Warga Desa Pademawu Timur Gelar Acara Rokad Desa

0
506
Warga Desa Pademawu Timur Gelar Acara Rokad Desa

Ada sekitar ratusan warga Desa Pademawu Tmur datang ke acara pengajian atau biasa juga disebut acara Rokad Desa, acara ini digelar pada hari Kamis, 14 Maret 2019 di Balai Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Acara Rokad Desa merupakan sebuah tradisi turun temurun masyarakat Desa Pademawu Timu yang masih dilestarikan hingga kini, dan diyakini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam acara tersebut juga, hadir Pj Sekda Pamekasan, Bapak Andik Fadjar Tjahyono, para tokoh agama, Forkopimpa Padermawu, para tokoh masyarakat, hingga masyarakat Pademawu Timur itu sendiri. Kepala Desa Pademawu Timur, Bapak Abu Sidik, dalam sambutannya mengatakan ucapan terima kasihnya atas partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini yang juga sebagai ungkapan rasa syukur yang sebesar-besarnya kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rejeki dan keselamatan kepada masyarakat Desa Pandemawu Timur.

Acara Rokad Desa sendiri merupakan sebuah acara tahunan yang selalu digelar di Desa Pademawu Timur, sebagai perekat silaturahmi antar masyarakat Desa Pademawu Timur, juga dengan elemen masyarakat lainnya agar tercipta keharmonisan dalam bermasyarakat sehingga dapat mendukung pembangunan di Desa Pademawu Timur. Bapak Andik sendiri mewakili Bupati Pamekasan, Baddut Tamam, yang tidak bisa hadir ke acara Rokad Desa tersebut dikarenakan sedang tugas dinas diluar daerah.

Baca Juga  Klasifikasi Desa Berdasarkan Kegiatan Pokok Yang Dilakukan Masyarakat

Bapak Bupati menitip pesan terkait apresiasinya untuk acara Rokad Desa ini, dan menyampaikan 5 program dari Bupati Pamekasan yang bertujuan untuk kemajuan daerah Pamekasan, termasuk Desa Pademawu Timur juga. Adapaun kelima program Bupati Pamekasan meliputi, kesehatan, pendidikan, ekonomi, infrastruktur dan reformasi birokrasi, dimana kelima program tersebut diharapkan dapat didukung oleh semua lapisan masyarakat pamekasan untuk kemajuan wilayah Pamekasan sendiri.

Acara seperti Rokad Desa seperti ini perlu dilestarikan tidak hanya oleh masyarakat dan pemerintah setempat saja, namun juga oleh semua pihak termasuk pemerintah pusat, sebagai salah satu warisan budaya nasional.

Karena dalam ada Rokad Desa ini ada nilai-nilai positif yang bisa memberikan edukasi kepada masyarakat di sekitarnya, adapun nilai-nilai yang terkandung dalam adat Rokad Desa ini pertama adalah nilai religi, dimana dalam adat Rokad Desa ini terdapat unsur hubungan manusia dengan Tuhannya sebagai pemberi rejeki dan juru selamat.

Adapun nilai lainnya yang terkandung dalam adat Rokat Desa ini adalah bahwa senantiasi manusia harus selalu bersyukur atas segala limpahan rejeki dan rahmat yang mereka terima dari Tuhannya. Lalu dalam adat Rokad Desa ini juga terkandung unsur sosial, dimana dalam digelarnya acara Rokad Desa ini tiap tahun, adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial.

Baca Juga  Mengenal Pajak Atas Dana Desa

Selain itu, adat Rokad Desa ini juga bisa menjadi salah satu potensi yang dimiliki Desa Pademawu Timur agar bisa makin dikenal tidak hanya oleh warga Pamekasan saja, namun juga hingga seluruh Indonesia. Apalagi saat ini pemerintah pusat tengah melakukan percepatan pembangunan desa-desa dengan menambah alokasi dana untuk program dana desa.

Dengan adanya program tersebut diharapkan desa-desa termasuk di Desa Pademawu Timur bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga dapat memajukan roda perekonomian desanya, sehingga kedepannya dapat meningkatkan taraf hidup desa tersebut. Tidak hanya melulu menjadikannya desa wisata, namun mungkin ada banyak potensi-potensi yang bisa dikembangkan di desa Pademawu Timur ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here