Wisata Kota Lama Semarang, Keindahan Kota di Jaman Belanda

0
1892
Wisata Kota Lama Semarang

Wisata Kota Lama Semarang – Kota Semarang adalah ibu kota bagi provinsi Jawa Tengah. Salah satu kota terbesar di Jawa Tengah ini juga menjadi salah satu pusat tujuan wisata bagi wisatawan baik lokal maupun internasional. Salah satunya yang terkenal adalah Kota Lama Semarang yang unik. Lalu apa keunikan dari Kota Lama Semarang tersebut? Berikut ulasannya.

Kota Lama Semarang merupakan kawasan dimana bangunan-bangunan era kolonial Belanda masih kokoh berdiri hingga sekarang. Meski mungkin anda pernah melewatinya ketika berada di Semarang, masih ada berbagai sudut Kota Lama yang belum anda ketahui. Karena, keberadaan Kota Lama ini memang mudah diakses.

Kota Lama Semarang sendiri sudah ramai semenjak abad ke 17 sebagai salah satu pusat perdagangan di Indonesia. Pada abad ke 18 hingga ke 19, banyak pedagang Cina dan juga Arab memenuhi kota Semarang dimana Semarang merupakan salah satu pelabuhan yang terbesar di Indonesia saat itu. Bangunan-bangunannya pun menunjukkan kejayaan Semarang di masa lalu.

Baca Juga  Wisata Merapi Kaliurang, Wisata Yang Beda Dengan Yang Lain

Di kawasan Kota Lama Semarang bisa dilihat bangunan-bangunan dengan arsitektur Belanda yang kental. Terlihat juga pada jalannya yang tidak diaspal melainkan menggunakan tehel yang memang semenjak dulu menjadi pertanda kawasan Kota Lama tersebut. Dalam kawasan Kota Lama tersebut masih ada beberapa bangunan ikonik.

Berdesa Tour

Bangunan ikonik yang pertama adalah Gereja Blenduk yang memang sudah ada semenjak abad ke 18. Di sekitar Gereja Blenduk ini terdapat berbagai bangunan tua yang dulunya juga digunakan sebagai wilayah perdagangan. Tak hanya Gereja Blenduk saja, masih ada Jembatan Mberok yang juga dibangun pada abad ke 17.

Beberapa bangunan lama jaman Belanda tersebut pun kini juga banyak digunakan untuk kantor seperti contohnya kantor Balai Kota yang kini menjadi Gedung Keuangan PAPAK, kemudian gedung bernama Gouvernements yang awalnya merupakan gedung Societiet De Harmonie yang kini menjadi Bank Mandiri KC Mpu Tantular.

Namun, bukan berarti tidak ada fasilitas pendukung yang telah dibangun oleh Pemerintah Kota Semarang untuk memperindah Kota Lama Semarang. Seperti salah satunya adanya Taman Srigunting yang memiliki keunikan adanya penampilan warga yang mengenakan pakaian jaman Belanda untuk diajak berfoto.

Baca Juga  Bukit Pengilon Jogja, Pemandangan Laut Jogja dari Atas Bukit

Selain itu, ada juga beberapa café yang mengambil tema klasik atau tema jadul sehingga semakin terlihat unik ketika anda masuk didalamnya. Sedangkan yang sedang menjadi tren atau hits adalah Museum 3D Kota Lama Semarang yang mana bisa menjadi pilihan anda untuk berkunjung bersama dengan keluarga.

Ada juga Galeri Seni yang berada di sekitar Kota Lama Semarang yang bisa anda kunjungi dengan berbagai koleksi yang selalu berganti. Tidak sedikit pengunjung yang mengunjungi Kota Lama hanya untuk tujuan berfoto termasuk untuk foto Prewedding. Jadi memang kawasan Kota Lama ini masih menarik sebagai lokasi wisata.

Untuk tarif berkeliling di Kota Lama Semarang sendiri gratis, hanya saja jika anda membawa kendaraan anda harus membayar parkir dengan tarif umum. Namun, untuk beberapa tujuan wisata di Kota Lama memiliki tarif yang berbeda untuk kunjungan seperti Museum 3D yang bertarif Rp. 50.000,- per pengunjung dan Rp. 15.000,- untuk masuk ke Galeri Seni.

Sedangkan untuk foto bersama Menirr Belanda anda bisa menyumbang seiklasnya termasuk ketika anda berfoto di sekitar Kota Lama Semarang yang tidak diambil tarif sepeserpun. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk berkunjung?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here