Bagaimana mengatur keuangan rumah tangga saat terjadi pandemi Covid-19

0
1048

Tidak dapat dipungkiri pandemi covid-19 yang terjadi dihampir seluruh belahan dunia saat ini tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan namun juga menjatuhkan perekonomian. Himbauan untuk menghindari aktivitas di luar rumah tentu sangat berpengaruh, terlebih di Indonesia masih sangat banyak masyarakat yang mengandalkan pendapatan dari pekerjaan harian. Work From Home (WFH) juga telah banyak diterapkan perusahaan untuk pegawainya. Dengan situasi yang berubah seperti ini namun disisi lain segala kebutuhan harus tetap tercukupi. Sudah pasti dengan dibatasinya kegiatan masyarakat diluar rumah akan banyak sekali usaha yang terguncang, pegawai perusahaan pun tak luput dari guncangan ini karena tidak semua perusahaan mampu menggaji penuh pegawainya yang disisi lain mengharuskan mereka untuk mengatur keuangan rumah tangga saat Covid-19. Lantas bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga dalam kondisi yang seperti ini???

Evaluasi Sumber Penghasilan

Tidak semua sektor pekerjaan dan usaha merasakan dampak langsung dari pandemi covid-19 ini. Jika #TemanDesa adalah salah satu pekerja atau pengusaha yang merasakan dampak langsungnya coba evaluasi sumber penghasilan yang masih bisa diharapkan dan mulai atur keuangan rumah tangga saat Covid-19. Hitung berapa penghasilan yang bisa didapat setiap bulannya, jika banyak sekali berkurang jangan panik, namun segera sesuaikan anggaran rumah tangga. Catatlah semua pengeluaran dengan diklasifikasi dalam pengeluaran pokok, sekunder, dan tersier.

Baca Juga  Pigin Sukses Memulai Usaha, Lakukan 10 Tips Ini

Dahulukan Membayar Tagihan Bulanan

Saat gaji tiba, #TemanDesa sebaiknya segera melunasi tagihan dan cicilan bulanan. Sangat penting untuk mendahulukan cicilan jangka panjang seperti cicilan rumah atau kendaraan. Pikirkan ulang untuk mengurus relaksasi hutang yang baru-baru ini menjadi kebijakan menghadapi covid-19. Jika membuat bunga cicilan #TemanDesa membengkak lebih baik jangan dilakukan pengurusan lebih lanjut. Setelah cicilan bulanan lunas dibayarkan, kemudia lakukan pembayaran tagihan bulanan seperti tagihan listrik, air, dan internet. Jangan lupa pula untuk membayarkan premi asuransi, utamanya asuransi kesehatan seperti BPJS Kesehatan sangat diperlukan jika sewaktu-waktu #TemanDesa membutuhkan penanganan kesehatan. Jika memiliki tagihan bulanan berupa membership kami sarankan untuk dihentikan dulu sementara, dengan demikian #TemanDesa bisa mengalihkan biaya membership untuk kebutuhan lainnya yang lebih mendesak.

Penuhi Kebutuhan Pokok

Selanjutnya, #TemanDesa wajib memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu, utamanya makanan. Tak perlu panic buying karena tindakan ini malah akan menimbulkan inflasi harga kebutuhan pokok. Selama di rumah sebisa mungkin penuhi kebutuhan makanan dengan memasak sendiri. Cara ini bisa menghemat pengeluaran untuk makan sehari-hari karena memasak sendiri sudah pasti lebih murah daripada membeli di warung atau restoran. #TemanDesa bisa merancang rencana menu masakan satu Minggu ke depan bersama keluarga, selain untuk mengisi waktu, melakukan perencanaan ini juga bisa untuk menghitung biaya makan.

Baca Juga  Membangun Wisata Alam Yang Berkelanjutan di Desa

Batasi Pengeluaran Konsumtif

Yang terakhir, #TemanDesa sebaiknya mengurangi pembelian kebutuhan konsumtif seperti membeli make up, pakaian, dan sepatu. Banyak melakukan kegiatan di rumah dan tidak kemana-mana mebuat kebutuhan-kebutuhan tadi menjadi tidak terlalu penting. Sebaiknya selama di rumah saja #TemanDesa tidak membuka aplikasi belanja online agar tidak tertarik membeli barang konsumtif.

Menyisihkan Dana Darurat Jika Mampu

Nah, mengapa kita harus mengurangi pengeluaran konsumtif tujuannya adalah jika #TemanDesa masih memiliki sisa pendapatan sebaiknya sisihkan dana tersebut sebagai tabungan dana darurat. Dana darurat dapat digunakan saat kondisi keuangan #TemanDesa benar-benar sudah kritis. Dana darurat juga sangat diperlukan jika sewaktu-waktu ada keadaan yang tak terduga terjadi. Namun pos ini tidak wajib dilakukan jika memang kondisi keuangan #TemanDesa tidak memungkinkan untuk menabung dikondisi seperti sekarang ini.

—————

berdesa.com

usahadesa.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here