Apa Sih Program Desa Cantik alias Desa Cinta Statistik Itu?

0
252

Semakin berkembangnya jaman, Desa dituntut juga untuk terus mengikuti jaman. Untuk berjalan maju bersama jaman, banyak faktor yang perlu diperhatikan oleh desa, salah satunya adalah kualitas sistem birokrasi di dalamnya. Semakin ringkas dan efisien sistem birokrasi di desa, maka akan membawa kebaikan bagi perkembangan desa itu sendiri. Dari situ, BPS mencetuskan program baru untuk membantu desa-desa dalam mengembangkan sistem birokrasi mereka. Program itu disebut Desa Cinta Statistik atau bisa disebut juga Desa Cantik.

Program Desa Cantik ini merupakan bentuk tanggung jawab BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral, sebagaimana tertuang dalam UU No. 16 Tahun 1997 tentang statistik. Dengan program ini, BPS menargetkan untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa. Fokus utamanya adalah mempersiapkan aparatur desa agar lebih paham statistik. Selain itu, BPS juga berharap bahwa nantinya akan ada komunitas-komunitas cinta statistik yang lahir di desa-desa.

Pembinaan dan pendampingan dari BPS terhadap aparatur desa adalah langkah awal dalam pengenalan Desa Cantik ini. Untuk sampai saat ini, BPS telah memilih 100 desa yang menjadi tempat pilot program Desa Cantik. Salah satu desa yang telah terpilih adalah Desa Sukajaya yang berada di Kabupaten Sumedang. Pemerintah daerah telah membantu desa Sukajaya supaya nantinya akan mempermudah transformasi menuju digitalisasi data.

Baca Juga  Strategisnya UKM Jualan di Pasar Online

Begitu juga di daerah Wonosobo, Badan Pusat Statistik (BPS) menargetkan desa-desa yang ada di daerahnya dapat melakukan pemuktakhiran data-data yang ada. Tujuannya adalah desa akan selalu menyediakan profil desa, data ataupun buku-bukunya secara aktual. Sehingga saat dibutuhkan data-data tersebut sudah valid dan terbaru. BPS Wonosobo memanfaatkan program Desa Cantik untuk membantu dalam hal pemuktakhiran data-data desa ini.

Sekarang baru sekitar 100 desa saja yang terpilih untuk didukung oleh BPS dalam pelaksanaan program Desa Cantik ini. Akan tetapi BPS berharap nantinya program ini saat sudah benar-benar kuat akan menyebar ke desa-desa yang lain dan pada akhirnya akan mencakup seluruh desa di Indonesia. Hal ini akan membantu untuk mewujudkan Satu Data Indonesia nantinya.

Ref. 1 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here