Delapan Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula

0
3985

BERDESA.COM – Pepatah mengatakan, kesalahan adalah salahsatu awal dari keberhasilan karena kita akan belajar dari kesalahan itu. Termasuk dalam memulai usaha. Tetapi sebaiknya jangan terlalu percaya pada pepatah ini karena kesalahan belum tentu pula membuat langkah kita menjadi lebih baik kemudian jika kita tidak bisa menemukan hal-hal yang harus diperbaiki dari kesalahan itu.

Maka hal yang paling baik adalah hindari sekuat mungkin hal-hal yang akan membuat Anda melakukan kesalahan. Untuk itu Anda harus mengenali gejala-gejala apa saja yang menunjukkan Anda sedang terancam melakukan kesalahan. Berikut ini beberapa kesalahan pengusaha pemula:

  1. Berinvestasi Tanpa Mempelajari Lebih Dulu

Investasi tanpa mempelajari secara detail? Bagaikan memasuki hutan belantara tanpa tahu jalan dan binatang apa saja yang ada di dalamnya. Dalam memulai sebuah usaha, meski terlihat sangat menguntungkan, Anda tetap harus melakukan validasi lebih dahulu. Soalnya, bisa jadi pandangan Anda sebenarnya belum menyeluruh.

  1. Berubah Arah

Terus lakukan validasi dari berbagai ide yang ada berdasar realitas pasar. Jangan kaget jika kemudian kesimpulannya adalah Anda harus merubah arah usaha Anda. Perubahan seperti ini sangat mungkin terjadi pada perusahaan start up. Kelola perubahan itu sevaik mungkin, jangan sampai terlalu ekstrim sehingga justru menjadi awal kegagalan yang lebih besar.

  1. Terlalu Banyak Menerima Masukan
Baca Juga  Tips Berdagang Makanan Agar Cepat Sukses

Mendapatkan masukan cerdas itu penting tetapi kalau terlalu banyak masukan bisa menciptakan bahaya bagi bisnis Anda. Maka sebaiknya, batasi diri Anda dalam hal menerima masukan. Terima masukan hanya dari para pebisnis yang sudah berpengalaman dan harus pula sesuai atau berkaitan dengan usaha Anda.

  1. Melupakan Pentingnya Pemasaran

Bisnis tidak bisa berkembang dengan sendirinya. Memperkuat pemasaran adalah salahsatu hal penting pada semua bentuk usaha. Salahsatunya adalah menggunakan teknologi internet alias pemasaran berbasis online yang kini sedang melanda dunia. Sebaiknya jangan pernah berpikir sebuah bisnis akan berjalan dengan sendirinya.

  1. Tak Pernah Memprioritaskan Konsumen

Sehebat apapun konsep pemasaran dan produk Anda, jika itu tidak sesuai keinginan konsumen yang Anda bidik, maka hampir pasti usaha Anda tidak akan berjalan. Maka galilah berbagai keinginan dan kebutuhan konsumen untuk memastikan produk dan jasa Anda menjawab yang mereka inginkan.

  1. Pengelolaan Uang yang Tak Jelas

Manajemen keuangan sangat utama dalam sebuah usaha. Buatlah perencanaan dengan baik berapa besar uang yang dibutuhkan untuk usaha Anda dan darimana berasal berikut berbagai resikonya. Masalah uang adalah masalah krusial, karena bisa menjebak Anda bahkan pada langkah yang pertama.

  1. Tidak Memiliki Jaringan Usaha
Baca Juga  10 Alasan Pentingnya Website Bagi Usaha Anda

Menjadi pengusaha berarti harus pula membangun jaringan usaha dengan banyak orang. Pastikan Anda melakukan ini dan menjadi seorang yang mudah membangun jaringan pertemanan dengan banyak orang. Hampir tidak mungkin bisnis berkembang kalau Anda tidak mampu membangun jaringan usaha karena peluang, pengetahuan pasar dan kemungkinan lahirnya kerjasama usaha hanya bisa terjadi melalui jaringan saja.

  1. Salah Memilih Orang

Memilih karyawan yang tepat bukan masalah mudah. Ada banyak orang yang cakap tetapi gagal membangun usaha. Pastikan Anda mendapatkan orang yang memiliki ide hebat, loyak dan memiliki semangat kerja yang mendukung pengembangan usaha Anda.

Demikian berbagai hal kesalahan pengusaha pemula yang seringkali dilakukan. Beberapa masalah ini tak mudah diidentifikasi karena seringkali pengusaha pemula kesulitan melakukan evaluasi diri akibat terlalu percaya diri dan pengalaman yang masih minim. Jika Anda pemula bisnis maka pastikan Anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan seperti ini pada saat usaha Anda memulai perjalanannya.(aryadjihs/berdesa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here