Ide Cerdas Budidaya Tanaman Yang Menguntungkan dan Mudah Dilakukan

0
1675

Jika kamu merupakan salah satu orang yang hobi bercocok tanam, tahukah anda? Bahwa hobimu tersebut ternyata bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan loh. Bahkan kamu memiliki kesempatan untuk menjadi jutawan. Budidaya tanaman yang menguntungkan ini kerap kali diabaikan oleh kebanyakan orang dan kebanyakan dari mereka hanya melakukan untuk mengisi waktu luang.

Padahal, jika kamu serius, budidaya tanaman yang mudah itu bisa mendatangkan keuntungan yang sangat banyak loh. Kuncinya hanya satu, yaitu kamu harus bisa memilih tanaman yang tepat. Di masa pandemi seperti ini, budidaya tanaman juga bisa menjadi kegiatan produktif yang bisa dilakukan di rumah. Lalu apa saja tanaman yang tepat untuk dijadikan bisnis budidaya tanaman yang menguntungkan ini? Berikut adalah ulasannya.

Budidaya Tanaman Yang Direkomendasikan

  1. Tanaman Cabai

Cabai adalah bahan makanan yang hampir tak pernah lepas dari kehidupan orang Indonesia. Saat harga cabai melambung pun, permintaan cabai tidak pernah turun dan selalu tinggi. Itulah mengapa, budidaya tanaman cabai bisa menjadi salah satu peluang yang menguntungkan. Dibalik rasa pedasnya yang nikmat, ternyata keuntungan yang diberikan dari tanaman ini tidak bisa dibilang remeh. Berikut adalah alasannya, kenapa budidaya tanaman cabai sangat menguntungkan

  1. Permintaan cabai sangat tinggi
  2. Harga cabai bisa melejit sangat tinggi pada saat – saat tertentu dan permintaan tetap tinggi
  3. Cara menanamnya mudah, bisa menggunakan pekarangan rumah.
Baca Juga  Beberapa Cara Membangun Gerakan Cinta Produk Indonesia

 

  1. Budidaya Tanaman Tomat

Tomat juga merupakan salah satu jenis tanaman yang disukai oleh kebanyakan masyarakat Indonesia dengan permintaan yang selalu tinggi setiap saat. Seringkali tanaman tersebut digunakan sebagai bahan untuk membuat sambal yang sering kita sebut sebagai sambal tomat.

Budidaya tomat juga tidak perlu lahan yang luas, bahkan kamu bisa hanya menaruh tanaman tersebut di dalam pot. Kamu hanya perlu memastikan bahwa tanahnya adalah tanah subur dan pastinya berkualitas dan pastikan juga bibitnya bagus.

Untuk perawatannya, kamu bisa menyirami tomat tersebut setiap hari, lalu jika ada tanaman parasit segera cabut tanaman parasit tersebut supaya pertumbuhan tomat bagus. Lalu. siapkan pula bambu di samping tanaman sebagai media merambat untuk tanaman tomat yang kamu tanam.

  1. Bawang Merah

Siapa yang tak butuh bumbu dapur ini? Setiap orang membutuhkannya, bahkan hampir setiap hari. Budidaya bawang merah, jelas menjadi salah satu jenis budidaya tanaman yang menguntungkan. Untuk menanam bawang merah, kamu juga tidak perlu ribet – ribet. Cukup siapkan lahan kosong di sekitar pekarangan rumah untuk menanamnya.

Baca Juga  Cara Mudah Budidaya Jamur Tiram Putih Untuk Pemula

Jika menurut anda menanam di tanah secara langsung terlalu merepotkan, kamu juga bisa menaruhnya di dalam pot. Mudah sekali bukan? Kamu hanya perlu menyiraminya pada pagi atau sore hari, letakkan pada tempat yang banyak menerima sinar matahari dan pastikan tanaman tersebut tidak terkena air hujan.

  1. Tanaman Bayam

Bayam merupakan sayuran yang sangat populer di Indonesia. Sayuran ini, kerapnya dikonsumsi oleh para wanita dan anak – anak untuk menunjang pertumbuhan mereka. Untuk menanam bayam, anda tidak perlu memiliki lahan yang luas. Anda juga bisa menggunakan polybag sebagai media untuk menanam. Yang terpenting saat menanam bayam hanyalah anda harus menyiapkan lebih dulu polybag, pupuk kompos, dan bibitnya.

  1. Tanaman Sawi

Ada 4 jenis sawi yang kerap dibudidayakan di Indonesia yaitu sawi hijau biasa, sawi hijau pahit, sawi minyak dan sawi berdaun lebar. Dari empat jenis sawi tersebut, cara menanamnya adalah sama semua. Sawi adalah tanaman yang mudah untuk dibudidayakan, karena tanaman tersebut bisa dengan mudah hidup di segala iklim dan cuaca. Kamu hanya memerlukan tanah yang lembab untuk membudidayakan tanaman ini.

Baca Juga  7 Tips Ternak Kelinci Pedaging Agar Hasil Maksimal

Itulah berbagai jenis tanaman yang bisa menjadi referensi anda untuk memulai bisnis budidaya tanaman yang menguntungkan. Cara mengolah budidaya tanaman di atas tergolong simple dan mudah untuk dilakukan oleh pemula.

Selain itu, semua jenis tanaman di atas juga merupakan jenis tanaman yang permintaannya setiap saat selalu tinggi. Jadi jika anda memutuskan untuk melakukan salah satu antara kelima budidaya tanaman tersebut, anda tidak usah takut tanaman anda tidak laku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here