5 Ciri Peluang Usaha Yang Potensial Untuk Mendatangkan Keuntungan

0
536
Ciri Peluang Usaha Yang Potensial

Bagi seseorang yang sedang merintis atau berencana akan memulai usaha, maka memahami ciri-ciri peluang usaha sangat diperlukan. Dengan begitu, maka pebisnis akan mengetahui perihal peluang usaha tersebut apakah potensial mendatangkan keuntungan atau tidak.

Tolak ukur untuk menentukan ciri-ciri peluang usaha yang potensial adalah menggunakan analisis SWOT. Maka dari itu, langkah analisis ini sangat penting dalam menjalankan suatu usaha. Analisa SWOT juga penting sebagai pertimbangan di sebuah proposal usaha yang anda buat, sebagai pertimbangan investor.

Terlepas dari analisis SWOT, Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi ciri-ciri peluang usaha yang potensial. Tak perlu berlama-lama lagi, sila Anda simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

  1. DAFTAR ISI

    Produk Tersedia dalam Jumlah yang Banyak

Ciri-ciri peluang usaha yang potensial adalah tersedia banyak produk dengan harga yang minim. Sebab, produk usaha yang tidak banyak tersedia akan membahayakan usaha yang Anda jalankan. Kelangkaan bahan baku akan menjadi kendala tersendiri saat akan memproduksinya. Sebaik apa peluang usaha tidak akan berpengaruh jika produk yang tersedia tidak lah banyak.

Baca Juga  Ini Dia Peluang Usaha Waralaba Pengeruk Laba, Anda Wajib Tahu

Apabila produk yang tersedia sedikit, maka harga jualnya akan mahal sehingga banyak calon konsumen yang justru memilih barang substitusi lainnya. Apalagi, jika kebutuhan pasar pada produk yang tinggi sementara stok sedikit, maka keuntungannya pun akan menjadi semakin sedikit.

Pastikan juga bahan bakunya memiliki banderol harga yang murah karena akan berpengaruh pada harga jualnya. Semakin terjangkau oleh masyarakat, maka semakin meningkat pula omzet pendapatan Anda.

  1. Nilai Kerugiannya Kecil

Salah satu hal yang paling dihindari oleh para pengusaha adalah kerugian yang besar. Sebisa mungkin, suatu usaha memiliki sedikit kerugian atau bahkan tidak sama sekali. Ini lah pentingnya mengenal ciri-ciri peluang usaha yang potensial, sehingga Anda harus menganalisisnya terlebih dahulu.

Cari tahu lah apakah peluang usaha yang akan dipilih mempunyai risiko nilai kerugian yang tinggi atau rendah. Untuk mengetahuinya, lakukan riset di pasaran. Ini adalah langkah paling aman bagi Anda yang belum begitu mengenal pasar atau dalam tanda kutip sebagai pemula.

Semisal, pilih lah peluang usaha fashion sebab, baju bertahan lama serta menjadi salah satu kebutuhan pokok. Dengan begitu, risiko kerugiannya sangat kecil bahkan tidak ada.

  1. Ide Pribadi (Bukan Plagiasi)

Pernah dengar sebuah kutipan dari Pandji Pragiwaksono tentang “sedikit lebih beda itu lebih baik dari pada sedikit lebih baik”? Nah, dari quote Pandji tersebut dapat disimpulkan bahwa mem-branding perusahaan Anda adalah hal yang sangat penting. Sebab, peluang usaha yang sedikit berbeda akan lebih mudah diingat oleh calon konsumen.

Baca Juga  Standar Pengelolaan Homestay

Untuk itu, pastikan Anda tidak meniru usaha dari orang lain karena biasanya hal ini akan membuat usaha hanya bertahan sebentar saja. Jika Anda tidak cukup kreatif untuk membuat peluang usaha baru, maka hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengamati kemudian memodifikasi. Jangan sama persis dengan usaha lainnya.

Buat lah pembeda agar usaha Anda lebih mencolok di antara usaha lain. Selalu berpikir positif dan kembangkan produk baru yang dibutuhkan masyarakat. Perbarui selalu gaya usaha Anda supaya masyarakat tidak mudah merasa bosan.

  1. Usaha bisa Diterima Pasaran

Ciri-ciri peluang usaha potensial yang selanjutnya adalah usaha bisa diterima oleh pasaran. Untuk itu, tentukan terlebih dahulu target pasar Anda. Lalu, jadilah problem solver atau pemecah masalah. Jadi, Anda harus memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan dari target pasar tersebut.

Dengan begitu, masyarakat akan terus mencari produk tersebut. Pasalnya, mereka menemukan produk Anda sebagai sesuatu yang bisa mengatasi permasalahan. Semisal, masalah yang dihadapi target market adalah space penyimpanan dalam rumah yang terlalu sempit. Maka dari itu, Anda menjual storage yang berbentuk vertikal. Sehingga, tidak menghabiskan space sempit dalam rumah.

  1. Usaha bisa Beradaptasi

Usaha yang potensial juga bisa menyesuaikan kondisi sesuai dengan perubahan zaman. Meskipun usaha Anda sudah berjalan hingga bertahun-tahun, tetapi tidak ada yang bisa menjamin di kemudian hari usaha Anda bisa tetap bertahan. Sebab, akan ada pesaing-pesaing baru yang memiliki ide fresh dan inovatif.

Baca Juga  Peluang Usaha Sampingan Di Desa Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

Uji terlebih dahulu kelayakan usaha sebelum usaha dijalankan. Layak dalam konteks usaha adalah produk bisa memberi manfaat serta pantas dilanjutkan. Kelayakan bisa diamati dengan membandingkan tujuan dengan hasil yang didapatkan. Jika usaha tidak bisa mencapai tujuan awalnya, maka usaha ini tidak layak untuk diteruskan.

Demikian pembahasan mengenai ciri-ciri peluang usaha yang potensial. Anda harus memastikan bahwa usaha telah memenuhi semua kriteria tersebut sehingga layak untuk dilanjutkan dan menghasilkan keuntungan saat ini dan di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here