Cara Melawan Takut Gagal Agar Sukses Membangun Bisnis

0
1867

BERDESA.COM – Siapa yang tak ingin sukses membangun bisnis? Tapi jangan salah, para pengusaha bergaji ratusan juta itu bukan mendapatkan sukses membangun bisnis dengan mudah. Bahkan, tak ada orang yang tak pernah mengalami kegagalan. Masalahnya, kegagalan bisnis adalah hal yang sangat mengerikan dan bisa menimpa siapapun yang ingin sukses membangun bisnis. Bagaimana cara menghadapi ketakutan akan kegagalan sehingga menjadi mantap hati membangun bisnis.

Berikut ini beberapa keyakinan yang harus Anda tanamkan dalam pikiran Anda agar cita-cita menjadi pengusaha bisa Anda wujudkan:

  1. Segala hal memiliki resiko

Bukan hanya bisnis yang mengandung resiko gagal yang mengerikan itu. Segala hal di dunia ini mengandung resikonya masing-masing. Jadi sesungguhnya, resiko yang terkandung dibalik bisnis hanyalah salahsatu hal saja dan itu belum tentu terjadi jika Anda menjalankan bisnis dengan sungguh-sungguh dan berhati-hati. Salah besar jika Anda pikir menjadi orang kaya berarti semuanya lebih mudah. Sebaliknya, orang sukses membangun bisnis adalah buah dari kerja kerasnya bertahun-tahun dan untuk menjaganya orang yang dianggap sukses itu harus terus bekerja keras menjalankan usahanya dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja. Maka jika Anda tetap saja takut dengan resiko kegagalan maka sebaiknya berhentilah bermimpi menjadi pengusaha sukses.

  1. Resiko seringkali lebih besar dari perkiraan kita
Baca Juga  Jurus Ampuh Memperluas Jaringan Bisnis

Bahkan ketika Anda merasa sudah merencanakan segala kemungkinan dan menakar resiko kegagalan yang mungkin bakal menimpa Anda, ketika bisnis mulai Anda jalankan, ternyata resiko yang Anda bayangkan belum seberapa dengan kenyataan yang sedang Anda hadapi.  Maka dunia bisnis memang butuh seorang dengan mental baja menghadapi kegagalan dan setiap tantangan yang ada. Tetapi percayalah, setiap kali Anda berhasil menghadapi tantangan resiko dan bisa melewatinya maka kemampuan Anda dalam berbisnis bakal bertambah dengan drastis pula. Ke depan, pengalaman itu membuat Anda jauh lebih siap menghadapi resiko apapun

  1. Anda sendirilah yang akan menghadapi resiko

Satu hal yang Anda harus hadapi jika kegagalan datang adalah Anda sendirilah yang bakal menanggungnya. Anda tidak bisa mengalihkan beban pada orang lain. Makanya, jangan setengah-setengah dalam menjalani usaha, Anda harus benar-benar teguh mental menjalankannya. Soalnya, jika bisnis Anda mulai berbuah sukses, Anda pula yang bakal menikmatinya.

  1. Sebenarnya bukan kegagalan yang paling mengerikan

Bahwa kegagalan adalah sesuatu yang mengerikan, semua orang sudah paham. Tetapi sebenarnya kegagalan apapun dalam bisnis tak perlu ditakuti karena tak ada orang yang tak pernah gagal, sehebat apapun bisnis-nya hari ini. Lagipula, bisnis mengandung banyak rasional sehingga sebenarnya kegagalan bisnis bukanlah sesuatu yang tak bisa dihindari atau diantisipasi.

Baca Juga  Cara Membangun Bisnis Sukses Meski Belum Punya Kepercayaan

Nah, yang paling mengerikan sebenarnya bukan kegagalan itu melainkan jika Anda kehilangan semangat untuk bangkit, itu jauh lebih mengerikan. Kehilangan semangat untuk bangkit bakal membuat Anda jauh lebih terpuruk dan tak akan mendapatkan banyak pengetahuan dan kemampuan baru dalam usaha. Kehilangan semangat untuk bangkit hanya akan membawa Anda pada ketidakberdayaan dan menghancurkan semangat hidup.

Maka apapun resiko yang dihadapi tak perlu ada alasan untuk takut. Kehati-hatian dan kerja keras adalah beberapa cara yang akan membuat Anda tidak perlu kawatir gagal. Tetapi yang pasti, jika Anda memiliki semangat yang besar untuk terus maju dan berkembang, kegagalan apapun bukan lagi hal yang mengerikan. Jadi, kenapa takut gagal? (aryadjihs/berdesa)

Foto: www.sleekr.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here