Ciptakan Keunggulan Produk Perusahaan Anda dengan Langkah-langkah Ini

0
3063

BERDESA.COM – Hadirnya internet membuat semua orang lebih mudah membangun promosi bisnisnya sehingga keunggulan produknya menonkol. Teknologi informasi bahkan mengubah lanskap bisnis menjadi jauh lebih cepat dan efisien. Konsekuensinya, persaingan bisnis menjadi jauh lebih ketat. Mau tidak mau pengusaha harus menggali ide lebih dalam lagi memenangi persaingan.

Meski demikian, selalu ada jalan untuk menerobos ketatnya persaingan melalui teknologi informasi. Berikut ini sepuluh langkah yang bisa Anda pakai untuk menciptakan keunggulan produk yang Anda ciptakan. Langkah-langkah ini beiasanya dilakukan usaha yang menggunakan jaringan online untuk promosinya

  1. Ciptakan Minimal Satu Keunggulan Dibanding Produk Lain

Mati produk lain pesaing Anda. Pelajari secara seksama dan temukan minimal satu keunggulan yang belum dimiliki sebagian besar dari mereka. Keunggulan itu kalau bisa bukan hanya tidak dimiliki yang lain tetapi juga sesuatu yang baru. Misalnya, dari pilihan rasa jika makanan.

  1. Gunakan Sosial Media

Teknologi informasi membuka lebar semua orang menggunakan sosial media untuk mempromosikan produk dan usahanya. Gunakan peluang gratisan ini dan ciptakan konten menarik sehingga bisa menarik minat orang.

  1. Sodorkan Produk Gratisan
Baca Juga  Warung Kejujuran: Pembelajaran Mengelola Aset, Meraih Kesejahteraan

Untuk memikat calon pembeli, tidak ada salahnya memberikan sampel produk gratis. Sampel produk sangat penting untuk menunjukkan bahwa Anda sangat menguasai produk yang Anda ciptakan dibanding yang lainnya dan membangun kesan usaha dan produk Anda sangat serius.

  1. Buatlah Daftar Calon Pembeli

Anda bisa menandai orang-orang yang tertarik dengan produk Anda tetapi belum memutuskan untuk membeli karena masih ada keraguan. Incar orang-orang ini dengan menghubungi mereka dan menawarkan produk Anda baik melalui media sosial maupun pesan melalui smartphone-nya. Kalau masih belum membeli juga, lakukan lagi remainding atau penawaran dalam rentang waktu tertentu. Bagaimanapun mereka adalah calon pembeli yang sangat besar kemungkinan melakukan pembelian.

  1. Penjualan Langsung Tetap Prospektif

Jangan salah, meski sudah jaman internet tetapi penjualan langsung adalah cara yang sangat efektif karena kita bisa memperlihatkan produk yang sesungguhnya sekaligus berkomunikasi dengan calon konsumen kita. Jualan langsung bisa berarti langsung ke akun facebook teman-teman kita.

  1. Produk Gratis Terbatas

Jika Anda memberikan penawaran gratis, maka batasi produk gratis itu sampai skala tertentu, selanjutnya harus berbayar. Seperti yang dilakukan banyak perusahaan online, mereka memberikan akses gratis hingga sekian hari lalu selanjutnya harus berbayar.

  1. Gratis Sepenuhnya Kalau Perlu
Baca Juga  Menyulap Rumput Liar Menjadi Tas beromzet Milyaran

Kalau produk Anda adalah layanan informasi melalui online, maka sekalian saja berikan gratis bagi layanan Anda. Tetapi jika Anda sudah memiliki cara mendapatkan income yakni melalui iklan. Seperti yang dilakukan google atau Facebook. Mereka memberikan fasilitas yang luar biasa hebat bagi pengguna karena target mereka memang mengumpulkan pengguna. Selanjutnya mereka mendapatkan iklan berbagai produk perusahaan lain karena banyaknya pemakai layanannya.

  1. Menciptakan Pangsa Pasar yang Lebih Khusus

Bukannya memperluas target pasar melainkan malah mengecilkan alias lebih fokus pada pasar tertentu. Seperti yang dilakukan Instagram, perusahaan teknologi informasi yang satu ini malah mengkhususkan diri pada layanan berbasis foto saja tetapi itu malah menciptakan peluang yang luar biasa karena tidak banyak pesaing yang mampu menyaingi kehebatan mereka.

  1. Buatlah Produk-produk Saling Terkait

Google memiliki banyak varian produk google plus, maps, searc engine dan sebagainya dan semua itu terhubung hanya dengan satu akun email di Google Mail. Beragam produk Apple juga membangun poros digital yang membuat semua perangkat yang diproduksinya memiliki kemampuan koneksitas yang luar biasa cepat dan mudah pada seluruh perangkat produksi mereka. Ini adalah dua contoh perusahaan yang sukses membangun sebuah pola terkait antarproduk.

Baca Juga  Jurus Ampuh Memperluas Jaringan Bisnis

10. Lakukan Promosi Konvensional Melalui Baliho dll

Meski sudah jaman internet dan teknologi informasi tingkat tinggi tetapi promosi melalui baliho, iklan hingga umbul-umbul tetap saja memiliki dampak yang sangat signifikan bagi setiap produk menancapkan merek yang mereka bangun. Soalnya, sehebat apapun bisnis dan produk tetap terikat pada satu hukum dagang ‘Tak Kenal maka Tak Sayang’.

Sepuluh cara ini mungkin tidak semuanya bakal cocok untuk usaha Anda  tetapi melaksanakan beberapa di antaranya saja pasti bakal memberi efek yang berbeda. Silakan mencoba. (aryadji/berdesa).

Foto: www.cdns.klmg.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here