Cara Ternak Love Bird Paling Mudah Untuk Pemula

0
113
Cara Ternak Love Bird

Banyak sekali orang yang mengagumi burung love bird, bahkan sampai mengeluarkan uang jutaan rupiah demi bisa memilikinya dan memeliharanya. Jika anda juga merupakan orang serupa yang mengagumi love birds, supaya tak melulu hanya mengeluarkan uang terus, ada baiknya anda juga belajar cara ternak love bird yang baik dan benar supaya bisa memutar keuangan anda.

Konon, burung ini dinamai love bird karena hidupnya selalu berdampingan dan hanya memiliki satu pasangan sepanjang hidupnya. Spesiesnya memiliki warna – warna yang cerah dan enak dipandang mata dan termasuk ke dalam jenis burung paruh bengkok. Hal tersebutlah yang banyak menjadi alasan seseorang suka memelihara love bird.

Jika anda pemula, tenang saja, cara ternak love bird ini mudah kok dan pastinya tidak akan sesulit seperti yang ada bayangkan sekarang. Sudah penasaran dengan caranya bukan? Berikut ini adalah pembahasannya.

  1. Siapkan kandangnya lebih dulu

Sama halnya seperti manusia, burung pun juga butuh tempat tinggal yang nyaman. Nah, untuk membuat tempat tinggal yang nyaman tersebut, anda bisa membuatkannya atau memberikannya kandang dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran standar.

Baca Juga  Meraup Untung Melalui Tepung Mocaf

Ukuran yang disarankan adalah berkisar di 20 cm x 20 cm x 25 cm. Jangan lupa juga tambahkan ranting dan dedaunan kering di sekitar kandang supaya sedikit menyerupai habitat aslinya.

  1. Belilah sepasang love bird untuk dijodohkan

Ini adalah tahap awal cara ternak love bird yang wajib untuk anda lewati. Saat membeli sepasang love bird, janganlah asal, pastikan kualitas untuk sepasang love bird tersebut bagus. Pastikan juga bahwa umur love bird jantan yang anda miliki sedikit lebih daripada umur betina, karena biasanya love bird jantan lebih mendominasi.

  1. Kenali cara mengawinkan Love bird yang benar

Ketika anda sudah membeli love bird, maka jangan langsung menyatukan mereka menjadi satu kandang, sebab love bird yang siap kawin adalah love bird yang sudah berusia minimal 1 tahun. Love bird yang sudah siap kawin juga bisanya sering membentangkan sayapnya dan membentangkan ekornya ke atas serta menggosok – gosokan pantatnya ke sangkar.

Jika love bird yang anda miliki sudah menunjukan ciri – ciri tersebut, berarti mereka sudah siap untuk dikawinkan. Cara mengawinkannya pun mudah, cukup satukan keduanya dalam satu sangkar dan kerodong saja mereka selama satu hari. Jika suasana di kandang menunjukkan ketenangan berarti mereka berdua cocok. Namun, jika ternyata malah bertarung, maka segeralah pisah dan cari love bird lain yang siap kawin.

  1. Berilah pakan secara rutin supaya love bird cepat bertelur

Ketika love bird sudah menemukan jodohnya, maka jangan lupa untuk memperhatikan pakan antara keduanya supaya bisa lebih cepat bertelur, sehingga anda bisa lebih cepat untuk menikmati hasil ternak tersebut. Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk love bird supaya bisa lebih cepat bertelur antara lain; telur, jagung muda, tulang sotong, biji matahari, toge, biji sawi, telur rebus dan buah – buahan segar.

  1. Lakukan antisipasi terhadap indukan love bird yang tidak mau mengerami

Beberapa love bird saat sudah bertelur ada yang tidak mau mengerami telurnya sendiri. Untuk mengantisipasi hal tersebut terdapat cara yang mudah untuk diterapkan yaitu dengan mendekatkan sarang telur yang tidak mau dierami tadi ke indukan lain yang sedang mengerami telurnya. Hal tersebut, bisa menjadi pancingan untuk indukan yang tidak mau mengerami telurnya tadi untuk melakukan hal yang serupa.

  1. Perhatikan Anakan Love Bird

Ketika love bird sudah mengerami telurnya hingga menetas, maka selanjutnya kita akan melakukan panen. Ketika love bird sudah menetas, tunggu mereka tenang hingga 14 hari lebih dulu. Setelah itu, anda bisa memisahkan antara indukan love bird dengan anaknya. Namun, anda juga harus menunggu anakan love bird tersebut keluar dari sarangnya untuk bisa mengambilnya.

Baca Juga  Usaha Gypsum di Desa, Untung Bersih Rp. 4 juta Perbulan Siapa Mau?

Setelah anakan love bird berhasil diambil, maka pindahkan mereka ke kandang baru dengan diberi lampu 5 watt. Perhatikan juga pola makannya serta gizinya. Makanan paling pas untuk anak love bird adalah pelet yang sudah dicampur dengan air hangat sehingga bisa dengan mudah untuk diseduh. Anda juga bisa memberikannya bubur bayi dan menyuapinya setiap 4 jam sekali.

Seperti itulah cara ternak love bird yang bisa anda lakukan dengan mudah, biarpun anda masih pemula dalam usaha budidaya. Semoga artikel ini bermanfaat!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here