Budidaya Tanaman Hias Yang Sedang Ngetrend Untuk Pemula

0
153
Budidaya Tanaman Hias

Memiliki halaman dengan tanaman hias selalu diinginkan oleh setiap orang. Apalagi saat pandemi yang membatasi aktivitas, pastinya muncul ide untuk budidaya tanaman hias secara mandiri di rumah. Hitung-hitung untuk mengisi waktu dan mumpung banyak sekali waktu luang.

Berkebun dengan konsep budidaya bisa menjadi hobi yang menyenangkan. Apalagi akhir-akhir ini tanaman hias kembali lagi menjadi trend dan memiliki harga yang lumayan tinggi. Nah, apa saja yang harus dilakukan bagi Anda yang baru melirik tanaman hias ini?

Pilih Tanaman Hias Sesuai Trend

Ada banyak sekali jenis dari tanaman hias yang dibudidaya. Namun, bagi para pemula lebih baik memilih tanaman hias yang sedang ngetrend saat ini. Selain mulai belajar cara menanam, Anda juga akan lebih bersemangat dengan adanya motivasi pada harganya yang cukup tinggi.

Tanaman hias yang sedang trend selalu banyak yang mencari. Tidak sedikit orang yang ingin memilikinya dengan instan tanpa harus repot-repot mulai menanamnya. Dengan Anda memilih tanaman hias yang ngetrend ini, pastinya Anda akan lebih banyak mendapatkan value.

Namun, jika Anda kesulitan dengan tanaman hias yang sedang naik daun, Anda bisa memilih tanaman hias yang timeless. Maksudnya tanaman-tanaman yang selalu memiliki daya tarik sampai kapanpun. Seperti tanaman anggrek, bonsai, sukulen, tanaman hiasan tanaman, dan lain sebagainya.

Pilih Tanaman Hias yang Sesuai Kebutuhan Sinar

Tanaman hias memiliki sensitivitas terhadap sinar matahari yang cukup tinggi. Selain itu, kelembaban juga harus diperhatikan dalam penempatan tanaman hias. Ada tanaman hias yang tahan terhadap sinar matahari yang terang, ada juga yang butuh cahaya redup. Begitu juga dengan sensitivitas kelembabannya.

Baca Juga  Pingin Sukses Usaha, Inilah 11 Pelajaran Penting Menuju ke Sana

Faktor tersebut membuat Anda harus berpikir peletakan yang tepat dari tanaman hias tersebut. Dengan memilih tanaman hias yang tepat sesuai dengan kondisi di rumah, maka Anda akan lebih mudah dalam menempatkannya dan membuat tanaman tersebut tetap tumbuh dengan sehat.

Berikut ini kriteria dari tanaman hias sesuai dengan sensitivitasnya terhadap cahaya:

  1. Tanaman Hias dengan Kebutuhan Cahaya Redup

Tidak semua tempat bisa mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Ada kalanya tempat-tempat tertentu kesulitan mendapatkan cahaya, seperti di rumah susun, perkampungan yang sempit, atau memang Anda ingin memberikan hiasan pada salah satu ruangan, namun kesulitan mendapat cahaya.

Untuk tanaman hias yang cocok untuk tempat-tempat yang redup ini misalnya adalah bambu hias, peace lily, spider plant, dan lain sebagainya.

  1. Tanaman Hias dengan Kebutuhan Cahaya Sedang

Untuk tempat-tempat yang bisa mendapatkan cahaya matahari cukup atau sedang, Anda bisa memilih tanaman hias seperti alocasia, begonia, wijaya kusuma, dan lain sebagainya.

Beberapa tanaman hias tersebut bisa ditempatkan dalam ruangan yang mendapat sinar matahari tidak langsung. Selain itu, tanaman-tanaman ini tidak membutuhkan suhu yang panas atau dingin.

  1. Tanaman Hias dengan Kebutuhan Cahaya Terang

Kategori tanaman hias butuh paparan sinar matahari langsung ini bisa diletakkan di halaman yang terbuka. Jenis-jenis inilah yang sedang trend pada saat ini, seperti sukulen, kaktus, asparagus, ferns, pohon ara, dan lain sebagainya.

Pilih Wadah Tanaman Hias yang Unik

Budidaya tanaman hias tidak lepas dari nilai-nilai estetika. Selain bentuknya yang memang enak dipandang, juga harus disesuaikan dengan wadah yang digunakan dalam pertumbuhannya.

Wadah-wadah tanaman hias yang unik ini contohnya adalah pot dengan bentuk dan motif yang menarik. Ada juga yang menggunakan wadah-wadah dari kayu, sabut kelapa, dan lain sebagainya.

Baca Juga  UMKM Harus Mencantumkan ini Pada Produk Makanan-Minumannya

Pilihan wadah juga harus sesuai dengan karakter dari tanaman hias. Proporsi antara ukuran, bentuk, motif, dan lain sebagainya sangat berpengaruh pada tampilannya.

Namun yang paling penting adalah bagaimana Anda memberikan wadah yang sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan tanaman. Jangan sampai malah wadah tersebut membuat tanaman rusak atau bahkan mati.

Penataan wadah juga harus disesuaikan dengan dekorasi yang ada. Apakah tanaman hias tersebut digantung, diletakkan di atas meja, rak, atau lainnya. Sehingga tanaman hias bisa menambah keindahan sesuai dengan fungsinya.

Perawatan Harus Dilakukan Dengan Baik

Perawatan menjadi kunci penting pada kesehatan tanaman hias. Perawatan tersebut dalam bentuk penyiraman yang rutin, pemupukan, hingga penggantian media.

Untuk penyiraman harus dilakukan secara rutin setiap hari. Minimal dalam sehari tanaman disiram pada pagi dan sore. Anda harus menggunakan air yang bersih dan menyiramkannya ke seluruh bagian tanaman, sehingga akan menghilangkan debu dan kotoran-kotoran yang menempel.

Namun Anda harus memahami kebutuhan air untuk tanaman hias. Karena ada tanaman yang membutuhkan banyak air, ada juga yang hanya butuh sedikit. Jika memang kebutuhan air hanya sedikit, Anda bisa memandikan tanaman hias tersebut dengan semprotan air.

Pemupukan juga harus dilakukan dalam periode tertentu. Pupuk standar yang dibutuhkan oleh setiap tanaman adalah NPK. Dengan pemberian pupuk ini, tentunya tanaman akan mendapatkan asupan tambahan makanan, dan penunjang pertumbuhan.

Penggantian media juga harus diperhatikan. Karena pada kurun waktu tertentu, media akan mengalami penyusutan akibat diserap oleh tanaman. Anda harus menggunakan media yang sesuai dengan kebutuhan tanaman, seperti tanah lengkap dengan pupuknya.

Pemangkasan untuk Tanaman Hias

Disebut dengan tanaman hias karena bentuknya yang indah dan juga unik. Semakin unik tanaman tersebut, tentunya juga semakin tinggi nilai jualnya.

Baca Juga  Jurus Ampuh Memperluas Jaringan Bisnis

Pemangkasan harus dilakukan pada bagian-bagian tanaman yang rusak, kering, atau mati. Bagian-bagian tersebut harus segera dihilangkan karena jika dibiarkan akan mengganggu bagian tanaman lainnya.

Pemangkasan pada tanaman berkuncup atau berbunga dilakukan saat bunga sedang mekar. Pangkas bagian daun yang melebihi tinggi kuncup atau bunga yang sedang mekar tersebut.

Namun, bagi tanaman yang tidak berkuncup atau berbunga, Anda bisa memangkasnya pada saat awal pertumbuhannya. Dengan pemangkasan tersebut, tanaman hias akan terbentuk sesuai dengan keinginan.

Manfaat Tanaman Hias

Budidaya tanaman hias di rumah sendiri ternyata membawa banyak sekali manfaat. Tidak hanya pada nilai jualnya yang tinggi, namun juga berpengaruh langsung pada pemiliknya.

Simak beberapa manfaat tanaman hias!

  1. Menjadi Air Purifier dan Air Humidifier yang Ekonomis dan Alami

Tanaman secara umum mampu menyeimbangkan kelembaban udara. Karena kandungan air dalam tanaman akan langsung merespon lingkungan sekitarnya. Selain itu, berbagai macam zat yang berbahaya di udara akan diserap tanaman dan difilter dengan baik.

Peletakan tanaman hias di ruangan tentunya akan menjadi air purifier dan air humidifier yang ekonomis dan alami.

  1. Mampu Meredam Kebisingan

Tanaman juga mampu meredam berbagai macam suara. Bahkan ada tanaman hias yang secara khusus mampu meredam dengan sangat baik suara dari luar, yaitu rubber plants dan weeping fig.

  1. Mengharumkan Ruangan

Tanaman hias, khususnya yang memiliki bunga beraroma wangi tentunya bisa menangkal berbagai macam bau tak sedap. Bahkan aroma bunga tersebut bisa membuat Anda merasa nyaman dan tidur lebih nyenyak.

Itulah cara budidaya tanaman hias bagi pemula yang bisa Anda coba sekarang juga. Selain sedang mahal-mahalnya, tanaman hias juga punya banyak manfaat bagi pemiliknya. (siapbisnis.net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here