Step by Step Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

0
406
Cara Memulai Bisnis Online

Di samping menjalani pekerjaan utama, banyak orang yang menjalani usaha sampingan. Salah satu jenis usaha yang paling sering dipilih adalah bisnis online. Selain mudah dilakukan, jenis bisnis yang satu ini juga bisa menggunakan modal yang minim. Nah, jika Anda tertarik untuk join bisnis online, pastikan untuk mengikuti panduannya pada artikel ini.

Tentu saja menjalankan bisnis online tidak sama dengan bisnis lainnya. Ada banyak hal baru yang mesti Anda pelajari. Untuk memandu Anda memulai usaha ini, sebaiknya simak step by step-nya di bawah ini!

  1. Temukan Ide Produk

Pastinya, dalam menjalankan bisnis online, Anda harus mengumpulkan semangat terlebih dahulu. Namun, kadang kala, setelah semangat membara, malah kebingungan untuk menentukan ide produk yang akan dijual. Nah, untuk itu, Anda harus menerapkan cara join bisnis online yang pertama, yakni dengan mencari apa yang dibutuhkan masyarakat.

Baca Juga  Cara Meyakinkan Keluarga Mengenai Hebatnya Pekerjaan di Dunia Internet

Jadilah problem solver atau perantara untuk solusi dari permasalahan orang lain. Selain itu, tukar lah manfaat yang Anda beri sebagai transaksi yang saling menguntungkan satu sama lainnya.

  1. Pilih Produk Yang Dapat Dijual Online

Sebaiknya, Anda juga memilih produk yang dapat dijual secara online. Nah, beberapa jenis barang tersebut adalah produk fisik, jasa, serta produk virtual atau digital. Untuk produk fisik, beberapa rekomendasinya adalah obat, sabun, jam tangan, fashion item, dan sebagainya. Sedangkan untuk jasa, bisa menawarkan jasa membuat vektor, logo, artikel, dan sebagainya tergantung dengan skill yang Anda miliki.

Untuk produk digital yang dapat Anda pertimbangkan diantaranya pulsa, paket data, e-book, produk informasi, software, serta kursus online. Pastikan Anda memiliki gambaran atas rencana join bisnis online. Pahami juga pola pemasaran online agar usaha Anda semakin lancar.

  1. Membuat Olshop atau Website

Selanjutnya, buat lah toko online untuk menjual berbagai produk Anda. Manfaatkan juga marketplace serta media sosial untuk mencapai target market yang lebih luas. Jika usaha Anda sudah serius, maka sebaiknya buat lah website khusus untuk memperkenalkan produk Anda. Website tersebut juga bisa menjadi rujukan bagi para pembeli untuk mengenal lebih jauh tentang produk tersebut.

Baca Juga  Sulit Mencari Perlengkapan Hidroponik, Temukan di Sini

Untuk berbagai marketplace dan media sosial yang dapat Anda rambah sebagai media pemasaran diantaranya Line, WhatsApp, Telegram, Facebook, Twitter, Instagram, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan masih banyak lagi.

  1. Melakukan Promosi Secara Online

Step ke-empat yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan promosi. Kegiatan ini bertujuan untuk memeroleh kunjungan atau trafik pada website. Cara memulainya adalah dengan memanfaatkan situs sosial media.

Langkah ini merupakan cara yang paling cepat agar informasi bisnis Anda bisa tersebar. Terlebih apabila Anda memiliki followers dan teman yang banyak. Setelah itu, pajang lah produk atau jasa pada situs direktori bisnis seperti marketplace dan Kaskus.

Untuk langkah yang lebih advance, maka gunakan teknik SEO, Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads.

  1. Membangun Sistem

Salah satu kunci yang mesti Anda asah agar usaha bisa dimulai adalah dengan selalu mengasah kemampuan untuk menjual barang. Akan tetapi, membangun bisnis ini juga memiliki arti membangun sistem. Dengan begitu, maka bisnis Anda pun akan bisa menjadi suatu aset.

Baca Juga  Peluang Usaha Baru Yang Ramai Pelanggan, Namun Masih Sepi Pesaing 2021

Maksud dari membangun sistem adalah apabila owner memutuskan untuk tidak aktif lagi pada usaha yang telah dirintis, maka penghasilan bisa tetap masuk atau dalam kata lain bisa mendatangkan passive income.

Demikian pembahasan mengenai cara join bisnis online bagi pemula. Perhatikan setiap step-nya dan jangan cepat menyerah. Sebab, kunci menjadi pengusaha yang sukses adalah berani berspekulasi dan berani gagal berkali-kali. Selamat berbisnis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here