Usahadesa, E-Commerce Gerbang Produk Desa Menuju Dunia

Usahadesa, E-Commerce Gerbang Produk Desa Menuju Dunia

BERDESA.COM – Jagat jual beli online Indonesia bakal tambah ramai. Sebuah E-Commerce baru bernama www.usahadesa.com memastikan diri bakal segera meluncur ke tengah persaingan bisnis E-Commerce dan toko online di Indonesia. Meski belum memaparkan berbagai senjata ampuh yang bakal dipakainya menembus persaingan, tetapi beberapa informasi mengenai usahadesa.com mulai beredar di berbagai komunitas maya.

Rumor yang beredar, E Commerce yang berkantor pusat di Yogyakarta itu bakal memulai aktivitas e-Commerc- nya awal April. Namun saat ini berbagai even menuju peluncuran sudah menjadi isu hangat di segenap kalangan. Uniknya, meski belum mengumumkan website-nya secara resmi sebagai E Commerce namun usahadesa.com sudah memiliki ratusan ribu jaringan komunitas UMKM dan produk pedesaan dalam berbagai ruang sosial media yang selama ini aktif membangun berbagai kegiatan usaha.

Yang paling membedakan usahadesa.com dengan berbagai berbagai perusahaan internet E-Commerce lainnya adalah www.usahadesa.com adalah perusahaan yang sejak awal sangat konsentrasi pada produk desa dan UMKM utamanya yang hidup di pedesaan sebagai kelompok masyarakat yang akan menghuni lapak-lapak dalam wesite e-dagangnya nanti.

Platform unik yang dikembangkan www.usahadesa.com bukan tanpa alasan, produk desa dan UMKM di wilayah pedesaan selama ini memang belum memiliki tempat dalam gerbong besar bisnis online. Wilayahnya yang terpelosok di wilayah-wilayah pedesaan dengan akses internet yang terbatas, hambatan kualitas SDM dan berbagai kendala produksi membuat sebagian besar kalangan ini harus bertahan hidup dengan pola usaha konvensionalnya. Inilah yang dibidik usahadesa.com.

E-Commerce Usahadesa adalah salahsatu usaha di bawah PT Usaha Desa Sejahtera yang bermarkas di Yogyakarta. Usaha Desa bakal menjadi platform ketiga di yang diluncurkan perusahaan ini ke jadat online. Platfor pertamanya adalah www.berdesa.com, media informasi mengenai isu-isu pedesaan sebagaimana Anda baca sekarang ini. Disusul website www.desabelajar.com, sebuah website edukasi berisi tutorial dan berbagai materi pendidikan sosial untuk para perangkat desa dan kalangan UMKM di seluruh Indonesia.

Kehadiran usahadesa.com tentu saja sebuah kesempatan besar bagi produk desa yang selama ini diproduksi UKM, di bawah naungan BUMDes atau bahkan perorangan untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas bahkan hampir tidak terbatas. Usahadesa adalah jalan keluar yang jitu mengenai masalah pemasaran yang selama ini menjadi salahsatu kesulitan UMKM dalam membesarkan usahanya. Pertanyaannya, bagaimana bisa para pelaku UMKM yang sebagian belum bisa mengakses internet itu diajak berdagang secara online?

Pertanyaan ini ternyata telah lama dijawab oleh e-dagang ini. Usahadesa.com bukan hanya sebuah perusahaan E-commerce atau tempat jual beli saja melainkan juga mengembangkan berbagai unit kerja yang akan menjembatani UMKM dan masyarakat di kalangan pedesaan untuk bisa dengan mudah memasuki jagat usaha online dengan menjual produk-produk mereka.

Beragam program dan jalur telah disiapkan jaringan perusahaan ini untuk membangun jalan besar bagi UMKM dan produk desa mulai dari sosial edukasi mengenai bagaimana mengidentifikasi potensi dan aset desa, mengolahnya sekaligus mengusungnya ke lapak online yang telah disiapkan. Jaringan perusahaan ini juga didukung berbagai lembaga intelektual mulai dari para pakar persoalan desa dari kampus-kampus ternama, jaringan pemangku kebijakan hingga kelompok-kelompok pemuda kreatif dari berbagai pelosok desa. Sudah pasti, kehadiran Usahadesa bakal menambah semarak dunia usaha UMKM Indonesia dan memunculkan pengharapan besar bagi seluruh desa untuk bisa mendongkrak perekonomiannya mereka melalui berbagai platform yang dibangun perusahaan ini. (dji-1)

foto: www.freelancetips.com

Baca juga : Cara Unik Temukan Ide Membangun UKM

BUMDesa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*