Wisata Rawa Pening Semarang, Danau Legenda Rakyat

0
3188
Wisata Rawa Pening Semarang, Danau Legenda Rakyat

Wisata Rawa Pening – Apakah anda masih mengingat cerita rakyat tentang Baru Klinting? Jika iya, maka anda akan mengingat nama Rawa Pening yang kini menjadi salah satu objek wisata yang terkenal untuk dikunjungi. Wisata Rawa Pening Semarang tidak jauh dari cerita rakyat Baru Klinting tersebut. Konon disinilah Baru Klinting menghukum warga desanya.

Pada jaman dahulu kala hiduplah seekor naga yang merupakan anak dari seorang petapa. Atas perintah ayahnya, naga tersebut berpindah mengelilingi suatu daerah di dalam hutan untuk bertapa seperti ayahnya. Namun, suatu hari seorang warga memotong tubuh naga tersebut untuk dijadikan makanan pesta rakyat.

Karena tubuhnya dipotong-potong, Baru Klinting menjelma menjadi seorang anak laki-laku. Anak tersebut kemudian mengunjungi warga desa yang sedang berpesta makan daging naga tersebut. Namun tanggapan warga terhadap anak terebut sangat buruk yang kemudian mengusirnya dari desa. Dan anak itu keluar dari desa dengan amarah.

Di tengah perjalanan anak itu dipanggil seorang nenek yang kemudian berbuat baik pada anak laki-laki tersebut, anak tersebut berpesan agar si nenek menaiki alu saat terdengar gemuruh. Kemudian Baru Klinting menuju kembali ke desa. Di desa, Baru menancapkan sebatang lidi dan menantang rakyat untuk menariknya.

Berdesa Tour

Hasilnya, tak satupun berhasil. Baru kemudian menarik sebatang lidi tersebut dan keluarlah air mancur. Air tersebut kemudian menggenangi seluruh desa dan jadilah kini sebagai salah satu objek Wisata Rawa Pening Semarang. Nasib nenek yang menolong Baru Klinting tersebut selamat.

Baca Juga  Upside Down World Jogja, Wisata Seni Kontemporer di Jogja

Wisata Rawa Pening Semarang, seperti namanya, merupakan sebuah danau buatan di jalan lingkar selatan di Semarang. Danau ini berada di 4 kecamatan yakni Bawen, Tuntang, Ambarawa dan Banyubiru. Danau ini juga diapit oleh 3 gunung yakni Gunung Merbabu, Telomoyo dan juga Gunung Ungaran.

Daya tarik Wisata Rawa Pening Semarang ini mulai meningkat semenja mengalami beberapa kali renovasi. Bahkan setelah renovasi tersebut anda bisa melihat patung naga yang mana seperti pada cerita rakyat yang mengelilingi sebuah lokasi semacam pulau buatan. Didalam patung naga tersebut, terdapat sebuah museum perikanan.

Tak hanya musium dan melihat keindahan Wisata Rawa Pening Semarang dari darat sjaa, melainkan juga pada fasilitas yang disediakan. Jika anda tertarik, anda bisa menaiki sebuah perahu atau rakit dengan membayar tiket tambahannya. Melalui perahu tersebut, anda akan diajak berkeliling di danau Rawa Pening.

Tak hanya itu saja, beberapa lokasi Wisata Rawa Pening Semarang juga sangat dicari orang di saat momen-momen tertentu. Pasalnya, baik senja maupun saat matahari terbit. Namun tetap perhatikan saat-saat kamu akan berkunjung, karena selain akan lebih baik jika kamu mengunjungi di musim kemarau.

Baca Juga  Bertualang di Sejuknya Hutan Pinus Dlingo

Harga tiket untuk kunjungan ke objek Wisata Rawa Pening Semarang sangatlah terjangkau. Untuk di setiap tiketnya dihargai hanya sebesar Rp. 2500,- saja. Tak heran jika wilayah ini menjadi pilihan untuk selalu menjadi objek wisata karena murahnya tiket masuk apalagi jika anda mengajak semua seluruh anggota keluarga anda.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mengunjungi salah satu wisata yang ada di Jawa Tengah yakni Wisata Rawa Pening Semarang. Disini anda bisa berfoto ria, bertualang dengan kapal boat bermesin dengan tambahan tiket yang tarifnya tidak akan membuat dompet anda menjadi tipis. Nah, itulah semua pian atau rencana yang bisa dilakukan sebagai pilihan wisata yang menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here