BLT UMKM BPUM Tahap 2: Pelaku UMKM Yuk Segera Daftar

0
178

Bantuan langsung tunai terhadap UMKM tahap pertama saat ini telah disalurkan ke 9 juta lebih pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Angka ini akan terus bertambah hingga mencapai angka sekitar 12 juta penerima. Kementerian Koperasi UMKM mengungkapkan bahwa saat ini masih berada di persiapan BLT UMKM tahap ke-2 sehingga masih menyediakan waktu untuk para pelaku UMKM mendaftar.

BLT UMKM tahap 2 ini dikatakan sudah tinggal menunggu anggaran dari Kemetrian Keuangan.

Berdasarkan rapat KCPEN yang dilakukan beberapa waktu lalu, disebutkan anggaran yang telah dicairkan adalah Rp. 11,76 triliun dan disalurkan ke 8,9 juta penerima. Lalu jika merunut pada anggaran yang sebelumnya, maka masih ada sisa Rp. 3,6 triliun yang dipersiapkan ke 3 juta penerima tambahan untuk BLT UMKM tahap 2.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menuturkan bahwa para pelaku UMKM harus segera mendaftar di tahap kedua ini. “Bantuan Presiden (Banpres) atau bantuan langsung tunai (BLT) UMKM ini akan diberikan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro untuk tahun 2021. Bagi yang belum mendaftar, segera mendaftar agar bisa mendapat bantuan yang diberikan sebagai kompensasi dari dampak pandemi,” ungkap LaNyalla Mattalitti .

Baca Juga  Sosial Media Bagi UKM

LaNyalla menambahkan bahwa dalam proses pendaftaran nanti para pelaku UMKM bisa mendatangi para pengusul seperti Dinas Koperasi dan UKM, koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum, kementerian/lembaga, dan perusahaan pembiayaan lain yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar bisa dibantu diajukan untuk mendapat BLT UMKM tahap 2 ini.

Dalam proses pengajuan atau pendaftaraan ini, para pelaku usaha diharapkan untuk sudah mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan terlebih dahulu. Melihat animo dari masyarakat yang tinggi, maka sangat dianjurkan untuk semua berkas sudah siap. Jadi saat pendaftaran dapat berjalan dengan lancar tanpa perlu kerepotan menyusulkan berkas-berkas ataupun data-data.

Penyeleksian dari Kementerian Koperasi UMKM nantinya juga akan sangat ketat untuk mengurangi penyaluran yang salah sasaran. Maka para pelaku UMKM yang akan mendaftarkan sangat dianjurkan untuk mencari informasi selengkap-lengkapnya. Sehingga informasi yang didapat adalah informasi yang sangat akurat.

Ref. 1 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here