Wisata Desa Dan Seribu Kunang-Kunang

Wisata Desa Dan Seribu Kunang-kunang

Pernahkah Anda mengunjungi Gunung Nglanggeran? Gunung ini merupakan gunung api purba yang pernah aktif puluhan juta tahun lalu. Lokasinya terletak di kawasan karst Baturagung. Keunikan gunung yang litologinya tersusun oleh fragmen material vulkanik tua ini adalah memiliki dua puncak yakni puncak barat dan puncak timur. Di antara dua puncak itu, persis di tengahnya, terdapat sebuah kaldera. Sebagai sebuah alternative wisata desa, keunikan gunung Nglanggeran patut dipertimbangkan untuk dikunjungi.

Jika Anda berniat mendaki Gunung Nglanggeran, yang berlokasi di daerah Patuk, Gunungkidul, Anda hanya memerlukan waktu satu hingga dua jam pendakian. Tidak perlu lima atau enam jam seperti jika Anda mendaki gunung lainnya. Dalam jalur pendakian Gunung Api Purba ini, Anda akan melewati tiga gardu pandang yang terbuat dari kayu sederhana. Gardu pertama ada di ketinggian yang rendah, lalu gardu kedua di ketinggian sedang dan yang ketiga adalah gardu tertinggi, yaitu di puncak gunungnya. Untuk mencapai puncak  Gunung Api Purba yang disebut dengan Gunung Gede ini membutuhkan waktu sekitar satu jam jika Anda dalam kondisi prima.

Seribu Kunang-kunang Yogya

Pemandangan alam yang indah akan memanjakan mata Anda, menghampar bak lukisan sepanjang jalur pendakian wisata desa ini. Sejauh mata memandang Anda akan melihat hamparan awan di satu ketinggian. Di kiri dan kana nada jajaran gunung batu dengan bentuk yang unik, beberapa perkampungan warga, serta hijaunya sawah dan ladang. Saat senja menjelang dan cahaya matahari mulai meredup, Anda bisa melihat lampu-lampu kota Jogja laksana seribu kunang-kunang yang beterbangan kian-kemari. Taburan cahaya bintang dan gemerlap lampu kota yang terlihat dari kejauhan menjadi pemandangan romantis bagi siapa saja yang berkemah di gunung ini.

Hanya diperlukan waktu sekitar satu jam untuk sampai di Gunung Api Purba yang berjarak sekitar 25km dari kota Jogja, hampir sama seperti jarak dari Jogja menuju Kaliurang. Jika Anda berangkat dari Wonosari, setelah melewati Bunderan Sambipitu, ambil kanan arah ke dusun Bobung, tempat kerajinan Topeng. Di dusun ini Anda bisa mampir untuk melihat-lihat karya kerajinan topeng. Jika Anda berangkat dari arah kota Jogja, lewat jalan Jogja-Wonosari menuju Bukit Bintang di daerah Patuk. Setelah melewati Radio GCD FM, belok ke kiri. Dari situ, kira-kira tujuh kilometer lagi menuju desa Nglanggeran.

Bisa juga Anda berangkat dari arah utara bagi Anda yang tinggal di sekitar Klaten. Rutenya melalui pertigaan Bendogantungan di Klaten menuju arah Selatan melalui RS Jiwa Koloni Soedjarwadi, Pasar dan Kecamatan/Tugu Wedi, Pesu, Mawen, Teluk, Jogoprayan, Tumpang, Sampang dan kemudian naik menanjak menuju Kawasan Baturagung. Jarak tempuh kira-kira 20 km dari Bendogantungan. Akses menuju lokasi sangat bagus. Semua jalan sudah beraspal hotmix, sekalipun harus ekstra waspada karena ada tanjakan tajam selepas Sampang.

Anda bisa memuaskan diri menikmati alam yang indah, membuat api unggun di malam hari di depan tenda yang Anda bawa. Atau jika Anda tidak membawa tenda maka bisa menginap di rumah-rumah penduduk yang sebagian disewakan sebagai home stay. Anda juga bisa menyehatkan jantung dengan mendaki gunung api yang indah ini.

Tips : Merintis Pendirian Desa Wisata

Baca juga : Potensi BUMDesa Kelola Wisata Alam

Pendamping Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*