Daftar Contoh Peluang Usaha di Lingkungan Sekitar yang Mudah Dilakukan

0
837
Contoh Peluang Usaha

Jika Anda melihat para pengusaha yang sudah sukses meraup puluhan bahkan ratusan juta rupiah setiap bulannya, mungkin mengira bahwa mereka mendapat ide dari hal yang spektakuler. Namun, kebanyakan hanya mencari contoh peluang usaha di lingkungan sekitar. Hanya dari sesuatu yang ada di sekitar Anda, bisa menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit.

Lantas, apa saja kah contoh peluang usaha di lingkungan sekitar yang dapat Anda jadikan inspirasi? Mari membahasnya lebih lanjut pada artikel ini. Namun, sebelumnya, Anda harus mengetahui bagaimana cara mendapatkan ide peluang usaha dari lingkungan sekitar berikut ini!

  1. Ide dari Masalah yang Kerap Dialami

Bahkan, ide usaha bisa datang dari masalah yang sering Anda temui. Semisal, saat Anda kesulitan untuk mengatur pengeluaran harian, maka Anda bisa menciptakan aplikasi pengelolaan uang harian bagi para ibu rumah tangga.

  1. Ide dari Hobi

Siapa sangka, hobi yang kerap Anda lakukan sebagai suatu kesenangan bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Seperti Anda yang memiliki hobi memelihara kucing atau anjing, maka Anda bisa membuka layanan seperti salon hewan atau menyediakan makanan hewan peliharaan.

  1. Ide dari Keahlian

Jika Anda memiliki suatu keahlian, maka hal ini bisa dimanfaatkan sebagai solusi mencari peluang usaha yang baru. Misalnya, Anda bisa memasak dengan rasa yang lezat, maka usaha kuliner sangat cocok untuk dilakukan. Permasalahannya, Anda hanya perlu membuat kemasan yang lebih menarik serta melakukan pemasaran secara maksimal.

Baca Juga  5 Ciri Peluang Usaha Yang Potensial Untuk Mendatangkan Keuntungan

Contoh Peluang Usaha di Lingkungan Sekitar

Dari ulasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan ide membuka peluang usaha baru tidak perlu jauh-jauh. Anda hanya perlu mengamati berbagai problem di lingkungan hingga menghasilkan ide yang baru.

Namun, jika Anda masih bingung, silakan lihat beberapa contoh peluang usaha di lingkungan sekitar berikut ini!

  1. Usaha di Bidang Agrobisnis

Bidang agrobisnis ini identik dengan peternakan serta pertanian. Sehingga, sangat sesuai untuk dilakukan pada lokasi yang dekat dengan pedesaan serta di daerah yang masih terdapat lahan luas. Beberapa contoh usaha pada bidang agrobisnis ini adalah budidaya sayur mayur, ternak sapi, ternak ayam, budidaya ikan lele, buah-buahan, dan masih banyak lagi.

  1. Usaha di Bidang Jasa

Untuk menjalankan usaha ini, Anda harus lah mempunyai suatu keahlian yang spesifik. Beberapa contohnya adalah jasa untuk mengurus keperluan birokrasi seperti mengurus Surat Ijin Mengemudi, Pengurusan Surat Kendaraan, Pengurusan Surat Ijin Usaha, serta dokumen yang lain.

Usaha jasa juga meliputi berbagai dimensi kehidupan. Yang berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari, Anda bisa menawarkan jasa laundry, jasa memasak di berbagai event, jasa dekorasi, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Ini Dia 3 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing Dijamin Untung

Sedangkan di bidang informasi dan teknologi, Anda bisa membuka jasa perbaikan laptop, komputer, dan sebagainya. Anda juga dapat merambah ke bisnis internet, seperti menjadi penyedia jasa SEO, pembuatan website, desain grafis, dan lain sebagainya.

  1. Usaha yang Ramah Lingkungan

Menyelamatkan lingkungan ternyata juga memberikan hal lain untuk diri Anda yakni berupa keuntungan material. Salah satunya adalah dengan mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos. Kemudian, pupuk bisa dijual pada para petani yang membutuhkan. Harga jual untuk pupuk kompos juga terbilang cukup tinggi.

Selain itu, Anda juga bisa mengolah sampah elektronik menjadi sesuatu yang lebih bernilai. Sampah elektronik memang cukup sulit untuk bisa diuraikan oleh bumi. Namun, sampah ini dapat diolah kembali menjadi berbagai hiasan yang indah.

  1. Usaha Jual Beli Motor Bekas

Contoh peluang usaha di lingkungan sekitar yang dapat Anda lakoni adalah jual beli motor bekas. Sebab, kebutuhan akan kendaraan bermotor saat ini semakin meningkat. Dapat Anda lihat di jalan raya dipadati oleh jenis kendaraan roda dua ini.

Baca Juga  Sebagian Besar Warga Indonesia Belum Tahu MEA

Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk melakukan bisnis jual beli sepeda motor bekas. Sebab, tidak sedikit masyarakat yang antusias membeli motor bekas karena tidak ingin berhutang.

Keuntungan yang didapatkan ketika menjalankan usaha ini cukup besar. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan men-service terlebih dahulu motor yang dijual. Promosikan motor Anda melalui website, media sosial, dan sebagainya.

Demikian beberapa contoh peluang usaha di sekitar yang dapat Anda lakukan. Jangan sungkan untuk mencoba peluang usaha baru yang potensial. Sebab, inspirasi bisa Anda temukan dimana saja dan kapan saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here