Usahadesa.com dan Misi Membangun Linkage Produk Lokal ke Pasar Global

BERDESA.COM – Mau tidak mau, kehadiran teknologi digital (baca: internet) telah menciptakan perubahan besar pada tata ekonomi baik di tataran lokal maupun tingkat global. Internet, melalui berbagai kemampuan yang terus berkembang, memberikan peluang lebih besar pada siapapun di seluruh dunia untuk mengembangkan usahanya.

Memanfaatkan teknologi digital inilah PT Usaha Desa Sejahtera (Usdes) membangun konsep linkage bagi para pelaku usaha khususnya Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) dan beragai produk desa. Pilihan ini diambil Usdes karena melihat hingga sampai saat ini sebagian besar pelaku usaha di wilayah pedesaan masih kesulitan masuk ke ranah ekonomi digital. Padahal ada sangat banyak produk unggul yang sangat berpotensi menjadi komoditas handal jika mendapat pengelolaan pemasaran yang baik.

CEO PT Usaha Desa Sejahtera Adhita Sri Prabakusuma, S.P, M.Sc menjelaskan, Usdes menyediakan diri sebagai linkage karena melihat peran pada sektor ini belum banyak dilakukan. “ Masih ada jarak komunikasi yang sangat jauh dari dunia UMKM pada pasar secara luas. Padahal ini lahan yang seharusnya dipacu untuk mendorong produk lokal negeri ini bisa bersaing di pasar global,” katanya.

Ada berbagai alasan kenapa jembatan bagi produk UMKM masih sangat sedikit diperankan. Salahsatunya, karena umumnya UMKM masih menjalankan pola konvensional dalam proses produksinya sehingga seringkali gagal memenuhi kuota dalam hal keterjaminan volume produksi maupun kualitas. Masalah ini terjadi karena keterbatasan UMKM baik dari sisi permodalan maupun kemampuan manajemen usaha.

“ Usdes sangat menyadari situasi itu makanya kami tidak hanya membangun jembatannya saja melainkan program-program pendukung UMKM sehingga bisa melahirkan produk berkualitas dengan colume produksi yang terus meningkat,” kata Adhita.
Program unggulan Usdes adalah Swadesa, sebuah konsep usaha yang memadukan pengembangan sistem penjualan offline sekaligus online melalui pasar online www.usahadesa.com. Swadesa bakal mewujud menjadi sebuah tempat seperti minimarket atau outlet produk desa yang memiliki kemampuan melakukan penjualan offline seperti umumnya minimarket sekaligus online alias ‘jual-beli’ seara online melalui internet. Minimarket untuk ‘jual-beli’?

foto ilustrasi swadesa-2=2

Ya, Swadesa yang bermakna mencukupi kebutuhan dengan kemampuan sendiri, memang memiliki fitur sebagai unit usaha yang bisa menyerap/membeli produk desa untuk dijual pada kelompok konsumen desa yang lain melalui jaringan Swadesa maupun membeli produk lokal untuk dijual pada jaringan industri besar.

Untuk memastikan produk yang dijualnya memiliki kualitas, Swadesa bakal memiliki kemampuan screening atau menguji kualitas sebuah produk desa sehingga layak jual dengan harga yang menguntungkan pemilik asli produk itu. Maka Swadesa juga menjalankan fungsi pemasaran lokal, pengawasan mutu, manajemen logistik dan pergudangan, manajemen produksi, peningkatan kualitas pelaku usaha dan manajemen keuangan usaha.

Bukan hanya jual-beli offline saja yang bakal dilakukan Swadesa melainkan juga mampu melakukan transaksi online secara aktif dan memiliki pula kemampuan mengemas dan mengirim produk yang terjual secara online baik antar-Swadesa maupun pada pembeli secara umum.

Swadesa yang telah lahir berada di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Berbentuk toko oleh-oleh dan galeri kerajinan produk lokal, toko modern ini mampu melakukan jual-beli offline atau langsung maupun online melalui www.usahadesa.com. Swadesa Panggungharjo menjual ratusan hasil kerajinan dan makanan khas produk Desa Panggungharjo dan sekitarnya umumnya kepada para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis dan pantai lainnya karena toko ini berdiri pada ruas jalan raya utama wisata pantai-pantai di Yogyakarta.(aryadjihs/berdesa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*