapresiasi oleh Trenggono. Selain itu Desa Suak Gual juga dibilang sudah siap secara fasilitas. Mereka mempunyai tempat-tempat menginap bagi wisatawan. Selain itu, objek-objek untuk wisatawan pun juga tersedia, seperti tempat titik untuk swafoto, lokasi penepian kapal-kapal nelayan, galeri untuk produk-produk UMKM desa serta revitalisasi panggung seni, bank ikan, warung kopi dan rumah makan.

Program ini diharapkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk bisa merubah stigma tentang desa nelayan yang selama ini dikenal dengan desa yang kumuh dan tidak tertata. Lebih lanjut lagi, desa nelayan dikemudian hari juga bisa mengandalkan pemasukan dari sektor wisata. Sehingga mereka tidak kebingunan untuk mencari mata pencaharian saat tidak bisa melaut.

Baca Juga  Warga Desa Pademawu Timur Gelar Acara Rokad Desa

Untuk mematangkan program ini, maka dimulailah proses dalam pembentukan BUMDes guna mengurus dan merawat fasilitas-fasilitas yang sudah ada. Dengan memulai perlahan, daerah melakukan secara perlahan dengan bantuan beberapa organisasi swasta, salah satunya adalah Usaha Desa bersama NSLIC/NSELRED. Jadi bisa dikatakan bahwa tidak hanya fisiknya yang dibangun tetapi manusianya juga. Hal ini diharapkan supaya masyarakat bisa secara mandiri untuk mengelola apa yang sudah disediakan.

Desa Selak Gual sebagai pioneer diaharapkan terus berkembang dan tumbuh menjadi desa nelayan maju yang pantas untuk dijadikan contoh. Sehingga pada akhirnya nanti, akan muncul desa-desa nelayan maju yang lain. Dan pada akhirnya bisa menaikan nilai ekonomi mereka dan mengenalkan stigma baru tentang desa nelayan yang akan tergambar sebagai desa wisata yang mempesona.

ref.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here