Cara Budidaya Tanaman Vanili Yang Menguntungkan

0
369
Budidaya Tanaman Vanili

Seperti yang kita tahu, tanaman vanili adalah salah satu jenis tanaman yang terkenal dengan harganya yang mahal. Maka dari itu, memang benar adanya jika budidaya tanaman vanili bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Produk dari olahan tanaman vanili ini biasanya berupa bubuk vanili, yang mana sering digunakan untuk membuat kue.

Selain itu, aroma vanili yang khas juga sering dijadikan untuk aroma essential oil. Tanaman vanili memiliki bentuk yang mirip dengan kacang polong. Tanam vanili sendiri juga merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi orang, karena mengandung banyak vitamin dan serat, serta vitamin A, B, dan E. Ditambah lagi, tanaman ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bisa mencegah kanker.

Dewasa ini, tanaman vanili sedang dibudidayakan di 25 provinsi di Indonesia dan tersedia dalam berbagai varietas. Supaya budidaya tanaman vanili bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain

  1. Iklim

Tanaman ini cocoknya ditanam pada tempat yang memiliki iklim tropis dan subtropis. Tentunya iklim tersebut sangat cocok di Indonesia, itulah mengapa tanaman ini banyak dibudidayakan di Indonesia, bahkan hingga ke 25 provinsi.

  1. Ketinggian Tempat dan Temperature

Ketinggian tempat paling maksimal supaya tanaman vanili bisa berkembang dengan baik adalah 400 – 700 m. Lalu, temperature yang harus dipenuhi adalah rata – rata 22 derajat celcius hingga 25 derajat celcius. Dilihat dari syarat tersebut, tampaknya pulau Jawa lah yang paling cocok untuk tumbuh kembang tanaman vanili tersebut.

  1. Curah Hujan dan Kelembaban Udara

Tanaman vanili memerlukan waktu hingga 3 bulan hanya untuk sebuah proses pemasakan buah dengan kualitas yang baik. Maka dari itu, saat kurun waktu tersebut, tanaman vanili wajib untuk dijaga dengan baik dengan cara membuatnya tetap kering selama proses pemasakan buah.

Baca Juga  20 Peluang Usaha Rumahan di Desa Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

Ketika sudah memasuki periode 8 -10 bulan, vanili mulai melakukan proses pertumbuhan dan pembentukan buah. Idealnya, curah hujan yang seharusnya diperlukan tanaman vanili untuk bisa berkembang dengan baik adalah antara 2000 – 3000 mm/tahun dengan perpaduan kelembaban 80%

  1. Tanah

Jenis tanah yang disukai tanaman vanili adalah tanah yang humus dengan struktur yang baik, begitupun dengan drainase dan irigasinya. Selain itu, tanaman vanili juga memerlukan tanah yang bersifat gembur supaya akar tanaman bisa dengan mudah menembus tanah tersebut. Hal tersebut dikarenakan tanaman vanili memiliki akar tanaman yang dangkal. Sehingga ketersediaan bahan organik untuk tanah sangatlah penting

  1. Nutrisi Tanah

Tanaman vanili membutuhkan tanah yang bernutrisi untuk bisa tumbuh dengan baik. Nutrisi yang dibutuhkan adalah Ca (kalsium), yang mana biasanya berasal dari batuan kapur. Selain itu, pH tanah juga perlu diperhatikan. pH tanah yang ideal untuk tanaman vanili adalah berkisar antara 6 – 7. pH tanah di angka tersebut membuat vanili terlindungi dari kemungkinan penyakit busuk batang.

Baca Juga  Ingin Menjadi Suplier, Website Ini Buka Peluang Usaha Itu

Maka dari itu, perhatikan benar – benar nutrisi tanah yang ada seperti fosfor, magnesium, kalsium serta natrium, karena hal tersebut sangat menentukan pertumbuhan tanaman vanili.

  1. Mengolah Tanah

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, vanili menyukai tanah yang gembur dan berhumus. Oleh karena itu, hendaknya tanaman vanili juga diberikan tanaman yang gembur sehingga layak sebagai tempat mereka tumbuh dan berkembang.

Untuk mendapatkan hasil tanah yang gembur dalam budidaya tanaman vanili, diperlukan pengatapan tanah lebih dulu. Salah satu yang paling penting adalah dilakukannya tanaman panjatan, yang mana bisa menyelaraskan waktu tanam.

  1. Tanaman Pelindung atau Panjatan

Vanili merupakan tumbuhan yang tidak suka intensitas cahaya matahari yang terlalu besar. Idealnya, mereka hanya memerlukan intensitas cahaya matahari sebesar 35 – 55 %. Maka dari itu, anda perlu menanam tanaman pelindung yang melebihi tinggi vanili supaya bisa sedikit meredam intensitas cahaya matahari jika terlalu tinggi.

Selain itu, vanili juga membutuhkan tanaman panjatan. Tanaman panjatan tersebut berguna untuk tempat merambat tanaman vanili. Tanaman panjatan yang dianjurkan adalah seperti pohon sengon, lamtoro dan sebagainya.

Baca Juga  Peluang Usaha Ternak Bebek Petelur Untuk Pemula

Itulah syarat – syarat sederhana yang harus dipenuhi supaya budidaya tanaman vanili bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan lancar. Semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here