Begini Cara UKM Mendapatkan PIRT

1
3639

BERDESA.COM-Jika Anda adalah pelaku UKM berskala rumah tangga yang memproduksi makanan dan minuman maka Anda harus memiliki Nomor SP dan Nomor P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Ini adalah ijin yang Anda kantungi agar produk Anda bisa beredar dengan legal ke pasar yang Anda sasar.

Cara mendapatkan nomor PIRT adalah dengan mendaftarkan produk ke Dinas Kesehatan setempat. PIRT adalah syarat wajib bagi produksi makanan dan minuman yang memiliki keawetan di atas 7 hari. Nomor PIRT berlaku untuk 5 tahun dan harus diperpanjang. Sedangkan untuk makanan dan minuman yang hanya keawetannya kurang dari 7 hari hanya memiliki PIRT yang berlaku selama 3 tahun.

Izin PIRT ini harus dimiliki seorang produsen makanan dan minuman jika produk mereka mengandung bahan di bawah ini:

1. Susu dan hasil olahannya

2. Daging, ikan, unggas dan hasil olahannya yang perlu proses penyimpanan termasuk beku

3. Makanan kaleng

4. Makanan bayi

5. Minuman beralkohol

6. AMDK (Air Minum Dalam Kemasan)

7. Makanan / Minuman yang wajib memenuhi persyaratan SNI

8. Makanan / Minuman yang ditetapkan oleh Badan POM.

Baca Juga  Mandiri Craft: Terus Bangkit Bersama Disabilitas

Jika produk Anda mengandung bahan salahsatu di atas maka PIRT wajib Anda urus dengan datang ke Dinas Kesehatan di Kabupaten/Kota Madya tempat Anda tinggal lalu mengisi formulir yang sudah tersedia di sana. Jangan lupa:

1. Fotokopi KTP

2. Pas Foto 3×4 sebanyak 3 lembar

3. Ke Puskesmas wilayah lokasi produksi untuk pemeriksaan kesehatan dan sanitasi

4. Mengikuti penyuluhan untuk mendapatkan SP. Penyuluhan ini berlangsung beberapa bulan sekali tergantung peserta dan tiap kabupaten berbeda tergantung kebijakan lokal.

5. Menyertakan hasil uji laboratorium. Dinas Kesehatan yang akan menentukan / menyarankan laboratorium untuk pengujian.

Kalau sudah mengantungi perijinan ini, maka produk makanan dan minuman Anda bakal dinyatakan tidak berbahaya dikonsumsi dan bisa beredar di pasaran.

Perijinan ini sangat penting karena menyangkut kesehatan dan keselamatan orang lain. Banyak kasus yang menunjukkan kecerobohan produsen makanan atau para penjualnya sehingga mengakibatkan korban. Jangan sampai kita menjadi penyebab kejadian mengerikan seperti itu. Maka, urus PIRT-mu sekarang.(dji-1/dari berbagai sumber)

Foto: www.solopos.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here