Wisata Hutan BUMDesa Andal Berdikari dan Simpan Pinjam Tepat Guna Maju Makmur Blitar

Wisata Hutan BUMDesa Andal Berdikari dan Simpan Pinjam Tepat Guna Maju Makmur Blitar

BERDESA.COM – BUMDesa Andal Berdikari, Desa Dalil, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka-Belitung, baru berdiri 2014 lalu tetapi kemajuannya bak bintang kejora. Dari kebun Sawit lima hektar yang dikelolanya, BUMDesa ini langsung membentuk usaha simpan-pinjam untuk mendorong UKM di desanya. Kini, Dalil menggenjot potensi wisata desanya berupa air terjun dan wisata hutan. Alam yang indah membuat Dalil segera menyedot wisatawan.

Direktur BUMDesa Andal Berdikari Yazi mengungkapkan, tahun pertama saja dari panenan Sawit BUMDesa menangguk untung Rp. 83 juta. “ Sepanjang 2015 kami memanen 77 ton sawit, jadi per bulan kami panen 6,4 ton. Dari panen itu sepanjang 2015 kami mendapatkan Rp. 83 juta,” katanya. Setelah itu mereka mendirikan usaha simpan pinjam untuk UKM dan segera mendorong UKM di desa itu.

Menyadari keindahan alam yang dimilikinya desa ini segera bergerak membenahi potensi wisata dimiliki. Berada di dekat hutan membuat desa ini dilimpahi sungai-sungai jernih termasuk beberapa air terjun di Bukit Maras, tak jauh dari desa. Kepala Unit Jasa Wisata Budi Sugito menyatakan, beberapa air terjun menjadi andalan utama wisata di sini. “ Tetapi kami juga punya wisata hutan yang banyak menyajikan keindahan alam termasuk fauna,” katanya.

Kemampuan mengolah potensi alam inilah yang mengantarkan BUMDesa Andal Berdikari meraih Gelar BUMDesa Terbaik se-Indonesia Kategori Rintisan Tourism-Natural yang digelar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, 2016 ini. Reputasi desa ini bukan hanya sebatas lokal. Hutan di desa ini juga ditetapkan menjadi Kebun Raya Daerah Bangka-Belitung yang berarti menjadi salahsatu obyek wisata andalan kabupaten bahkan provinsi.

Jika Desa Dalil memiliki kekayaan alam yang handal menjadi obyek wisata, Desa Minggirsari, Kecamatan Kanigoro, Blitar, Jawa Timur memiliki potensi pertanian yang potensial sehingga didorong BUMDesanya menjadi lebih produktif. Bernama BUMDesa Maju Makmur, Desa Minggirsari terpilih menjadi BUMDesa Terbaik Kategori Rintisan Eco-Agriculture.

Maju Makmur bahkan sudah berdiri sejak 2008, jauh hari sebelum desa-desa lain beramai-ramai mendirikan BUMDesa. Berbekal modal Rp. 70 juta, Maju Makmur mendirikan Unit Usaha Simpan Pinjam yang kini sudah meraksasa dan beromzet Rp. 700 juta. Beragam produktivitas warga telah berhasil didorong simpan pinjam ini mulai dari tukang las, peternak sapi hingga bakul kelontong di desa.

Direktru BUMDesa Maju Makmur Hariyanto menjelaskan, selain berhasil mendorong produktivitas UKM di desanya BUMDesa juga mengembangkan pertanian desa dengan mendirikan penyediaan Sarana Produksi Pertanian (Saprotan) yang dengan cepat menciptakan kemajuan pesat di bidang pertanian di desa ini.

Inilah daftar BUMDesa terbaik pilihan kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi 2016 : BUMDesa terbaik Kategori Berkembang BUMDes Mandiri Bersatu, Lampung, dan BUMDes Mandala Giri Amertha, Bali. Kategori Trendi BUMDesa Tirta Mandiri, Ponggok, Klaten. Kategori Eco-Agriculture: BUMDesa Amanah, Kalimantan Timur. Kategori Inovatif: BUMDesa Lentera, NTB, BUMDes Aneotob NTT, BUMDesa Mandiri, Sumatera Utara.

Kategori Partisipatif dimenangkan BUMDesa Blang Krueng, Aceh, BUMDesa Mattiro Bulu, Sulawesi Selatan. Kategori Rintisan Handycraft – Kerajinan Disain BUMDesa Tamangalle Bisa, Sulawesi Barat. Kategori Rintisan Berkembang BUMDesa Tunas Jaya Sasak, Sumatera Barat, BUMDesa Karya Usaha, Bengkulu dan BUMDesa Cahaya Makmur, Sulawesi Tengah. Kategori Rintisan Tourism-Natural: BUMDesa Andal Berdikari, Bangka-Belitung. Kategori Rintisan Eco-Agriculture: BUMDesa Maju Makmur, Jawa Timur dan Kategori Rintisan Partisipatif BUMDesa Beberahan Berkah, Banten. (aryadji/berdesa)
Foto: www.nanoxx.files.wordpress.com

Baca juga : Hebatnya BUMDesa Andal Berdikari Kelola Perkebunan Makmurkan Warga

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*