Cara Ternak Ayam kampung di Tengah Pandemi

0
955
ayam

Ayam merupakan kebutuhan pokok yakni pangan, sehingga permintaan ayam cenderung tinggi karena merupakan salah satu kebutuhan pokok. Nah, bagaimana cara ternak ayam kampung di tengah pademi saat ini? apakah semakin banyak permintaan atau malah permintaan semakin menurun. Mas Haris menceritakan pengalamannya tentang berternak ayam kampung sebagai salah satu bisnis ukm andalan nya, ia memulai bisnis peternakannya dengan berternak ayam broiler di Yogyakarta dan selanjutnya ia berubah menjadi peternak ayam kampung. Setelah bisnisnya cukup besar ia mulai menjajaki pasar di daerah bekasi. Ia menyuplai ayam kampung ke beberapa supermarket, restoran, dan warung makan di wilayah bekasi dan sekitarnya. Saat pandemi seperti sekarang menyebabkan permintaan menurun khususnya pada masa awal-awal masuknya virus corona di Indonesia sekitar bulan maret.

berikut adalah tips-tips bisnis Cara ternak ayam kampung di tengah pandemi saat ini:

  • Kenali mitra-mitra yang kita miliki.

Mitra-mitra dalam bisnis ternak ayam kampung diantaranya adalah supermarket-supermarket, restoran, catering, warung soto, rumah makan, dan mitra lainnya. Mitra-mitra inilah yang nantinya akan menentukan kita supply kebutuhan ayam kampung mereka. Saat pandemi seperti sekarang mitra-mitra yang memiliki permintaan ayam kampung yang meningkat salah satunya adalah catering dan supermarket hal ini dikarenakan orang-orang cenderung makan dan masak di rumah. Selain itu ada pula mitra peternak lain yang harus kita perhatikan karena mereka pula yang nantinya akan menyiapkan pasokan ayam kampung ke kita apabila peternakan kita tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar.

  • Tawarkan produk olahan beku (Frozen)
Baca Juga  Bukan Tidak Bisa, Tapi Malas Mengubah Gaya! Inilah Tiga Hal Sepele Yang Bisa Pengusaha Pemula Lakukan

Produk olahan beku merupakan salah satu solusi untuk menjual variasi produk dari peternakan ayam kampung. Olahan beku dapat dilakukan dengan memberikan produk-produk olahan yang siap masak sehingga ibu rumah tangga dapat memasak ayamnya dengan cepat. Yang perlu diperhatikan saat menjual produk frozen adalah racikan bumbu dan resep yang cocok bagi pasar.

  • Manfaatkan grup-grup relasi

Grup-grup relasi kita di media sosial saat ini sudah hampir pasti dimiliki oleh setiap orang. Grup seperti whatsapp kantor atau grup alumni bisa menjadi pasar bagi kita, di grup ini kita dapat menawarkan berbagai produk kita. Pada saat pandemi ini orang cenderung lebih percaya kepada produk yang dijual oleh orang yang dikenalnya sehingga kita perlu meyakinkan para teman-teman kita tentang produk yang kita jual. Kita dapat menjual produk ayam dari karkas hingga produk olahan frozen ayam kampung lainnya.

  • Gunakan sistem pre-order

Dengan menggunakan sistem pre-order kita akan lebih mudah memahami pasar dan bagaimana bentuk permintaan pasar terhadap produk yang kita jual. Pada produk yang kita miliki seperti ayam kampung, kita dapat membuka pre-order ke berbagai lingkungan sehingga kita dapat menyiapkan ayamnya terlebih dahulu dan nantinya kita akan dapat menjual dengan pasti produk yang kita miliki.

  • ┬áKenali calon konsumen
Baca Juga  Mainan Kayu Kreatif dari Selatan Jogjakarta

Setiap konsumen memiliki spesifikasi khusus, spesifikasi khusus dari ayam yang diminta oleh konsumen dapat berbeda-beda. Dengan mengenal spesifikasi ayam kampung yang diminta maka kita dapat menentukan harga mana yang cocok. Contoh spesifikasi dari ayam kampung yang diminta konsumen adalah ukuran, bobot dan kualitas ayam. Selanjutnya juga perlu diperhatikan bagaimana permintaan calon konsumen tersebut, apakah setiap hari, seminggu sekali, atau bahkan hanya sebulan sekali.

  • Pandai mengelola produk yang ditolak

Terkadang tidak semua produk yang kita tawarkan dapat diterima oleh konsumen, salah satu penyebabnya adalah tidak memenuhi spesifikasi yang mereka inginkan. Oleh karena itu penting untuk mengelola produk yakni ayam kampung kita yang ditolak atau dikembalikan oleh konsumen. Misalnya ayam kita ditolak oleh supermarket, maka kita dapat menawarkan ayam tersebut ke catering, tukang soto, atau warung makan.

Nah, itulah tadi sharing pengalaman Cara ternak ayam kampung di tengah pandemi dari Mas Haris selaku peternak ayam kampung yang beroperasi di sekitar wilayah bekasi. Apabila ingin berbagi tentang peternakan ayam kampung, teman-teman bisa membagikannya di kolom komentar ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here