Ini Dia Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Yang Wajib Anda Ikuti

0
291
Cara Memulai Bisnis Online

Bisnis online saat ini banyak dipilih oleh para pengusaha hingga para karyawan sebagai usaha sampingan. Bahkan, ibu rumah tangga hingga pelajar juga ketagihan melakoni bisnis ini. Bisnis online memang mudah untuk dijalankan serta tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Meski begitu, bagi pemula pastinya masih bingung bagaimana cara memulai bisnis online dari nol.

Untuk menjawab kebingungan Anda, kami menghadirkan artikel cara memulai bisnis online dari nol. Artikel ini akan memandu Anda membuka usaha dengan pemasaran daring yang pastinya mudah dipahami. Langsung saja

Berikut Langkah-Langkahnya Memulai Bisnis Online :

  1. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Cara memulai bisnis online dari nol yang pertama adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu. Anda dapat melakukan riset online mengenai produk yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Caranya dengan mencari kata kunci (keyword) di Google. Ini juga kerap disebut sebagai riset keyword.

Semakin banyak orang yang mencarinya, maka artinya produk tersebut sangat dibutuhkan masyarakat. Akan tetapi, persaingannya juga akan sangat ketat. Sebab, sudah pasti ada banyak orang yang berpikiran serupa. Untuk itu, pikirkan mengenai produk yang akan dijual dengan baik.

Baca Juga  Tak Perlu Susah Mencari Kerja, Peluang Usaha Desa ini Bisa Jadi Alternatif Penghasil Pundi Uang

Maka dari itu, Anda dapat menjual dua tipe produk yakni yang sedang nge-trend. Serta sesuatu yang sifatnya long time yang selalu dibutuhkan masyarakat tidak peduli musim.

  1. Memilih Sistem Jualan

Dunia digital ini tentu saja sangat memudahkan banyak orang untuk menjual produknya. Nah, di dunia online ini, Anda bisa memilih beberapa sistem berjualan. Baik berupa dropship atau reseller. Anda juga bisa menjadi supplier jika memang memiliki banyak modal.

Untuk sistem dropship, Anda sebaiknya berhati-hati dan cemat dalam memilih distributor. Pastikan distributor Anda memiliki kredibilitas yang tinggi. Sebab, nantinya, Anda yang akan menerima keluhan apabila kualitas barang yang dikirim kurang baik dan tidak sesuai dengan deskripsi produk yang ditawarkan.

  1. Membuat Website

Setelah Anda menentukan sistem penjualannya, maka Anda bisa mulai membuat website. Disini, website berfungsi untuk menjadi etalase bagi produk yang Anda jual di dunia online. Website adalah pusat untuk aktivitas bisnis online yang Anda lakukan.

Selain itu, website juga akan menjadi penyimpanan data konsumen yang akan Anda butuhkan suatu saat nanti. Pembeli juga bisa memilih produk dengan leluasa di website yang Anda bangun. Pun, akan mendapatkan informasi mengenai produk yang diinginkan dengan lebih detail.

  1. Membuka Jaringan Media Sosial

Jika Anda sudah membangun website, dan semua produk yang dijual sudah diposting maka, Anda pun dapat mulai menyebarkannya. Anda dapat mempromosikan melalui media sosial. Nah, medsos ini juga merupakan promosi gratis yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga  Manisnya Peluang Budidaya Jambu Air Manis Madu, Begini Cara Mendapatkan Peluangnya

Anda dapat membuat akun sesuai dengan nama toko online Anda. Sebaiknya, Anda masuk ke berbagai platform media sosial mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, dan juga Youtube.

  1. Menyebarkannya di Marketplace

Perluas area pemasaran produk dengan merambah ke marketplace. Anda bisa memilih Tokopedia, Bukalapak, maupun Shopee. Platform e-commerce tersebut akan membantu pelaku usaha untuk menemukan pembeli yang potensial.

Marketplace bisa mendongkrak pengenalan website Anda. Juga menjadi sarana untuk membuat masyarakat sadar dengan adanya produk Anda. Pastikan juga produk yang terpampang di marketplace mengarahkan calon pembeli ke website Anda.

  1. Membuat Rekening Khusus Bisnis

Banyak yang masih salah kaprah ketika menjalankan bisnis. Dimana rekening pribadi dengan bisnis dicampur begitu saja. Hal remeh ini ternyata sangat menyulitkan usaha untuk maju. Sebab, Anda tidak tahu berapa besar penghasilan dari bisnis ini. Untuk itu, buat lah rekening yang terpisah.

  1. Berkomitmen untuk Berjualan

Hal yang tidak kalah penting dalam cara memulai bisnis online dari nol adalah dengan berkomitmen tinggi menjalankan bisnis ini. Meskipun Anda mempunyai kesibukan lain seperti berangkat ke kantor, tetapi Anda harus selalu berkomitmen untuk meluangkan waktu menjalankan bisnis ini.

Baca Juga  5 Ciri Peluang Usaha Yang Potensial Untuk Mendatangkan Keuntungan

Setidaknya 3 sampai 4 jam saja, Anda luangkan waktu untuk mengurus bisnis online ini. Lakukan hal ini secara konsisten, maka kesuksesan menunggu Anda. Manfaatkan juga akhir pekan untuk menjalankan bisnis online. Sebab, bisnis ini akan terus berjalan selama 24 jam x 7 hari.

Demikian panduan cara memulai bisnis online dari nol. Ikuti setiap step-nya dan nikmati prosesnya. Sebab, begitu memulainya Anda tidak akan langsung mendapatkan banyak keuntungan. Namun, bertahap dan akan berkembang seiring berjalannya waktu. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here