Begini Strategi Pemasaran untuk Membidik Konsumen Lokal

0
7490

BERDESA.COM – Banyak pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) bermimpi produknya mampu membidik konsumen hingga ke manca negara. Padahal sesungguhnya pasar lokal pun jika digarap dengan strategi pemasaran yang baik bakal mendatangkan kesuksesan besar bagi setiap pelaku UKM.

Membidik konsumen lokal tidak berarti kehilangan target non lokal. Bahkan ada baiknya Anda menguasai lebih dulu konsumen lokal. Langkah ini juga lebih sederhana dibanding langsung menembak pasar non lokal.  Bagaimana caranya menguasai pasar lokal, begini strategi pemasaran yang bisa Anda tempuh:

  1. Buatlah logo dan branding dengan baik

Logo adalah sebuah penanda yang sangat penting karena akan menciptakan identitas produk Anda. Branding yang baik mengenai logo juga akan menjamin produk menguasai pasar dengan baik. Contohnya, logo air mineral Aqua yang begitu kuat sehingga sebagian orang menyebut minuman mineral sebagai Aqua.

Tagline juga sangat penting dibuat. Tagline bukan hanya membuat produk menjadi gampang diingat tetapi juga menyampaikan pesan yang kuat bagi setiap konsumennya, misalnya tagline perusahaan Yamaha ‘Selalu Di depan’ yang mengandung makna Yamaha selalu memiliki langkah lebih maju dibanding merek lainnya. Sementara Honda menonjolkan hubungan antarkonsumen dan produsen sekaligus dalam tajuk ‘One Heart’.

  1. Gunakan Media Lokal
Baca Juga  10 Strategi Pemasaran UMKM Yang Bisa Kamu Terapkan

Media lokal seperti surat kabar dan radio sangat efektif untuk membantu Anda menguasai pasar lokal karena iklan di media ini bakal dilihat orang-orang lokal. Orang yang membacanya juga lebih bakal lebih mudah tertarik karena apa yang ditawarkan iklan itu berada tidak jauh dari tempat tinggalnya.

  1. Gunakan Papan Reklame

Meski internet telah menjamur dan semua orang terkoneksi tetapi reklame di pinggir jalan adalah strategi pemasaran yang tak akan lekang oleh jaman. Gunakan strategi pemasaran lewat papan reklame karena setiap orang pasti akan membacanya, suka atau tidak suka hingga akhirnya tertarik dan memberli produk Anda.

  1. Membagikan Brosur di Tempat Umum

Meski sering dituding sebagai cara tradisional tetap hingga hari ini masih dilakukan banyak perusahaan karena simpel dan efektif. Dari brosur yang terbagi ke ribuan orang minimal orang-orang menjadi tahu adanya produk Anda di kota itu.

  1. Sponsori Kegiatan Lokal

Usahakan bisa meluangkan anggaran atau peran untuk menjadi sponsor kegiatan lokal yang mengundang banyak orang. Dengan memajang logo perusahaan atau gambar produk dan tagline yang menonjol maka usaha atau produk Anda bakal dikenal orang karena terbaca dan masuk ingatan mereka. Inilah salahsatu alasan banyak perusahaan sangat antusias mendukung berbagai acara yang mendatangkan kerumunan orang.

  1. Ikuti Pameran-pameran
Baca Juga  Kenapa UKM Harus Go Online, Inilah Tiga Alasan Utamanya

Pameran atau ekspo adalah momen yang sangat efektif menjual profil perusahaan dan produk yang Anda miliki. Bagi UKM even pameran menjadi sangat penting untuk memperkenalkan produknya. Banyak UKM yang rajin mengikuti pameran bahkan menjadikan pameran sebagai strategi pemasaran yang paling handal untuk membidik target konsumennya.

Tetap ingat, strategi-strategi ini bukannya tidak butuh kreativitas. Sebaliknya, pada setiap langkah perusahaan Anda harus menampilkan sesuatu yang berbeda dan menarik sehingga menarik minat para calon konsumen. (aryadji/berdesa.com)

Foto: www.laruno.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here