Wisata Bunker Kaliadem Jogjakarta, Menikmati Megahnya Merapi

0
164
Wisata Bunker Kaliadem Jogjakarta, Menikmati Megahnya Merapi

Menikmati keindahan alam Jogja tidak akan lengkap sebelum menikmati keindahan Gunung Merapi. Salah satu gunung yang masih aktif hingga saat ini memang sangat indah jika dipandang dari berbagai wilayah di Pulau Jawa bahkan mirip seperti Gunung Fuji di Jepang. Salah satu lokasi yang apik untuk melihatnya adalah di lokasi wisata Bunker Kaliadem Jogjakarta.

Wisata Bunker Kaliadem Jogjakarta memang sebelumnya adalah bunker yang berfungsi untuk mengamati aktifitas Gunung Merapi dari dekat. Namun pada letusan terakhirnya yang besar, bunker ini terkubur hingga 4 meter tebalnya. Dua relawan yang bertugas juga tidak selamat dari kejadian letusan tersebut.

Setelah letusan mereda, pemerintah melakukan penggalian pada bunker Kaliadem ini. penggalian tersebut cukup sulit karena tanda keberadaan bunker tersebut juga ikut hilang karena letusan tersebut. Pemerintah setempat kemudian menjadikannya sebagai wisata Bunker Kaliadem Jogjakarta.

Wisata Bunker Kaliadem Jogjakarta sendiri bukan hanya sekedar wisata alam biasa dimana pengunjung dapat menyaksikan kegagahan Gunung Merapi dari dekat. Bunker Kaliadem sendiri sudah dibangun sejak era kolonialisme Belanda yang mana memang ditujukan sejak awal sebagai perlindungan untuk pengamatan aktifas Gunung Merapi.

Baca Juga  Informasi Seputar Wisata Candi Prambanan

Bisa dikatakan bahwa wisata Bunker Kaliadem Jogjakarta ini memiliki nilai sejarah bagi Indonesia dan juga merupakan saksi dari ganasnya ledakkan Gunung Merapi yang tercatat sudah 5 kali sepanjang sejarah. Jejak-jejak ledakan Merapi tersebut tergambar jelas di depan pintu bajanya yang setebal 15 cm itu.

Jika anda tertarik untuk mengunjunginya, anda hanya perlu menuju ke Desa Kinahrejo, yang berada di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Jaraknya hanya sekitar satu jam dari kota Jogjakarta. Kendaraan pribadi hanya diperbolehkan sampai di desa Kinahrejo karena alasan medan yang berat untuk menuju ke lokasi bunker.

Dari Desa Kinahrejo menuju lokasi, anda harus menyewa mobil offroad dengan kapasitas maksimum hingga 6 orang atau motor trail. Penyedia jasa tersebut menyediakan juga jasa untuk Tour Merapi dimana anda bisa mengunjungi berbagai lokasi yang fenomenal dari letusan Gunung Merapi.

Untuk tarif dari menyewa kendaraan Jeep trsebut terbagi menjadi beberapa tarif yang disesuaikan dengan jauh dekatnya jarak yang akan anda tempuh selama tour, akan lebih baik juga jika anda mengecek kendaraan yang akan digunakan. Hal tersebut bisa anda lakukan

Baca Juga  Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Karena lokasinya yang berada di daerah dataran tinggi, maka sebagai tips saat mengunjungi wisata Bunker Kaliadem Jogjakarta adalah dengan membawa pakaian tebal yang dapat menghangatkan. Anda juga diminta membawa perbekalan karena hanya ada beberapa penjual mkanan di pintu masuknya apalagi di lokasi.

Saat anda sudah capai wisata Bunker Kaliadem Jogjakarta, anda akan diajak untuk menyaksikan kawah dari Gunung Merapi yang terlihat dengan jelas saat cuaca cerah. Oleh karena itulah, sebagai tips kedua lainnya adalah selain membawa pakaian tebal yakni mengunjungi wisata tersebut dengan baju tebal namun juga memperhatikan waktu kunjungan anda.

Yang dimaksud dengan waktu kunjungan yang baik adalah dengan menghindari musim hujan dimana akan besar kemungkinan akan turun hujan. Selain medan menuju wisata Bunker Kaliadem Jogjakarta akan lebih sulit, alasan keduanya adalah anda tidak akan dapat menyaksikan dengan jelas Gunung Merapi dengan lebih jelas.

Nah itulah beberapa ulasan mengengai wisata Bunker Kaliadem Jogjakarta  yang bisa anda perhatikan sebelum memutuskan pergimengunjungi Desa Kinahrejo. Bagaimana apaakah anda tertarik untuk mencoba menantang adrenalin, belajar sejarah serta menikmati keindahan alam Jogja yang sudah pasti dikenal oleh banyak orang.

Berdesa Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here