Anugerah Desa Wisata, Penghargaan dari Kemenparekraf

0
66

Pada bulan awal 2021 kemarin, Kemenparekraf resmi membuka acara Anugerah Desa Wisata. Dalam pembukaannya tersebut, Sandiaga Uno secara langsung membuka acara dan meresmikan Anugerah Desa Wisata (ADWI).

Sebenarnya apa sih program Anugerah Desa Wisata (ADWI)? ADWI 2021 adalah ajang yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf dalam rangka mengapresiasi desa-desa wisata dari Sabang sampai Merauke. Selain itu ADWI ini juga bertujuan untuk membantu desa-desa wisata yang ada di Indonesia menjadi tempat-tempat wisata dunia yang berstandar internasional.

ADWI 2021 mengankat tema “Indonesia Bangkit”. Tema ini berusaha untuk membangkitan semangat dan motivasi dari para penggerak dan pelaku wisata yang ada di seluruh Indonesia. Terutama mereka selama setahun lebih ini sangat terdampak oleh pandemi Covid-19.

Dalam Anugerah Desa Wisata 2021 ini terdapat 7 kategori penilaian. Ketujuh kategori tersebut adalah penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet.

Melalui kategori penilaian tersebut, Kemenparekraf berharap desa-desa wisata ini akan bisa meningkatkan standar mereka. Sehingga pada nantinya desa-desa ini akan bisa berkelanjutan dan bisa mendongkrak nilai mereka di dunia internasional.

Baca Juga  Cara Menciptakan Kampung Sehat Sekaligus Mendatangkan Uang

Sampai pada ditutupnya pendaftaran ADWI 2021 kemarin, total ada 1831 desa yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Kemenparekraf sangat mengapresiasi antusiasme para penggerak desa wisata karena target awal Kemenparekraf hanyalah 700 desa yang akan mendaftar.

Rangkaian penilaian dan mekanisme telah dilakukan oleh Kemenparekraf beserta tim. Dari situ Kemenparekraf berhasil mendapatkan 300 besar kandidat desa yang akan menjadi desa yang terpilih. Dari 300 desa itu diantaranya ada Desa Wisata Aneuk Lot dari Provinsi Aceh, Desa Wisata Condet Lot dari DKI Jakarta, Desa Wisata Pejambon dari Provinsi Jawa Timur, Desa Wisata Kaki Langit Mangunan dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Desa Wisata Kampung Yoboi dari Provinsi Papua, dan masih banyak lainnya.

Rencananya akan digelar pada 7 Desember 2021. Pada Malam Puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 akan diumumkan 4 Desa Wisata Terbaik dan 1 Desa Wisata Terfavorit. Total Hadiah dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini mencapai miliaran rupiah.
Bagi desa wisata yang belu lolos tidak perlu berkecil hati. Pasalnya seluruh desa wisata  yang sudah terdaftar dalam ADWI otomatis masuk dalam Jaringan Desa Wisata Indonesia (Jadesta). Bergabung dengan Jadesta memberikan banyak keuntungan bagi desa wisata karea Jadesta ini akan menjadi wadah bagi desa-desa wisata untuk menentukan arah. Selain itu, melalui Jadesata, desa-desa wisata di dalamnya akan dipromosikan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.
Mari terus ikuti perkembangan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, siapa tahu desamu masih terus lanjut dan menjadi salah satu pemenangnya nanti.
Kunjungi https://kemenparekraf.go.id/ untuk informasi lebih lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here